Rabu, Maret 28

Motivasi Jitu Dalam Berwirausaha

                       
@J01-Yuli, @J02-Endra, @J03-Oky,
@Startup-J01, @Proyek-J01

ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk menunjukan bahwa dalam berwirausaha tidak cukup dengan hanya bermodalkan uang yang banyak dan mitra yang mendukung, karena tanpa kemauan yang teguh dalam memulai suatu usaha, semangat berwirausaha yang kita miliki bisa saja luntur seiring dengan datangnya berbagai masalah yang menerpa saat kita baru memulai menjalankan usaha.

Kata Kunci : Keyakinan, Rencana, dan keputusan dalam Membangun Usaha.

PENDAHULUAN
Banyak pengusaha yang sudah merintis usahanya sampai pada tahap tertentu memutuskan berhenti mengembangkan usahanya dikarenakan merasa tidak sanggup menghadapi berbagai masalah yang menghadang. Padahal, mereka tidak tahu bahwa mungkin seandainya mereka meneruskan usaha mereka selama satu bulan mendatang atau bahkan satu minggu kemudian akan ada pemodal yang tertarik dengan ide usaha mereka dan bersedia memberikan banyak modal untuk membesarkan usaha rintisan mereka.
Artikel ini berupaya untuk memberikan motivasi dalam merintis usaha dan menanamkan sikap seorang wirausahawan agar dapat sukses dalam berwirausaha.

PEMBAHASAN
Motivasi Jitu Dalam Berwirausaha
1.      Yakin akan datangnya kesuksesan
Dalam berwirausaha, salah satu faktor yang penting untuk dimiliki adalah bahwa kita yakin jika usaha yang kita jalankan akan meraih kesuksesan pada waktunya. Dengan menanamkan pola pikir tersebut, kita akan dapat berkonsentrasi dalam merintis usaha yang kita jalankan tanpa merasa terbebani dengan berbagai rintangan yang pasti akan datang dalam proses pengembangan usaha.
2.      Perencanaan Tertata
Perencanaan Tertata adalah gabungan dari menyeleksi, menghubungkan pengetahuan, fakta, imajinasi, dan asumsi untuk menjadi acuan dalam membuat keputusan di masa mendatang dengan tujuan memvisualisasi dan memformulasikan hasil yang diinginkan.
3.      Keputusan
Keputusan yang kita terapkan dalam mengatasi suatu masalah sangat memengaruhi sukses atau tidaknya usaha yang kita bangun di masa mendatang. karenanya dalam mengambil keputusan hendaknya tidak disimpulkan secara terburu-buru, setiap keputusan yang kita terapkan harus mengacu pada perencanaan yang sudah kita rencanakan pada awal membangun usaha, agar target yang sudah kita tetapkan dapat berjalan sesuai rencana dan tidak menimbulkan kerancuan arah usaha.
4.      Ketekunan
Menurut Denis Watley dalam Malhi, “ketekunan tetap berlangsung walau adanya rintangan yang menghadang anda,dan anda mengetahui apa yang anda lakukan adalah benar”. Jadi dengan perencanaan dan keputusan yang sudah kita buat, kita harus yakin dan tekun dalam menghadapi setiap permasalahan yang menghadang dengan mempercayai bahwa apa yang sudah kita mulai saat ini akan membawa kita pada kesuksesan.

Kisah Pebisnis sukses


Tjie Tjin Hoan atau yang kita kenal sebagai Ciputra lahir di Parigi, kota kecil di Sulawesi Tengah, sebagai anak bungsu dari tujuh bersaudara. Setelah tamat SMA, Ciputra melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung Jurusan Teknik Arsitektur.
Ciputra merintis usaha pertamanya bersama sahabatnya sesama mahasiswa dengan mendirikan CV Daya Tjipta yang bergerak di bidang ilmu arsitektur. Awalnya mereka berkeliling dari rumah ke rumah mencari orang yang bersedia memakai jasanya. Sampai akhirnya Ciputra merasa jika hanya mengerjakan proyek-proyek kecil dan bertahan hidup saja tak membuatnya puas.
Pada awal 1960-an, Jakarta sedang berbenah. Lewat perantaraan mantan asisten Gubernur Soemarno, Ciputra minta bantuan untuk mempertemukannya dengan Gubernur Soemarno. Hingga akhirnya melalui PT Pembangunan Jaya, Ciputra dipercaya oleh Gubernur Soemarno untuk manjalankan proyek peremajaan kawasan Senen. Dengan kinerja Ciputra yang baik dalam menjalankan proyek senen, Ciputra dipercaya oleh berbagai kalangan untuk menjalankan berbagai proyek besar hingga sekarang menjadi salah satu raksasa properti di negeri ini.

KESIMPULAN
Untuk membangun sebuah usaha tidak hanya memerlukan ide yang kreatif dan modal yang mencukupi saja, kita juga perlu mengubah mental dan sikap kita menjadi mental dan sikap seorang pebisnis, karena sukses atau tidaknya suatu usaha bergantung kepada sukses atau tidaknya kita dalam menghadapi masalah-masalah yang menerpa usaha kita.


DAFTAR PUSTAKA
( Di Unduh 3 Maret 2018)

( Di Unduh 3 Maret 2018 )

Pell,Arthur R.2007.Think And Grow Rich.Jakarta:UFUK PRESS

( Di Unduh 4 Maret 2018)

( Di Unduh 4  Maret 2018)
(Gambar di unduh 20 Maret 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar