Selasa, Maret 6

Motivasi Dalam Mencapai Kesuksesan Usaha

Pendahuluan 

Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses tidaklah mudah, banyak rintangan yang dihadapi oleh para pengusaha dalam membangun usahanya. Maka dari itu tidak dipungkiri bahwa dibutuhkan dorongan atau motivasi dalam mencapai kesuksesan usahanya. Dengan motivasi, tidak menutup kemungkinan pengusaha dapat membuat usahanya sukses, karena motivasi dapat mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu dalam mencapai tujuannya.

Cara Memotivasi Semangat Kewirausahaan

Menurut Ahmadi (2004) didalam Endang (2012), motivasi merupakan dorongan yang telah terikat pada suatu tujuan. Motivasi merupakan salah satu faktor penentu dalam pencapaian tujuan. Motivasi berhubungan dengan dorongan atau kekuatan yang berada dalam diri manusia. Motivasi berada dalam diri manusia yang tidak terlihat dari luar.
Sedangkan pengertian berwirausaha menurut Drucker (2002) didalam jurnal Imanda (2015), berwirausaha merupakan kegiatan menghasilkan sesuatu yang baru, berbeda dengan berpikir secara kreatif dan bertindak inovatif dalam mencapai suatu peluang yang ada.
Berikut adalah cara dalam memotivasi diri dalam mencapai kesuksesan :
1. Percaya diri
Seseorang yang akan memulai usaha harus memiliki percaya diri yang tinggi, sehingga usaha apapun yang direncanakan dan akan dijalankan tidak setengah-setengah, tetapi yakin bahwa usaha tersebut akan berhasil.
2. Optimis
Optimis adalah keyakinan untuk berhasil. Seseorang yang memulai usaha harus optimis dengan jenis produk yang akan dijual. Yakin bahwa produk tersebut dibutuhkan masyarakat, laku, dan memiliki kelebihan diantara produk serupa lainnya.
3. Berani mencoba
Bila kita sudah optimis, maka harus langsung dicoba, karena seorang wirausahawan harus berani dan siap menanggung resiko kegagalan. 
4. Berani bermimpi / berandai-andai
Seseorang yang mau memulai usaha harus berani bermimpi / berandai-andai bila usahanya sukses / berhasil. Hal ini merupakan motivasi yang kuat untuk mulainya suatu usaha. 
5. Kreatif
Sebelum memulai usaha, sebaiknya kita melihat produk serupa yang mungkin sudah ada di pasaran untuk melihat kelemahan” yang dapat kita amati. Kelemahan inilah yang harusnya kita tutupi dan perbaiki dengan kreativitas kita, sehingga produk yang kita tawarkan nanti meskipun serupa tetapi memiliki sesuatu kelebihan. 
6. Pandai melihat peluang
Seseorang yang ingin berwirausaha harus pandai melihat situasi, sehingga menge-tahui barang apa yang dibutuhkan pada saat itu. Sehingga kita dapat mendapatkan peluang tersebut dan memanfaatkannya sebaik mungkin.
7. Tidak malu
Malu adalah sifat yang sangat menghambat ketika kita akan berwirausaha. Hilangkan rasa malu, karena usaha yang kita lakukan “halal”, tidak mengganggu kepentingan orang lain. 
8. Berani beda
Sesuatu yang berbeda sangat mudah dikenang pembeli.
9. Jujur
Merupakan modal penting karena wirausaha berhubungan dengan orang banyak. Kejujuran akan membawa pada kepercayaan konsumen kepada kita. Hal apapun yang berkaitan dengan produk kita, harus dinyatakan secara jujur (tidak ditutup-tutupi). 
10. Menepati janji
Wirausaha akan berhasil sangat tergantung pada jaringan pemasaran yang kita bina. Pelanggan / konsumen tidak akan lari dari kita ketika semua yang dijanjikan dari kita dipenuhi.

Contoh Pengusaha Sukses Dengan Kreativitasnya

REZA NURHILMAN


Bagi yang belum mengenal nama ini, mungkin Anda lebih mengenal “kripik setan” Maicih. Ya, Reza Nurhilman adalah nama pemuda yang berada di belakang produk keripik singkong ekstra pedas yang populer itu. Reza memulai bisnis keripik singkong ini pada pertengahan 2010 seorang diri saat berusia 23 tahun dengan modal awal 15 juta rupiah. Untuk bisnisnya ini, ia menggandeng satu produsen keripik lokal di Bandung.
Reza mengawali bisnisnya ini dengan melakukan pemasaran sederhana, yakni melalui platform media sosial, Twitter, sebelum mengembangkan sayap dengan menerapkan sistem keagenan yang menggunakan istilah Jenderal agar produknya bisa menggapai konsumen yang lebih luas. Para Jenderal ini memasarkan produknya dengan cara berkeliling atau nomaden.
Pemuda kelahiran Bandung 28 tahun yang lalu ini mengaku kunci kesuksesannya terletak pada cara berpikirnya yang out of the box, yaitu dengan tidak membuka toko seperti kebanyakan penjual sehingga membuat produknya eksklusif.  Melalui Twitter, para jenderal memberitahu informasi lokasi penjualan setiap harinya. Cara pemasaran yang cukup unik ini terbukti berhasil mengangkat nama Maicih di dunia maya. Baru setengah tahun saja, omzet Maicih bisa mencapai Rp7 miliar per bulan. Angka yang fantastis, bukan?



SUMBER :

Sumber :
- Endang, 2012. Analisis Faktor-Faktor Motivasi Berwirausaha. Jurnal Profit, Vol. 6. 2018, dalam : http://ejournalfia.ub.ac.id/index.php/profit/article/download/136/350 (diunduh, 02 februari 2018)
- Imanda, 2015. Motivasi Pengusaha Dalam Pengembangan Inovasi Produk. JESTT, Vol. 2. 2018, dalam : https://e-journal.unair.ac.id/JESTT/article/view/582/385 (diunduh, 02 februari 2018)
- Salirawati, 2005. Kiat-Kiat Menjadi Wirausaha dan Tantangannya. Makalah Kewirausahaan. Universitas Yogyakarta. 2018.
- https://www.cermati.com/artikel/8-kisah-inspiratif-pengusaha-sukses-indonesia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar