Selasa, Maret 27

Cara Menjadi Kreatif

MENJADI PRIBADI YANG
KREATIF DAN INOVATIF


KELOMPOK @Startup-K05
PROYEK @Proyek-K03
PENULIS:
(@K14-aditya)
(@K25-Hendra)
(@K05-frais)


ABSTRACT
Menjelaskan bagaimana menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif

KATA KUNCI
Kreatif dan Inovatif

PENDAHULUAN
Kata kata kreatif dan inovatif sangatlah familiar ditelinga kita, tetapi banyak diantara kita yang tidak mengetahui akan arti kreatif dan inovatif. Sekarang saya akan memberikan penjelasan tentang arti kreatif dan arti inovatif.

KREATIF
Pengertian kreatif adalah kemampuan untuk memberi suatu gagasan baru dalam pemecahan masalah. (Conny R.Semiawan). Arti kreatif adalah suatu proses yang membantu mencetuskan berbagai gagasan baru yang merupakan salah satu sifat manusia yang dibentuk dari proses pengalaman sehingga menyebabkan orang tersebut bisa terus memperbaiki dan mengembangkan dirinya. (Anderos: 1962)

INOVATIF 
yaitu Kemampuan seseorang dalam mendayagunakan kemampuan dan keahlian untuk menghasilkan karya baru." "Berpikir inovatif yaitu Proses berpikir yang menghasilkan solusi dan gagasan di luar bingkai konservatif." – Menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kita dapat membangun pribadi yang kreatif dan inovatif :

1. Peka terhadap apa yang ada di sekitar kita, karena banyak yang bisa dikembangkan tanpa kita sadari ,bahkan dapat menjadi peluang bisnis jika kita padukan dengan perkembangan di era sekarang ini.
2. Berani move on dari rutinitas yang buruk, rutinitas yang membuat kita malas untuk merinivasi dan berfikir kreatif, carilah kegiatan yang membangun inspirasi.
3. Percaya diri, seseorang yang berfikir kreatif adalah orang yang selalu tidak biasa daripada yang lain, dan mungkin karena perbedaan itulah yang membuat banyak orang itu minder, berbeda itu indah maka percaya dirilah.
4. Berbaur dan berhubungan dengan orang-orang yang kretaif, dengan sering berkumpul dengan orang-orang yang kreatif maka wawasan kita juga akan bertambah, dan kita juga dapat berbagi pemikiran kepada orang-orang tersebut dan juga dapat membangun inspirasi.

ASPEK-ASPEK INOVASI YANG PERLU DIPERHATIKAN
Aspek-Aspek Inovasi yang menuntut adanya inovasi meliputi :

1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Adanya perkembangan ilmu pengetahuan tidak bisa dipungkiri mengakibatkan kemajuan teknologi yang mempengaruhi kehidupan social, ekonomi, politik, pendidikan dan kebudayaan . dengan perkembangan ilmu pengetahuan modern menghendaki dasar-dasar pendidikan yang kokoh dan pengusaan kemampuan yang terus-menerus, 
2. Pertambahan penduduk. Pertambahan penduduk yang cukup pesat menuntut adanya pembaharuan sekaligus bertambahnya keinginan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang secara kualitatif yang menuntut tersedianyan sarana pendidikan yang memadai,
3. Meningkatnya animo mansyarakat untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik. Dengan kemajuan iptek, akan mempengaruhi aspirasi masyarakat, potensi dan persaingan yang sangat ketat, 
4. Menurunnya kualitas pendidikan.Kualitas pendidikan yang dirasakan makin menurun dan belum mampu mengikuti perkembangan Iptek. Situasi ini menuntut adanya inovasi inovasi dan perubahan. Bila tidak demikian jelas akan berakibat pada perkembangan dan tertinggalnya kita di bidang Iptek, 
5. Adanya relevansi antara pendidikan dan kebutuhan masyarakat. Dalam era modern sekarang ini masyrakat menuntut adanya lembaga pendidikan yang benasr-benar mampu diharapkan, terutama yang siap pakai dengan dibekali skill dan ketrampilan yang diperlukan.


Contoh Kasus






Jonathan Cedar dan Alexander Drummond bersama-sama mengembangkan teknologi kompor BioLite. Mereka bertemu saat bekerja di Smart Design, sebuah konsultan desain di New York City. Kedua penemu menjadi tertarik pada kompor portabel yang menggabungkan sumber kayu lokal dengan kipas bertenaga baterai. Ide tersebut berevolusi menjadi tungku rendah emisi yang memanfaatkan generator termoelektrik yang disebut BioLite CampStove, yang secara resmi diluncurkan pada tahun 2012. Menggunakan kompor roket yang dimodifikasi dan bekerja dengan Aprovecho Research Center, Cedar mengembangkan kompor masak model yang lebih besar bernama HomeStove, yang dirancang untuk menggantikan api memasak dalam ruangan yang berbahaya.

KESIMPULAN

Kreatif dan inovatif itu dapat dipelajari ,dibiasakan ,dandapat menjadi kebiasaan jika kita sungguh-sungguh dalam merubah kepribadian kita. Dan jika kita sudah dapat berfikir kreatif maka inovatif akan timbul dengan sendirinya. Kreativitas adalah kemampuan semua manusia sejak lahir namun tidak banyak orang yang ingin mengembangkannya, maka ubahlah kebiasaan yang membuat kita tidak bisa bergerak pada nasib yang biasa-biasa saja.

DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.