Selasa, Maret 27

PELUANG BERBISNIS PADA MASA KINI


PELUANG BERBISNIS PADA MASA KINI


Abstract
menjelaskan apa yang dapat dilakukan dalam berbisnis pada masa kini

Kata Kunci



Pendahuluan
Dalam berbisnis, kita diharuskan melakukan bisnis yang kreatif agar dapat disukai oleh konsumen. Bisnis sudah berkembang dari dahulu hingga sekarang. Sekarang jaman sudah modern dan dalam berbisnis kita juga tidak harus kalah oleh laju nya jaman. Pada masa kini, berbisnis dapat melalui mana saja. Termasuk bisnis online. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar berbisnis saat masa kini dengan baik?

Pembahasan
Pengertian Bisnis menurut Owen dalam Koko Rustamaji (2017) adalah suatu perusahaan yang berhubungan dengan distribusi dan produksi barang-barang yang nantinya dijual ke pasaran ataupun memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya.

Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan beberapa klasifikasi bisnis, antara lain :

  1. Manufaktur merupakan bisnis yang memproduksi barang yang berasal dari bahan mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya seperti perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti pipa atau mobil.
  2. Bisnis jasa yaitu bisnis yang menghasilkan barang intangible dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang telah diberikan.
  3. Pengecer atau distributor merupakan pihak yang berperan sebagai perantara antara produsen dan konsumen.
  4. Usaha pertambangan dan pertanian merupakan perusahaan yang memproduksi barang-barang mentah seperti tanaman atau mineral.
  5. Bisnis keuangan adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  6. Informasi bisnis adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari penjualan kembali properti intelektual.
  7. Utilitas adalah sebuah bisnis yang menjalankan layanan publik, seperti listrik dan air yang biasa didanai oleh pemerintah.
  8. Bisnis real estate yaitu bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan menjual, menyewakan dan pengembangan properti, rumah atau bangunan.
  9. Bisnis Transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi tujuan.
  10. Bisnis Online yaitu bisnis yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Saat ini kita sudah memasuki jaman modern dimana pada masa kini sudah dikenal gadget dan internet. Dalam berbisnis kita dapat menggunakan itu semua dalam bisnis kita yang disebut E-commerce.

Menurut Sora N (2016) e-commerce adalah suatu proses penjualan dan pembelian produk maupun jasa yang dilakukan secara elektronik yaitu melalui jaringan komputer atau internet. Arti lain dari e-commerce yaitu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah dan mendefenisikan kembali hubungan yang baru antara penjual dan pembeli.

Menurut Novi Kristiadi (2017) manfaat dari e commerce adalah sebagai berikut :
  • Mempermudah komunikasi antara produsen dan konsumen
  • Mempermudah pemasaran dan promosi barang atau jasa.
  • Memperluas jangkauan calon konsumen dengan pasar yang luas.
  • Mempermudah proses penjualan dan pembelian
  • Mempermudah pembayaran karena dapat dilakukan secara online.
  • Mempermudah penyebaran informasi
Lalu ada kekurangan dalam e commerce yaitu:
  • Isu security
  • Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan web site sampai dengan pencurian data.
  • Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan
  • Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
  • No cash payment.
  • Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan e-commerce.
  • Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.
Tips dalam membangun usaha e commerce yaitu sebagai  berikut

  • Jangan terburu dalam merilis website.
  • Fokus terhadap user/customer
  • Lakukan testing dalam segala hal
  • Go Mobile
  • Jangan takut akan perubahan.
  • Lakukan pelayanan dengan baik
  • Berusaha melakukan usaha dengan baik.

Kesimpulan
Saat ini bisnis ecommerce mulai berkembang dimana saja. Karena sekarang gadget dan internet sudah mudah digunakan. Kita sebagai calon pengusaha jika ingin membangun usaha, dapat melakukan usaha dengan cara online (ecommerce) karena kita harus mengikuti arus jaman masa kini yang sudah modern. Dan dalam melakukan pelayanan online, kita harus ramah kepada konsumen agar mendapatkan kesan yang baik terhadap usaha yang kita lakukan


Contoh Kasus
Tokopedia.com adalah salah satu jaringan toko daring terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari kustomer-ke-kustomer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan, bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah ditentukan).

Sistem pembayaran transaksi di Tokopedia itu didasarkan pada sistem escrow yang dijalankan dan dijaga oleh PT Tokopedia. Dalam hal ini Tokopedia akan menjadi pihak ketiga yang menengahi transaksi antar penjual dan pembeli. Ketika calon pembeli ingin membeli sebuah barang dari penjual di Tokopedia, maka pembeli harus melakukan transfer pembayaran ke Tokopedia terlebih dahulu. Jika transfer berhasil, kemudian Tokopedia akan memberi tahu penjual bahwa pembayaran sudah diterima oleh Tokopedia dan penjual bisa melakukan pengiriman barang yang sudah dipesan pembeli. Ketika barang tiba di pembeli, pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang kepada Tokopedia, dan Tokopedia akan mentransfer uang pembelian kepada penjual.

PT Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009, sedangkan Tokopedia.com dibuka untuk public beta pada tanggal 17 Agustus 2009.
Tokopedia menerima pendanaan awal sebesar Rp. 2,5 miliar dari PT. Indonusa Dwitama dan setelah kesuksesan awal, Tokopedia menerima dana investasi lebih lanjut dari East Ventures, perusahaan yang berbasis di Singapura yang fokus terhadap investasi kepada bisnis internet yang sedang berkembang. 

Dengan ini, Batara Eto (co-founder dan ex-CTO dari Mixi.jp - situs jejaring sosial terbesar di Jepang), Willson Cuaca (pendiri dari XSago, perusahaan aplikasi mobile berbasis di Singapura), Taiga Matsuyama and Chandra Tjan dari East Ventures sekarang diangkat menjadi anggota Board of Directors Tokopedia.

Kemudian pada tanggal 19 April 2011, pihak Tokopedia mengumumkan bahwa CyberAgent Ventures dari Jepang turut melakukan investasi kepada Tokopedia. Menurut sumber yang didapat dari TechCrunch, DailySocial melaporkan bahwa nilai investasi kali ini adalah sebesar US$700,000.- yang ditukar dengan 10% saham Tokopedia. Dengan ini, valuasi nilai perusahaan Tokopedia per bulan April 2011 itu sudah mencapai nilai US$7,000,000.-
Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.