Maret 28, 2018

MEMBENTUK POLA PIKIR SEORANG WIRAUSAHA




@J01-Yuli, @J02-Endra, @J03-Oky, @Startup-J01, @Proyek-J02

ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk menunjukan Mindset positive yang merupakan modal untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan hidup. Jangan anggap remeh cara berpikir dan pandangan hidup Anda, karena dari sana kehidupan Anda akan ditentukan selanjutnya.

Membangun mindset positive merupakan kunci penting untuk bisa sukses. Pemikiran atau prinsip dan pandangan akan mempengaruhi kita dalam mengambil tindakan dan keputusan. Termasuk motivasi hidup. Membangun mindset positive merupakan cara untuk menumbuhkan motivasi hidup secara lebih kekal.
Mindset positive atau pola pikir positif merupakan cara cerdas untuk fokus meraih kesuksesan.
Kata Kunci : Mindset, pola pikir, fokus.


PENDAHULUAN
Berpikir Perubahan, Terkadang, pemikiran kita juga harus dirubah. Bekerja menjadi wirausaha haruslah melakukan kreativitas-kreativitas yang berasal dari peluang-peluang yang ada. Pola berpikir konsumtif harus diubah menjadi pola yang produktif. Kurangi pula perkataan-perkataan negatif yang membuat usaha tidak berjalan seperti terlalu tua, terlalu muda, dan lain sebagainya. Ucapkan Kata yang positif sebagai bentuk perubahan pola pikir tersebut karena, untuk memulai bisnis diperlukan pola pikir positif untuk dapat memotivasi dalam memulai sebuah usaha.

PEMBAHASAN
1. Percaya bahwa semuanya mungkin
Pertama dan pelajaran paling penting untuk menjadi pengusaha besar adalah Anda harus selalu percaya segala sesuatu mungkin terjadi.
Kepercayaan ini yang dapat melampaui keinginan dalam hati. Sebab Anda percaya segala sesuatu mungkin terjadi.
Usai percaya dengan hal itu maka lakukan sesuatu dan fokuslah melakukannya.
Ini juga akan melatih pikiran Anda untuk melihat solusi dari pada masalah dan membedakan hal prioritas dalam hidup.

2. Luangkan waktu untuk mengapresiasi prestasi kecil
Sebagai seorang pengusaha, Anda akan lebih sering gagal dan hamper tidak pernah melihat apapun manfaat dari usaha kerja keras tersebut. Padahal, sukses itu membutuhkan waktu dan muncul dari hal kecil.
Para pengusaha juga membahas langkah-langkah kecil yang mereka lakukan. Seperti ucapan “Terimakasih” dari klien. Semua hal-hal besar dibangun perlahan-lahan dan terkadang dari hal kecil.
Ketika Anda mulai menghargai prestasi kecil, anda akan melihat hal berbeda. Cobalah belajar untuk bersabar dan belajar untuk menggunakan apa yang dimiliki, dari pada menunggu apa yang tidak Anda miliki.

3. Jangan melakukan sendiri
Saat kita berpikir tentang kewirausahaan, kita membayangkan sesuatu yang luar biasa. Berbagi ide-ide dan bekerja sama dengan seseorang yang memiliki keyakinan yang sama, sangat dapat memperkaya dan membantu Anda untuk menempuh jalan kesuksesan.
Miliki seseorang yang Anda percayai, karena pada saat anda tidak dapat menemukan motivasi merekalah yang akan memotivasi kita dan itu merupakan suatu yang tak ternilai harganya.
Pengusaha membutuhkan orang untuk membantu hal-hal kecil agar dapat fokus pada tujuan yang paling penting.

4. Fokus dengan yang dikerjakan
Anda akan selalu melihat rumput tetangga yang lebih hijau. Pikirkan menjadi seseorang yang perfeksionis adalah kunci untuk pencapaian.
Mereka menghabiskan banyak waktu dalam menganalisis pesaing mereka, melihat bagaimana dapat mengunggulinya.
Itu adalah hal baik untuk mengetahui apa yang orang lain lakukan. Seperti yang Anda inginkan untuk melangkah ke depan, tapi jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengamati orang lain. Fokuslah pada ide Anda sendiri  dengan meningkatkan kreativitas dalam hidup. Jangan pernah lupa bahwa waktu adalah aset kita yang paling berharga.
5. Lakukan
Mereka mengatakan Anda tidak harus menjadi jenius untuk menjadi inovator. Yah, itu sangat benar. Sebagian besar ide-ide penemuan baru sudah menjadi hal yang biasa. Mereka menjadi baru ketika hal ini masuk ke pasar. Ketika Anda memiliki sebuah ide, langkah berikutnya adalah pergi untuk mewujudkan ide itu. Itu berlaku pada setiap aspek kehidupan. Terkadang menjadi yang pertama lebih baik dari pada menjadi yang sempurna.



KESIMPULAN

Polapikir (mindset) adalah cara memandang terhadap sesuatu yang tertangkap oleh indra dan menghasilkan sikap yang terungkap dalam perilaku dan menghasilkan 'nasib'. Atau bisa juga diartikan semacam filter diri sendiri untuk menafsirkan apa yang kita lihat dan kita alami. Pola pikir manusia bisa diubah, dari pola pikir yang negatif ke positif, pecundang ke pemenang, pekerja menjadi wirausaha.
Pola pikir seorang entrepreneur itu adalah pola pikir yang produktif, kreatif, inovatif karena pola pikir seperti inilah yang dibutuhkan oleh semua entrepreneur untuk menjalankan suatu usaha. Wirausahawan tidak selamanya mulus dalam menjalankan usahanya. Ada beberapa hambatan yg mungkin saja dialami oleh wirausahawan saat akan membangun suatu usaha. masalah paling utama yang dihadapi adalah MODAL, merasa dirinya tidak berbakat dalam berwirausaha, merasa dirinya terlalu tua untuk memulai usaha. Untuk itulah pola pikir positif perlu ditanamkan pada benak anda agar anda dapat fokus memulai usaha yang kelak nanti akan membawa anda kepada kesuksesan.



DAFTAR PUSTAKA
(Di Unduh 8Maret 2018)
(Di Unduh 9 Maret 2018)
(Di Unduh 9 Maret 2018)
(Di Unduh10 Maret 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar