Senin, Maret 26

Era Bisnis Zaman Old and Zaman Now

@L13-Huda , @L14-Khalil, @L15-Fateh, @proyek-L04, @Startup-L05

Oleh Muhammad Huda, Khalil Gibran S, Fateh Halmar

Abstrak

Dunia bisnis berkembang sangat pesat mengikuti kemajuan teknologi dan informasi. Dahulu mungkin saat penjual dan pembeli melakukan transaksi jual dan beli, keduanya harus bertemu secara langsung. Tetapi semua itu berubah semenjak teknologi dan informasi menyerang. Proses jual dan beli bisa di lakukan melalui sebuah smartphone saja. Kita hanya perlu mengklik untuk membeli yang kita inginkan pada zaman now ini. Di artikel ini akan di bahas apa saja era bisnis zaman old, bisnis di zaman now, transisi bisnis  zaman old ke bisnis zaman now, dan bagaimana bisa Ecommerce bertumbuh pesat.

Kata Kunci

Bisnis Zaman Old, Bisnis Zaman Now, Bisnis Konvensional, Ecommerce

Pendahuluan

Pengertian Bisnis menurut Owen adalah suatu perusahaan yang berhubungan dengan distribusi dan produksi barang-barang yang nantinya dijual ke pasaran ataupun memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya. Ketika kita membangun sebuah bisnis kita juga wajib mengikuti perkembangan teknologi dan informasi jika tidak maka bisnis yang sudah kita bangun akan kalah bersaing dengan bisnis yang lain. Yang tadinya bisninya sedang berada di posisi zaman old yaitu bisnis konvensional maka kudu banget nih pindah ke bisnis zaman now yaitu bisnis melalui ecommerce. Kenapa kudu banget kita pidah atau transisi gaya bisnis kita ? padahalkan masih banyak orang yang pergi ke pasar atau mall. Jadi kita engga perlu takut gituh bersaing dengan bisnis zaman now !!! mau tau apa mau tau banget nih jawabanya ? di baca sampai abis yak artikelnya hehehe

Permasalahan
  1. Apa itu bisnis zaman old ?
  2. Apa itu bisnis zaman now ?
  3. Bagaimana transisi bisnis dari zaman old ke zaman now
  4. Mengapa ecommerce berkembang sangat pesat ?

Pembahasan

Bisnis Zaman Old
Bisnis zaman old atau bisnis konvensional yang lebih sering dikenal dengan bisnis offline adalah kegiatan atau transaksi jual-beli yang dilakukan secara langsung, bertatap muka antara penjual dengan pembeli. Bisnis ini mengharuskan kita mempunyai lapak untuk berjualan serta tenaga kerja.

Kelebihan
  • Tidak memiliki persaingan tingkat global
  • Kepercayaan public


Kekurangan
  • Jangkauan pasar begitu terbatas
  • Modal yang cukup besar
  • Memerlukan temoat untuk berjualan

Bisnis Zaman Now

Bisnis zaman now atau Perdagangan elektronik, yang biasa disebut E-Commerce, adalah perdagangan produk atau layanan yang menggunakan jaringan komputer, seperti Internet. Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, pemrosesan transaksi online, pertukaran data elektronik (electronic data interchange / EDI), sistem manajemen persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis. Jadi tidak perlu lagi bertemu antara penjuan dan pembeli

Kelebihan
  • Jangkuan pasar yang begitu luas
  • Tidak perlu tempat karena bisa dilakukan dimana saja
  • Tidak bergantung pada cuaca
  • Tidak ada batas waktu untuk bejualan

 Kekurangan
  • Kurang di percaya publik
  • Tingkat keamanan yang kurang baik
  • Harus selalu siap di kritik jika kinerja buruk sedikit saja

Jenis Bisnis Ecommerce
  1. Access provider  (Penyedia akses) contohnya : Telkomsel, Xl, Bolt dan lain sebagainya
  2. Search engine (Mesin pencari) contohnya : Google, Mozilla, UC Browser dan lain sebagainya
  3. Online shop (Toko online) contohnya : Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain sebainya
  4. Content provider (Penyedia konten) contohnya : Youtube, Facebook, dan lain sebagainya.

Transisi Bisnis dari Bisnis Zaman Old ke Zaman Now

Ada 2 faktor yang mempengaruhi dan mewajibkan para pengusaha atau pebisnis harus pindah dari zaman old ke zaman now diantarnya :
  1. Pertumbuan pengguna internet di Indonesia cukup massif
  2. Jumlah transaksi e-commerce meningkat signifikan dari tahun ke tahun

Dari kedua hal itu yang menyebabkan para pebisnis berpikir untuk pindah. Selain mendapatkan kemudahan dalam melakukannya, pemasaran menggunakan internet juga menghemat dalam pengualan biaya. Khususnya dalam bidang pemasarannya yang gratis dan dapan menjangkau seluruh orang.

Perkembangan Ecommerce yang Begitu Pesat

Sektor e-commerce terus berkembang pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi dan besarnya jumlah penduduk Indonesia.

‎General Manager lembaga riset Kantar Worldpanel Indonesia Venu Madhav menyatakan, Indonesia menawarkan pasar e-commerce yang sangat menjanjikan. Sebab, setengah dari 250 juta populasi Indonesia merupakan masyarakat berumur di bawah 30 tahun yang sudah sangat fasih dengan dunia online.
“Pada pasar online, harga yang tergolong murah dan seringnya promosi menjadi hal yang dianggap menguntungkan bagi konsumen. Itulah alasan dari terus bertumbuhnya pasar online di Asia, termasuk Indonesia,” kata Venu.‎

Kedua, k‎einginan konsumen untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan akses dalam berbelanja, baik di lingkup global maupun lokal. Menurut Venu, kenyamanan dan kemudahan akses merupakan hal yang mempunyai pengaruh cukup besar, khususnya pada kalangan konsumen dengan gaya hidup modern kesehariannya disibukkan oleh urusan pekerjaan.

“Pada kalangan ini, pasar online menjadi alternatif dimana dapat memudahkan konsumen untuk membantu mereka membuat keputusan belanja di mana pun dan kapan pun,” ungkap Venu.

Semoga Artikel Ini Bermanfaat J

Referensi :
  1. Introduction to E-Commerce: Combining Business and Information Technology 1st edition © 2016 Martin Kütz & bookboon.com
  2. http://agolf.xyz/ini-alasan-e-commerce-berkembang-pesat-di-indonesia/
  3. Adiguna C. Perdana dalam web https://www.halomoney.co.id/blog/pengaruh-bisnis-online-terhadap-bisnis-offline-di-indonesia
  4. http://peluangusahaterkini.com/kelebihan-dan-kekurangan-bisnis-offline-dibandingkan-online/
  5. http://direkturbisnis.blogspot.co.id/2015/12/kelebihan-kekurangan-bisnis-online-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.