Selasa, Maret 6

@Proyek-J02/ @Proyek-K02/ @Proyek-L02 : Kajian Mengubah Pola Pikir dan Motivasi Berprestasi

Sumber : Rintisan Indonesia
Berlaku  
7 - 13 Maret 2018

Simak bahan kajian pekan ini dengan baik dan cerdas, supaya mendapat pemahaman.

Buatlah artikel dilengkapi contoh kasus dan mind mapping berkaitan dengan Bahan Kajian Materi Pembelajaran.

Cermati Panduan Proyek Pekan Ini :

1. Baca bahan belajar pekan ini secara  cermat dan pahami dengan baik (Modul  3 : Mengubah Pola Pikir dan Motivasi Berprestasi).

2. Buat artikel dengan mengacu pada topik yang mengacu pada modul tersebut (Poin 1), dengan judul singkat, aktual dan menarik. Artikel merupakan perpaduan antara teori dan contoh kasus.

3. Sistematika Artikel meliputi : Judul (tidak boleh sama dengan judul modul); Nama,  Kode Peserta dan Kode Kelompok; Abstrak; Kata Kunci; Pendahuluan; Isi/Permasalahan; Pembahasan; Kesimpulan; Daftar Pustaka. 

4. Artikel ditulis dengan mengacu pada berbagai  sumber, selain modul, juga dilengkapi text book,artikel ilmiah (jurnal),  artikel ilmiah populer dan sebagainya (minimal lima sumber).

5. Panjang artikel 300 - 500 kata. Dilarang keras Copas, silahkan Kutip.

6. Cantumkan daftar pustaka , sesuai dengan kaidah penulisan dan penyusunan yang benar.

7. Lengkapi dengan mind mapping yang menarik

8. Posting artikel di web-blog Teknokreatipreneur.com ini dengan label : Kode Peserta, Kode Kelompok dan Kode Proyek (@Proyek-J02/@Proyek-K02/@Proyek-L02).

9. Share artikel Anda melalui berbagai media sosial (minimal 1.000 viewer).

10. Presentasi melalui tayangan mind mapping pada pekan berikutnnya.



Kegiatan Kelas Hari Ini :

Presentasi 

Berikan komentar untuk setiap kelompok yang presentasi, sertakan kode kelompok dan peserta pada bagian atas kolom komentar.







18 komentar:

  1. @L11-Aldy

    Kita sudah sepantasnya mengubah pola pikir kita yang lalulama yang dimana hanya madek di sebuah zona kenyamanan, kita harus merubah pola pikir secara terarah dan teratur kebiasaan lama yang kacau harus kita tinggalkan,kenapa kita harus merubah pola pikir? Karena di era sekarang kita tidak bisa hanya bersantai santai kita harus melakukan sebuah perubahan, pemikiran pemikiran untuk jadi karyawan harus kita kesampingkan karena jika kita hanya menjadi karyawa kita hanya hidup secukupnya saja kita harus merubah pola pikirkita menjari pengusaha yang sukses untuk sebuah perubahan yang nyata

    BalasHapus
  2. @L17-Humairoh

    Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses dan kaya itu bukan bakat, dan juga tidak harus keturunan Tapi, Sukses dan kaya itu mimpi atau visi. Mimpi yang menjadi kenyataan.Tetapi, masalahnya adalah belum tentu semua orang punya keberanian bermimpi. Banyak dari kita, mereka punya mimpi tapi tidak berani mewujudkan karena alasan takut, itu hal yang mustahil, merasa cukup tentang keadaannya sekarang. Bahkan banyak yang merasa menyerah sebelum berjuang, banyak pula yang takut akan kegagalan. Di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin terlebih kita sendiri yang berusaha, kita sendiri yang harus yakin akan kemampuan diri, dan yang terpenting ialah kita harus berpikir positif dan mengubah pola pikir kita. Ubah mindset negatif itu dengan mindset positif, mindset untuk berkembang dan terus berusaha. Ingatlah, setiap orang memang memiliki fase kegagalan, tapi kita harus yakin, setiap orang juga punya fase kesuksesan, asalkan kita selalu memotivasi diri sendiri bahwa kita bisa.

    BalasHapus
  3. @L16-Mega
    Mengapa mengubah pola pikir dalam berwirausaha sangat penting? Karena keberhasilan atau kesuksesan dalam berwirausaha dilihat dari seberapa baik pola pikir yang kita terapkan. Banyak wirausahawan yang sudah memulai usahanya lalu gagal begitu saja, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena dia tidak bisa mengubah pola pikirnya dengan baik dan takut ataupun ragu untuk mencoba hal yang baru. Hal itu lah yang yang menjadikan mindset seorang pengusaha yang sangat kurang baik. Oleh karena itu kita yang ingin memulai ataupun sudah memulai berwirausaha marilah mengubah pola pikir yang baik agar kita semua menjadi pengusaha yang sukses.

    BalasHapus
  4. @L27-Bendy
    Mindset/pola pikir pada seseorang dalam mewujudkan mimpinya dalam melakukan wirausaha kadang sering berubah,karna banyak sekali orang yang takut akan hal –hal yang belum pernah mereka coba, padahal menurut dweck menerjemahkan mindset sebagai kepercayaan mengenai siapa kita dan apa kemampuan kita, maka dari itu kita terlebih dahulu harus mengenal kemampuan kita dan kita harus yakin/percaya kepada kemampuan diri kita sendiri, karna banyak sekali orang yang ragu akan kemampuan dirinya yang dapat mengurungkan niat mereka untuk mewujudkan mimpinya dalam menjadi wirausaha, dalam hal ini kita harus mengubah mindset kita dengan cara mengetahui/mempelajari pengetahuan baru tentang bagaimana kita harus mempunyai pola pikir yang inovatif, karna dengan berpikiran inovatif kita dapat menciptakan hal yang baru dalam berwirausaha.

    BalasHapus
  5. @J22-Denis
    Menurut saya sebuah mindset pada diri seseorang akan menuntun mereka untuk mencapai tujusn dan mimpi mereka. Bila orang tersebut memiliki pikiran bahwa hari ini gagal maka akan gagal, dan bila hari ini kita berpikir sukses maka akan sukses.merubah mindset kita itu harus lah didasari oleh keinginan yg kuat dan membuat pertanyaan untuk memotivasi diri, sehingga menciptakan pola pikir yg inovatif, untuk mendorong kita dapat menciptakan peluang baru.

    BalasHapus
  6. @J25-Shella
    Penting bagi seseorang untuk mengubah Mindset/pola pikir dalam mewujudkan mimpinya. Terlebih lagi dalam berwirausaha yang kadang sering berubah,karena banyak sekali orang yang takut untuk keluar dari zona nyaman. Padahal menurut dweck menerjemahkan mindset sebagai kepercayaan mengenai siapa kita dan apa kemampuan kita, maka dari itu kita terlebih dahulu harus mengenal kemampuan kita dan kita harus yakin/percaya kepada kemampuan diri kita sendiri, karna banyak sekali orang yang ragu akan kemampuan dirinya yang dapat mengurungkan niat mereka untuk mewujudkan mimpinya dalam menjadi wirausaha. Untuk itu kita harus mengubah mindset kita dengan cara mengetahui/ mempelajari pengetahuan baru tentang bagaimana kita harus mempunyai pola pikir yang inovatif, karena dengan berpikiran positif dan inovatif kita dapat menciptakan hal yang baru dalam berwirausaha dan terlebih lagi kita dapat membantu pemerintah dengan membuka lapangan pekerja, sehingga tingkat pengangguran di Indonesia berkurang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Lutfiah mawar tina13 Maret 2018 21.28

    @j11-Lutfiah
    Menurut saya mengubah pola pikir itu sangatlah penting, mengingat megubah pola pikir merupakan sekumpulan kepercayaan(belief) atau cara berfikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang. jadi jika kita mengubah pola pikir maka kita akan mempunyai orientasi baru yang lebih luas, lebih berwawasan. sehingga tidak terpaku pada hal yang sama terus menerus. Dengan mengubah pola pikir kita juga dapat kita harus mengubah mindset kita dengan cara mengetahui pengetahuan baru dan pengalaman baru tentang bagaimana kita harus mempunyai pola pikir yang inovatifdan kreatif, karna dengan berpikir demikian kita dapat menciptakan hal yang baru dalam berwirausaha.

    BalasHapus
  9. @J10-Nabila
    Menurut saya, Mindset/pola pikir pada seseorang dalam mewujudkan mimpinya dalam melakukan wirausaha sering berubah,karna banyak sekali orang yang takut akan hal –hal yang belum pernah mereka coba, padahal menurut dweck menerjemahkan mindset sebagai kepercayaan mengenai siapa kita dan apa kemampuan kita. karna banyak sekali orang yang ragu akan kemampuan dirinya yang dapat mengurungkan niat mereka untuk mewujudkan mimpinya dalam menjadi wirausaha. dalam hal ini kita harus mengubah mindset kita dengan cara mengetahui/mempelajaripengetahuan barutentang bagaimana kita harus mempunyaipola pikir yang inovatif.

    Perubahan pola pikir kadang sering terjadi terhadap semua orang, terutama kepada orang yang selalu merasakannya, karna mereka akan menyadari perubahan sekecil apapun terhadap pola pikir mereka, apakah itu pola pikir yang positive atau negative yang mereka rasakan, jika mereka merasakan perubahan hal positive terhadap diri mereka sendiri maka ada dorongan dalam diri mereka untuk selalu optimis dalam meraih mimpi dalam berwirausaha, dan jika dengan pola pikir yang negative , itu akan menyebabkan mereka selalu bersifat pesimis untuk meraih mimpi mereka, maka dari itu pendidikan dan komunikasi untuk medapatkan informasi sangatlah penting dalam mengubah mindset seseorang dalam berwirausaha supaya mempunyai pikiran inovatif dan kreatif dalam mewujudkan mimpinya menjadi seorang wirausaha yang berhasil.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Alvilia Nida Hastika13 Maret 2018 21.43

    @J27-Alvilia
    Bagi seseorang sangatlah penting untuk mengubah Mindset/pola pikir dalam mewujudkan mimpinya. Terlebih lagi dalam berwirausaha yang kadang sering berubah,karena banyak sekali orang yang takut untuk keluar dari zona nyaman.

    BalasHapus
  12. @J24-Amelia darwisah lubis
    Sangat penting untuk kita membuka pola pikir yang luas untuk berwirausaha. Memulai berwirausaha sejak dini sangatlah penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri ketika kita ingin memulai sebuah usaha. Kematangan dan pola pikir yang baik sangatlah penting untuk kita tanamkan sejak dini karena jika semua itu tidak kita miliki maka akan sulit untuk memotivasi diri kita untuk memulai suatu usaha. Setiap usaha haruslah memiliki kematangan yang baik sebelum kita memulainya. Akan lebih baik jika kita bisa memiliki semua itu sebelum kita memulai berwirausaha.

    BalasHapus
  13. @J13-Shovi
    Menurut saya merubah pola pikir merupakan kunci penting untuk bisa sukses, pemikiran atau prinsip dan pandangan akan mempengaruhi kita dalam mengambil tindakan dan keputusan, termasuk motivasi hidup. Membangun mindset positif merupakan cara untuk menumbuhkan motivasi hidup secara lebih kekal.pola pikir positif merupakan cara cerdas untuk fokus meraih kesuksesan, karena akan mencapai tujuan kesuksesan. Dari konsep pemikiran lah akan terbangun bagaimana langkah nyata yang akan di upayakan untuk meraih kesuksesan.

    BalasHapus
  14. @J21-Raynaldi
    Kenapa sepertinya sangat penting mindset atau pola pikir? Karena bagi nilai manusia ada dalam ruhnya. Ruh bagi manusia adalah akal dan hati. Artinya pola pikir dan hati. Manusia tanpa keduanya hanyalah jasad semata, tak lebih dari boneka dari hidupnya sendiri.
    Beberapa hari yang lalu saya menonton beberapa film dan sedang membaca buku yang kemudian ada satu poin yang dapat disimpulkan. Yaitu "You are is What You Think" alias kita adalah pola pikir kita.

    BalasHapus
  15. Ika hafshah listyanti14 Maret 2018 08.15

    @J10-Ika
    Menurut saya mengubah pola pikir sangatlah penting, karena pola pikir kita membentuk kehidupan kita dan menarik kepada diri kita hasil-hasil yang merupakan refleksi pasti pola pikir itu. Pola pikir kita memberitahu kita bagaimana permainan hidup ini harus dimainkan, dan mengatur apakah kita memainkannya secara berhasil atau tidak. Kita mungkin memiliki pola pikir, misalnya, yang memberitahu kita, “Kehidupan ini sangat keras, dan aku harus berjuang hanya sekadar untuk hidup pas-pasan.

    BalasHapus
  16. @L20-Nabila
    Pola pikir seorang entrepreneur itu adalah pola pikir yang produktif, kreatif, inovatif karena polapikir seperti inilah yang dibutuhkan oleh semua entrepreneur untuk menjalankan suatu usaha. wirausahawan tidak selamanya mulus dalam menjalankan usahanya. ada beberapa hambatan yg mungkin saja dialami oleh wirausahawan saat akan membangun suatu usaha.

    BalasHapus
  17. @L09-Yulia
    Yang nampak jelas adalah semua mitos mengenai berwirausaha seperti keturunan, orang yang kaya dan lain sebagainya adalah salah. Karena seseorang berwirausaha lahir atas pola berpikir, mampu mencari peluang, mandiri dan pola pikir lainnya. Bisa dikatakan hampir setiap orang ingin berwirausaha, namun karena banyaknya kendala dalam mewujudkannya sehingga sebagian lainnya menjadi konsumen. Namun, yg perlu digaris bawahi adalah seorang wirausahawan atau seseorang yang terjun dalam dunia berbisnis adalah seseorang yang mampu melumpuhkan kendala" yang membuatnya mundur. Karena dalam berwirausaha maju ataupun mundur, naik daun ataupun gulung tikar itu merupakan hal yang wajar atau bahkan sering menjadi santapan baginya.

    BalasHapus
  18. @L03-lutfi
    Mengubah pola pikir menjadi lebih baik itu penting,karna dengan mengubah pola pikir yang lebih baik kita bisa mengelola sesuatu menjadi lebih baik,sepeti contohnya manjadi seorang usahawan harus memiliki jiwa yang tidak mudah patah arang karna kegagalan dalam ber usaha adalah suatu hal yang biasa,maka kita harus mempunyai jiwa pantang menyerah dan harus tetap berjalan maju untuk menunjang ekstabilitas keuangan dalam keluarga.

    BalasHapus