Selasa, Maret 27

@Proyek-J05/ @Proyek-K05/ @Proyek-L05 : Komunikasi dan Model Kepemimpinan

Sumber : https://www.exkalibur.com
Berlaku  
28 Maret - 3 April 2018

Simak bahan kajian pekan ini dengan baik dan cerdas, supaya mendapat pemahaman.

Buatlah artikel dilengkapi contoh kasus dan mind mapping berkaitan dengan Bahan Kajian Materi Pembelajaran.

Cermati Panduan Proyek Pekan Ini :

1. Baca bahan belajar pekan ini secara  cermat dan pahami dengan baik (Modul  5 : Komunikasi dan Model Kepemimpinan).

2. Buat artikel dengan mengacu pada topik yang mengacu pada modul tersebut (Poin 1), dengan judul singkat, aktual dan menarik. Artikel merupakan perpaduan antara teori dan contoh kasus.

3. Sistematika Artikel meliputi : Judul (tidak boleh sama dengan judul modul); Nama,  Kode Peserta dan Kode Kelompok; Abstrak; Kata Kunci; Pendahuluan; Isi/Permasalahan; Pembahasan; Kesimpulan; Daftar Pustaka. 

4. Artikel ditulis dengan mengacu pada berbagai  sumber, selain modul, juga dilengkapi text book,artikel ilmiah (jurnal),  artikel ilmiah populer dan sebagainya (minimal lima sumber).

5. Panjang artikel 300 - 500 kata. Dilarang keras Copas, silahkan Kutip.

6. Cantumkan daftar pustaka , sesuai dengan kaidah penulisan dan penyusunan yang benar.

7. Lengkapi dengan mind mapping yang menarik

8. Posting artikel di web-blog Teknokreatipreneur.com ini dengan label : Kode Peserta, Kode Kelompok dan Kode Proyek (@Proyek-J05/@Proyek-K05/@Proyek-L05).

9. Share artikel Anda melalui berbagai media sosial (minimal 1.000 viewer).

10. Presentasi melalui tayangan mind mapping pada pekan berikutnnya.



Kegiatan Kelas Hari Ini :

Presentasi 

Berikan komentar untuk setiap kelompok yang presentasi, sertakan kode kelompok dan peserta pada bagian atas kolom komentar.


Lihat :




Lihat di sini:



Lihat juga :




Lihat lagi :



Lihat juga :


41 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. @L10-rebekka

    leadership dapat menentukan bangkit dan jatuhnya segala sesuatu. Semakin tinggi kemampuan kepemimpinan seseorang, semakin besar pengaruhnya dalam memberikan nilai tambah pada lingkungannya, baik perusahaan, lingkungan sosial, maupun pemerintahan. Dengan tantangan-tantangan utama yang harus dihadapi Indonesia seperti maraknya korupsi, tingginya angka kemiskinan, dan minimnya pemanfaatan Ilmu pengetahuan dan Teknologi untuk mendorong perekonomian, Indonesia membutuhkan banyak pemimpin yang berintegritas tinggi, kompeten dan mau bekerja.

    Kesombongan merupakan hal yang harus dihindari oleh seorang pemimpin. Salah satu kunci keberhasilan dari seorang pemimpin adalah kemampuannya untuk mendengar dengan telinga, mata dan hati. Dengan mendengarkan, seseorang akan bisa memilih gaya kepemimpinan yang paling tepat bagi orang-orang di sekitarnya. Agar kepemimpinan berjalan efektif, dibutuhkan gaya kepemimpinan yang berbeda di setiap lingkungan yang berbeda. Untuk itu kemampuan berkomunikasi dengan baik, termasuk mendengarkan, dan memilih cara komunikasi yang sesuai dengan pendengar menjadi sangat penting. Memimpin adalah mempengaruhi. Seseorang hanya bisa mempengaruhi dan membuat orang lain mengikutinya, bila dia berhasil membuat orang percaya padanya. Untuk membuat orang lain percaya dibutuhkan kemampuan yang baik untuk mendengar dan berkomunikasi.

    BalasHapus
  4. @l31-Lucia
    Kepemimpinan adalah salah fungsi untuk mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi dan mengawasi orang lain agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah direncanakan sehingga mencapai sasaran dan tujuan organisasinya. Kemampuan kepemimpinan atau Leadership seorang Manajer akan sangat mempengaruhi kinerja organisasi terutama dalam hal pencapaian tujuan organisasinya.
    Pemimpin itu juga bisa melalui pendidikan atau dididik, dan setiap orang bisa menjadi pemimpin. Pengalaman pun bisa menjadi pelajaran terbaik untuk sikap kepemimpinan.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. @L03-lutfi
    Seorang pemimpin adalah seorang yang mampu memanage sekelompok orang yang berada diruang lingkup prusahaan,dan seorang pemimpin harus tau seluk beluk yang menyangkut bidang di prusahaan tersebut agar tau jika karyawannya melakukan kesalahan maka seorang pemimpin dapat memberi solusi baik untuk karyawannya.

    BalasHapus
  7. @L22-Novia
    Kepemimpinan merupakan suatu sifat yg dimiliki oleh seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain untuk melalukan sesuatu dengan sukarela.
    Model gaya kepemimpinan ada 4 yaitu
    1. Demokratis
    2. Otoriter
    3. partisipatif
    4. bebas tindak (laisser faire)
    Keempat model gaya tersebut tidak ada yg negatif,tergantung bagaimana seorang pemimpin menggunakannya sesuai dengan situasi dan kondisi. Seorang pemimpin harus dapat mengenali gaya kepemimpinannya sendiri.
    Seorang pemimpin yang berkualitas harus memiliki sifat komitmen yg tinggi, disiplin yg tinggi, antusias, berwawasan yg luas, kemampuan komunikasi yg tinggi, memanajemen waktu, mempunyai jiwa spritual yg tinggi, dll.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. @L13-Huda
    Kepemimpinan adalah suatu keterampilan yg dimiliki sesorang untuk dapat memotivasi anggotanya agar tujuan yg ingin dicapai dalam suatu organisasi dapat tercapai. Seorang pemimpin yg memiliki jiwa kepemimpinan juga dapat membawa pengaruh baik pada seseorang untuk mencapai kesuksesan.
    Oleh karena itu jiwa kepemimpinan sangat diperlukan oleh seseorang agar dirinya dapat membawa pengaruh positif bagi diri sendiri maupun orang lain.

    BalasHapus
  10. @L21-Ellyza:
    Terdapat beberapa jenis gaya/model dalam kepemimpinan:
    1)demokratis yaitu dimana seorang leader menampung segala aspirasi dari anggota dengan mengambil keputusan berdasarkan keadilan dan pendapat dari masyarakat
    2)otoriter yaitu dimana seluruh keputusan dan hak absolute berada ditangan pemimpin tanpa mengindahkan hak rakyat maupun anggota
    3)partisipatif yaitu dimana leader aktif dalam segala kegiatan dan mengambil keputusan berdasarkan kondisi yang terjadi
    4)bebas tindak yaitu dimana leader memberikan kekuasaan penuh kepada rakyat tanpa mengindahkan dan melihat kondisi yang terjadi.
    Dalam kepemimpinan komunikasi merupakan hal yang krusial. Dengan komunikasi yang baik seorang pemimpin dapat menjaga stabilitas dan membangun relasi internal antar anggota maupun eksternal dengan organisasi lain. Seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat menciptakan pemimpin yang baru. Adalah hal baik jika seorang pemimpin dapat mengembangkan potensi yang ada pada anggotanya.

    BalasHapus
  11. @L20-Nabila
    Ada 4 Jenis kepemimpinan
    1. Otoriter
    2. Demokrasi
    3. Bebas
    4. Situasional
    Ada sifat kepemimpinan manajemen yang harus kita miliki
    1. Berwawasan luas
    2. Empati
    3. Bertanggung jawab
    4. Berkeinginan kuat
    5. Dapat menjadi guru/teman bagi bawahannya
    Kepemimpinan itu bukanlah sifat bawaan lahir melainkan sifat yang harus dilatih, karena tanpa sifat ini kita akan terus menerus menjadi bawahan dan tidak akan pernah maju

    BalasHapus
  12. @L02-januar
    Sebuah pemimpin harus tegas dalam segala sesuatu, tidak mudah terpengaruh dengan masukan orng lain, walaupun masukan dari orng lain itu penting, tetapi sebuah pemimpin harus bisa membedakan masukan yang baik atau pun yang tidak baik, sebab keputusan pemimpin diharapkan banyak orang. Seorang pemimpin juga harus pintar berkomunikasi mau yang dihadapin itu satu derajad dengan dia atau pun bawahannya, pemimpin harus bisa membedakan cara berkomunikasinya,

    PEMIMPIN ITU DIDIK BUKAN DILAHIRKAN

    BalasHapus
  13. @L08-Rizky
    Anak seorang presiden belum tentu bisa menjadi seorang pemimpin yang baik, anak seorang kuli bisa saja menjadi pemimpin yang baik. Semua orang berkesempatan menjadi seorang pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik bukan karena faktor keturunan, namun karena pendidikan dan pengalamannya.

    BalasHapus
  14. @L28-Selvy
    Kepemimpinan (leadership) adalah suatu proses untuk mempengaruhi dan mendorong orang lain agar bekerja keras dalam mencapai suatu tujuan.

    Macam-Macam Gaya Kepemimpinan
    1. Gaya Kepemimpinan Otoriter
    Adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan.

    2. Gaya Kepemimpinan Demokratis
    Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.
    3. Gaya Kepemimpinan Bebas / Laissez Faire
    Pemimpin jenis ini hanya terlibat delam kuantitas yang kecil di mana para bawahannya yang secara aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yang dihadapi.

    6 karakter seorang pemimpin :
    1. Drive dan passion
    2. Desire to lead
    3. Integrity
    4. Self confidence
    5. Intelligence
    6. Job Relevant Knowledge

    Ciri Pemimpin Ideal :
    1. Memberikan komitmennya, waktu untuk membangun perusahaan ataupun timnya
    2. Keinginan untuk mendukung anggotanya. Mendukung dengan memberikan motivasi agaranggotanya memiliki antusiasme dan semangat yang positif. Juga memberikan contoh sosok pemimpin yang baik
    3. Antusiasme, energi, inspirasi dan kemampuan yang memadai.
    4. Kerelaan untuk memikul tanggung jawab dan bukan melemparkannya.
    5. Kemampuan untuk membuat tim bersatu untuk membuat pencapaian lebih dari sekedar yang dilakukan oleh sekelompok individu.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. @L36-Devi
    komunikasi kepemimpinan sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam ruang lingkup komunikasi organisasi. Teori komunikasi kepemimpinan bisa menjadi acuan bagi pemimpin dalam menerapkan gaya komunikasi kepemimpinannya dalam menjalankan organisasinya. Secara umum, komunikasi kepemimpinan memiliki beberapa fungsi seperti fungsi informatif, fungsi regulatif, fungsi persuasif dan fungsi integratif.

    BalasHapus
  17. @L25-Abi
    Menurut saya dari keempat tipe seorang pemimpin, yang paling proporsional adalah gaya kepemimpinan partisipatif, dikarenakan gaya ini bersifat situasional dan kondisional dari berbagai masalah yang dihadapi. Dalam decision making pun saya rasa ini paling adil, meletakkan tindakan pada tempatnya dan tidak asal mengambil suatu pilihan yang akan mempengaruhi keseluruhannya.

    BalasHapus
  18. @L32-Maulani
    Kepemimpinan adalah suatu kekuatan yang menggerakkan perjuangan atau kegiatan menuju sukses. Kepemimpinan juga berarti proses mempengaruhi aktivitas kelompok dalam rangka perumusan dan pencapaian tujuan. Namun, kepemimpinan sering sulit didefenisikan secara tepat. Oleh karena itu, banyak ahli mencoba memperkenalkan pengertian kepemimpinan sesuai dengan versi masing-masing. Kepemimpinan juga seringkali dihubungkan dengan organisasi. Mengenai kepemimpinan, Thoha (1983) mengemukakan bahwa suatu organisasi akan berhasil atau bahkan gagal, sebagian besar ditentukan oleh kepemimpinan yang ada.
    Seorang pemimpin menjalankan fungsi kepemimpinan ini menetapkan Tujuan dan arah baru, kemudian memotivasi dan mempengaruhi anggota timnya untuk mencapai Tujuan yang ditetapkan tersebut. Seorang Pemimpin juga harus meninjau perkembangan timnya dan memastikan bahwa semua anggota Tim berada di jalur yang diinginkannya hingga mencapai tujuan yang ditetapkan. Presiden merupakan salah satu contoh yang baik dalam memerankan kepemimpinan.
    Sedangkan seorang Manajer yang menjalankan fungsi Manajemen ini bertugas untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengatur bagaimana timnya mencapai tujuan yang ditetapkan. 

    BalasHapus
  19. @L14-Khalil
    Kepemimpinan adalah suatu keterampilan seseorang untuk dapat mempengaruhi seseorang untuk mencapai tujuan bersama.Ciri -ciri kepemimpinan yang efektif adalah memiliki pengetahuan yang luas , enerjik, kemampuan mengendalikan emosi, tidak mudah putus asa.hal-hal yang harus dimiliki seorang pemimpin seperti memotivasi diri , memiliki kemampuan berbicara dimuka umum yang baik, memiliki kemampuan pemecahan masalah, mengenali karakteristik bawahan, memiliki keinginan mengetahui perkembangan.

    BalasHapus
  20. @L15-Fateh
    Menurut saya pa atep sangat bagus dalam menyampaikan materi sehingga bisa di rekomendasikan menjadi pemateri saat ppdk. Pemimpin adalah orang yang dapat mempengaruhi orang lain mengeluarkan kemampuan menjadi maksimal.

    BalasHapus
  21. @L16-Mega
    Seorang pemimpin adalah seseorang yang menggunakan kemampuannya, sikapnya, nalurinya, dan ciri-ciri kepribadiannya yang mampu menciptakan suatu keadaan, sehingga orang lain yang dipimpinnya dapat saling bekerja sama untuk mencapai tujuan. Menjadi seorang pemimpin haruslah memiliki krakteristik yang baik seperti:
    1. Intelegensinya tinggi (intellegence)
    2. Kematangan jiwa sosial (social maturity and breadth)
    3. Motivasi terhadap diri dan hasil (inner motivation and achievment drives)
    4. Menjalin hubungan kerja manusiawi (humman relation attides)
    Oleh karena itu seorang pemimpin boleh berperestasi tinggi untuk dirinya sendiri, tetapi itu tidak akan berarti apabila ia tidak berhasil menumbuhkan dan mengembangkan segala hal yang terbaik dalam dirinya kepada para bawahannya.

    BalasHapus
  22. @L18-Lutfi
    Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.

    BalasHapus
  23. @L26-Alvian
    Pemimpin adalah orang yang mampu mempengaruhi bawahannya atau orang yang dipimpinnya. Seorang pemimpin harus mampu berkomunikasi dengan baik, agar pesan yang ingin disampaikan bisa cepat dimengerti oleh bawahannya. Orang yang bisa menjadi pemimpin bukan hanya dari keturunan, orang biasa pun bisa saja menjadi seorang pemimpin, bahkan bisa menjadi pemimpin yang lebih baik dari sebelumnya, tergantung dari pendidikan dan pengalamannya yang cukup. Maka dari itu siapapun bisa menjadi seorang pemimpin asalkan ia mempunyai kriteria yang mencakup bagi seorang pemimpin. Pemimpin harus bisa berpengaruh yang positif, bukan yang negatif bagi bawahannya. Maka dari itu siapapun bisa jadi pemimpin. Anda, kamu, kalian, dia, mereka, semuanya bisa jadi pemimpin.

    BalasHapus
  24. @L12-Arief
    Anak seorang presiden ataupun gubernur belum tentu bisa menjadi seorang pemimpin yang baik, anak seorang kuli bisa saja menjadi pemimpin yang baik. Semua orang berkesempatan menjadi seorang pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik bukan karena faktor keturunan, namun karena pendidikan dan pengalamannya.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. @L17-Humairoh

    Kepemimpinan adalah suatu sifat atau karakter yang dimiliki oleh seseorang dan ia bisa mempengaruhi, mengajak dan meemotivas orang lain. Pada hakikatnya setiap orang memiliki sifat kepemimpinan sejak lahir, yang membedakannya ialah ia bisa mengembangkannya atau tidak. Seorang pemimpin yang baik harus bisa memakai tipe kepemimpinan sesuai dengan situasi nya. Dan setiap pemimpin harus memiliki beberapa hal : integritas, kompetensi, loyalitas, komunikatif.

    BalasHapus
  27. L38-daffa
    Kepemimpinan merupakan suatu sifat yg dimiliki oleh seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain untuk melalukan sesuatu dengan sukarela.
    Model gaya kepemimpinan ada 4 yaitu
    1. Demokratis
    2. Otoriter
    3. partisipatif
    4. bebas tindak (laisser faire)

    BalasHapus
  28. @L17-Guntur

    Kepemimpinan dapat dikonsepsualisasikan sebagai suatu interaksi antara seseorang dengan suatu kelompok, tepatnya antara seorang dengan anggota-anggota kelompok setiap peserta didalam interaksi memainkan peranan dan dengan cara-cara tertentu peranan itu harus dipilah-pilahkan dari suatu dengan yang lain. Dasar pemilihan merupakan soal pengaruh, pemimpin mempengaruhi dan orang lain dipengaruhi.

    BalasHapus
  29. L07-Almira
    Leadership dalam bisnis sangat diperlukan karena berpengaruh dalam perkembangan bisnis yang dilakukan. Bahkan ada yang mengatakan bahwasanya leadership atau kepemimpinan merupakan sebuah karakter utama yang diperlukan dalam bisnis.

    BalasHapus
  30. @L19-Fauzi
    Menjadi pemimpin yang baik bukanlah mudah. Pemimpin yang baik bukanlah pemimpin yang keras, yang suka marah dan yang ditakuti. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu memimpin pengikutnya mencapai suatu tujuan tertentu. Pemimpin yang mempunyai karisma akan memudahkan mengarahkan staf atau pengikutnya.

    BalasHapus
  31. @L01-Panji
    Kepemimpinan itu harus berjiwa demokratis karena dalam menjalankan tugasnya harus penuh dengan tanggung jawab dan tidak memihak satu sama lain ,dan sebagai pemimpin harus berani mengambil keputusan yang bijak agar satu pihak atau pihak lain tidak kecewa,dan sebagai pemimpin harus berintegritas tinggi dan juga harus memiliki wawasan yang sangat luas

    BalasHapus
  32. @L09-Yulia

    Materi yang disampaikan pada hari ini mengenai kepemimpinan dan komunikasi. Dimana keduanya memiliki hubungan yang erat, karena pemimpin harus memiliki keahlian dalam komunikasi. Dengan komunikasi tercapai pula pengertian pemimpin yaitu seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain baik dalam dimensi organisasi, bawahan dll. Dan dari pengertian komunikasi adalah proses interaksi 2 arah untuk memberikan informasi kepada orang lain.

    BalasHapus
  33. @L33-Farhan

    Kepemimpinan adalah salah fungsi untuk mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi dan mengawasi orang lain agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah direncanakan sehingga mencapai sasaran dan tujuan organisasinya. Kemampuan kepemimpinan atau Leadership seorang Manajer akan sangat mempengaruhi kinerja organisasi terutama dalam hal pencapaian tujuan organisasinya.
    Kepemimpinan juga berarti proses mempengaruhi aktivitas kelompok dalam rangka perumusan dan pencapaian tujuan. Namun, kepemimpinan sering sulit didefenisikan secara tepat.

    BalasHapus
  34. @L29-Elvi
    1. Leadership=communication
    2. Communication to make opinions, feeling, information etc.
    3. The both have close relationship
    4. Leaders must have skills in communication.
    5. Essential qualities that define great leadership : enthusiasm, integrity, loyalty, commitment, empowerment

    BalasHapus
  35. @L37-Tania
    Kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi suatu kelompok kearah pencapaian tujuan. 
    Model gaya kepemimpinan yaitu:
    1. Demokratis
    2. Otoriter
    3. Partisipatif
    4. Bebas tindak (laisser faire)
    Dari model gaya kepemimpinan tersebut ada negatif dan ada positifnya, namun seorang pemimpin harus bisa menerapkan model gaya kepemimpinan yang sesuai dengan lingkungan atau keadaan

    BalasHapus
  36. @L35-Guntur

    Kepemimpinan dapat dikonsepsualisasikan sebagai suatu interaksi antara seseorang dengan suatu kelompok, tepatnya antara seorang dengan anggota-anggota kelompok setiap peserta didalam interaksi memainkan peranan dan dengan cara-cara tertentu peranan itu harus dipilah-pilahkan dari suatu dengan yang lain. Dasar pemilihan merupakan soal pengaruh, pemimpin mempengaruhi dan orang lain dipengaruhi.

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. @L24-Tasya

    Kepemimpinan adalah sifat yang dimiliki oleh seorang pemimpin untuk mempengaruhi setiap anggotanya.
    Model kepemimpinan itu da 4, yaitu:
    1. Demokratis itu tidak memaksa dan tidak memberi kebebasan
    2. Otoriter itu memaksa
    3. Laises faire itu membebaskan
    4. Situasional itu bertindk sesuai situasi

    BalasHapus
  40. L23-Nisa

    kepemimpinan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain, bawahan atau kelompokyg mengarahkan tingkah laku bawahan atau kelompok untuk mencapai tujuan suatuorganisasi atau kelompok.

    BalasHapus