Rabu, Maret 7

PETUAH SUKSES DARI MILIARDER DUNIA

Add caption


PETUAH SUKSES DARI MILIADER DUNIA
Pristian Alaika Bachri, Fuad 

ABSTRAK
Petuah dari seorang pengusaha yang memiliki daya juang untuk berwirausaha diharapkan mampu memberikan pencerahan bagi para mahasiswa dalam meniti karir sebagai wirausaha. Hal tersebut sangatlah penting untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah angka pengangguran terdidik di Indonesia yang semakin tinggi, mengharapkan membantu kemiskinan di Indonesia
Kata kunci : Motivasi Berwirausaha, Petuah Sukses, Semangat Berwirausaha

PENDAHULUAN
Saat ini media sosial, mendapatkan perhatian khusus, banyak para perusahaan start up yang mampu meraup keuntungan besar lewat media sosial, Lewat wirausaha mampu menaikkan ekonomi nasional. Pada kali ini kita akan membahas hal-hal yang menarik saat seseorang berwirausaha. Menurut sri (2017) ; Tidak semua orang memiliki motivasi yang sama untuk menjadi pengusaha. Proses termotivasinya seseorang dengan orang lain untuk menjadi pengusaha berbeda-beda, ada yang karena faktor kebetulan, ajakan teman, memanfaatkan bakat, keterampilan atau pendidikan yang diperolehnya, dan karena memahami apa yang dibutuhkan orang lain. Sebenarnya bangsa Indonesia memiliki dasar spirit dan keterampilan yang unik di masing-masing daerah. Sebagai bangsa Indonesia jangan biarkan bangsa lain mengelolah sumber daya dan kita hanya berdiam diri tanpa melakukan apa pun.
PEMBAHASAN
1. WIRAUSAHA MENIGKATKAN PRESTASI
Motivasi berprestasi berkaitan dengan usaha keras dan perjuangan yang tidak kenal menyerah dalam bekerja, untuk mencapai prestasi yang tinggi. Mc Clelland mengelompokkan kebutuhan menjadi tiga, yaitu: 
- Need for Achievement (kebutuhan berprestasi), 
- Need for Power (kebutuhan berkuasa), dan 
- Need for Affiliation (kebutuhan berafiliasi). 
Ketiga kebutuhan tersebut merupakan motivasi yang kuat pada setiap individu. Masing-masing kebutuhan tersebut akan mempengaruhi jiwa seseorang untuk mengarahkan pilihan pada keinginan berwirausaha. Lebih lanjut Mc Clelland (1987) mengatakan bahwa orang-orang yang motif berprestasinya tinggi memang seharusnya tertarik pada dunia bisnis dan dapat melakukannya dengan baik.  (Sinarasr & Hanum,  2012 p 344)
2. WIRAUSAHA MENGUBAH MINDSET
Merubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan tidak mudah. Perubahan bukanlah kata yang menakutkan Menurut McGrath dan MacMillan (2000) ada lima karakteristik yang umumnya dimiliki oleh pengusaha:
1. Pengusaha sangat bersemangat dalam melihat atau mencari peluang-peluang baru
2. Pengusaha mengejar peluang dengan disiplin yang ketat
3. Pengusaha hanya mengejar peluang yang sangat baik dan menghindari mengejar peluang laun yang belum jelas
4. Pengusaha berfokus pada pelaksanaan
5. Pengusaha mengikutsertakan energy setiap orang yang berbeda dalam jangkauan mereka
dan membahayakan. Mengubah pola pikir memerlukan keberanian dan kerelaan. dan membahayakan. Mengubah pola pikir memerlukan keberanian dan kerelaan.
3. TOKOH MUDA SUKSES BERWIRAUSAHA
GIBRAN RAKABUMING
Saat ini nama Gibran Rakabuming mungkin sudah dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, di luar fakta bahwa ayahnya, Joko Widodo, adalah seorang presiden negara republik Indonesia. Gibran adalah pemilik sebuah bisnis di bidang catering dan wedding organizer dengan nama Chili Pari.
Sebelum menjabat menjadi Walikota Solo, kemudian Gubernur DKI jakarta, dan akhirnya Presiden RI, ayahnya, Joko Widodo merupakan pengusaha mebel. Namun, Gibran memilih untuk merintis usaha sendiri tanpa campur tangan ayahnya. Ia memulai usahanya dengan mengajukan pinjaman ke bank untuk modal. Meski sempat ditolak beberapa kali, akhirnya ia mendapatkan persetujuan dari salah satu bank dan dengan modal pinjaman tersebut ia pun memulai Chili Pari dengan melayani pesanan partai kecil. Berkat kemampuan dan keuletannya sendiri, sekarang Chili Pari sudah banyak menangani order besar dengan jumlah tamu hingga ribuan orang dan usaha Gibran pun semakin berkembang.

sunny kamengmau
Anda pernah mendengar tas tangan merek Robita? Tas Robita yang begitu populer di Jepang ini bahkan kabarnya menjadi idaman oleh semua kalangan sosialita di negara sakura itu. Orang yang berada di balik 'dapur' tas merek Robita ini adalah Sunny Kamengmau, pemuda asal Nusa Tenggara Timur (NTT). Siapa sangka pemuda yang tidak pernah lulus SMA itu akhirnya menjadi pengusaha sukses yang dapat menginspirasi siapa pun yang mendengar kisahnya.
Sunny mengawali bisnisnya dengan modal nekat. Setelah meninggalkan kampung halamannya dan pergi ke Bali, ia bekerja sebagai tukang sapu di sebuah hotel. Selang beberapa lama ia pun diangkat menjadi satpam karena dianggap memiliki etos kerja yang bagus. Selama itu, ia juga memanfaatkan waktunya untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Gaji pertamanya ia sisihkan untuk membeli kamus dua bahasa asing tersebut dan mempelajarinya dengan tekun. Keberuntungan mungkin memang berada di pihaknya sejak awal ia dipekerjakan di hotel tersebut, karena di sana ia berkenalan dengan seorang pengusaha asal Jepang yang kemudian memintanya untuk memasok tas kulit ke negaranya. Meski sempat terseok untuk beberapa lama, bahkan hampir kehilangan semua penjahit tas yang bekerja untuknya, Sunny perlahan bisa bangkit dan bisnis tasnya itupun kian diperkokoh hingga mampu memiliki 100 orang karyawan.



KESIMPULAN
Jangan memikirkan wirausaha itu sulit dan ditempa masalah akan binasa, pandangan yang akan menjerumuskan kesesatan, berwirausaha boleh siapapun bahkan seseorang yang tidak lulus SD bisa jadi wirausaha yang sukses dan memiliki perusahaan yang meraup untung hingga miliar rupiah

                                    DAFTAR PUSTAKA 
•Sari,ika.2017. Kewirausahaan "Motivasi menjadi pengusaha sukses, mengalahkan mitos". Universitas Mercu Buana

•Sinarasri,Andwuani dkk.2012. Pengaruh latar belakang pendidikan terhadap motjvasu kewirausahaan mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Semarang

•Nurseto,Tejo.2010. Pembelajaran motivasj berprestasi dalam mata kuliah kewirausahaan dengan game tournament. Universitas Negeri Yogyakarta

•https://www.google.co.id/amp/s/www.finansialku.com/kisah-sukses-gibran-rakabuming-raka-pendiri-markobar/amp/i(di kutip 6 maret 2018)

•https://www.google.co.id/amp/s/www.finansialku.com/sunny-kamengmau-tas-robita/amp/ (di kutip 6 maret 2018)

7 komentar:

  1. @K31-nur @startup-K08 bagus sekali terimakasih

    BalasHapus
  2. @K34-Ayu,@starup-K13, Bagus untuk mahasiswa yang ingin memeulai membuka usaha. Terimakasih

    BalasHapus
  3. @K33-nandira @startup-k09

    Penjelasannya sudah bagus, nice!

    BalasHapus
  4. @K01-Richa @Startup K01

    Sangat bermanfaat dan menambah informasi.

    BalasHapus
  5. @k32-saraswati @startup-k09
    Terimakasih, artikelnya sangat membantu untuk menambah wawasan tentang usaha

    BalasHapus
  6. @k36-Cintya @startup-k07 artikelnya sangat membantu menambah wawasan untuk usaha

    BalasHapus
  7. Terima kasih artikelnya sangat membantu

    BalasHapus