Minggu, Desember 10

The Spirit of Entrepreneur dan Motivasi Bisnis Mahasiswa

A. Tinjauan Secara Umum

Pada tanggal 23 November s/d  25 November 2017 terselenggara festival kewirausahaan dengan tema "The Spirit of Entrepreneur" yang berlokasi di Universitas Mercu Buana Jakarta. Festival kewirausahaan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memotivasi para generasi muda untuk berwirausaha dan memfasilitasi mereka untuk mengembangkan ide kreatifnya dan menampilkan kreasinya di muka umum.

Ada beberapa hal penting yang berkaitan dengan motivasi dalam melakukan wirausaha, yaitu adanya harapan dan tujuan, dengan melibatkan pengenalan serta eksploitasi terhadap peluang bisnis yang ada. Festival Kewirausahaan ini menurut kami sangatlah menarik dan memiliki banyak hal yang dapat dipelajari, karena berkaitan dengan harapan generasi muda yang inovatif. Artinya, bagaimana seseorang yang memiliki passion akan terus menerus melakukan upgrade pada dirinya untuk mewujudkan apa yang ia inginkan, ia tidak akan pernah menyerah sebelum apa yang ia inginkan dapat terealisasi.

Dalam Acara festival kewirausahaan kali ini terdapat serangkaian kegiatan diantaranya Seminar Nasional Kewirausahaan, Workshop Kewirausahaan, Talkshow Kewirausahaan, Gathering Pengusaha dan festival produk yang dihadiri oleh segenap mahasiswa universitas mercubuana maupun pihak-pihak dari luar universitas Mercu Buana..

Festival Wirausaha yang diadakan universitas mercubuana ini memiliki serangkaian maksud, diantaranya :

1. Memotivasi mahasiswa untuk mampu menjadi wirausahawan yang mandiri dan bertanggung jawab.
2. Meningkatkan minat dan menumbuhkan mindset wirausahawan kepada mahasiswa untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan.
3. Mengajak mahasiswa dan institusi lain untuk memanfaatkan kegiatan kewirausahaan dilingkungan kampusnya masing-masing.
4. Menyiapkan mahasiswa setelah lulus untuk dapat bekerja mandiri dalam menciptakan usaha.
5. Meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam penyelenggaraan kegiatan kewirausahaan.
6. Memfasilitasi ajang produksi dan promosi produk kewirausahaan dari mahasiswa.

B. Tinjauan Secara Khusus

Pada acara Festival Kewirausahaan yang bertemakan Spirit of Enterpreneur, kelompok bisnis kami mengikuti salah satu kegiatan yang diselenggarakan yaitu Workshop Kewirausahaan. Workshop kewirausahaan ini adalah salah satu sarana bagi semua orang tentunya mahasiswa kalangan muda untuk mengetahui kewirausahaan lebih dalam lagi. Tujuan dari Workshop ini tentunya untuk membuka pikiran anak-anak muda zaman sekarang supaya mau terjun ke dunia kewirausahaan, memunculkan jiwa kreatif, inovatif dan berjiwa kepemimpinan. Ada juga seminar dalam acara kewirausahaan ini. Selain itu juga banyak stand-stand toko yang dibuka di atrium sebagai sarana untuk memulai kewirausahaan bagi semua orang terutama mahasiswa.

C. Kesimpulan

Ada baiknya acara kewirusahaan ini dapat dilakukan setiap tahunnya dan terlebih lagi jika kegiatan tersebut gratis bagi mahasiswa agar lebih banyak mahasiswa yang ikut serta dalam acara tersebut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar