Kamis, Maret 22

Tingkatkan kreativitas dan Inovasi barumu dalam Berwirausaha

@Proyek-L03, @Starup-L06, @L16-Mega, @L17-Humairoh, @L20-Nabila
Disusun Oleh:
Mega Puspitasari
Humairoh
Nabila Sofyan Aisya Putri

ABSTRAK
       Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana pentingnya kita berfikir kreatif dan inovasi dalam berwirausaha. Kreatif dan inovasi dalam berwirausaha merupakan kunci penting atau langkah awal yang sangat baik untuk memulai sebuah wirausaha, karena saat ini sudah banyak oang yang beralih profesi  sebagai wirausaha. Dengan banyaknya persaingan kita ditekankan untuk berfikir kreatif dan inovasi, agar kita dapat menciptakan hasil produk yang terlihat inovasi barunya sehingga sesuatu yang kita ciptakan memiliki nilai kreatifitas dan nilai jual yang tinggi.

Keyword: Kreativitas, inovasi, kunci utama, nilai jual, menciptakan, wirausaha.

PENDAHULUAN
          Keativitas adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu yang baru dan berbeda,sedangkan inovasi merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu yang baru dan berbeda. Sesuatu yang baru dan berbeda tersebut dapat dalam bentuk hasil seperti  barang dan jasa, dan bisa dalam bentuk proses seperti  ide, metode, dan caera. Sesuatu yang baru dan berbeda yang diciptakan melalui proses pemikiran kreatif dan bertindak inovatif merupakan nilai tambah (value added) dan merupakan keunggulan yang berharga. Nilai tambah yang berharga adalah sumber peluang bagi wirausaha. Ide kreatif akan muncul apabila wirausaha “look at old and think something now or different”. Sukses kewirausahaan akan tercpai apabila berfikir dan melakukan sesuatuyang baru atau sesuatu yang lama dengan cara-cara baru (zimmer, 1996).

PERMASALAHAN
1.   Bagaimana cara menemukan aspek penting dalam wirausaha yang kreatif?

2.   Bagaimana cara mengembangkan wirausaha yang kreatif dan inovasi?

3.   Bagaimana mencari faktor pendorong inovasi dalam berwirausaha?

4.   Bagaimana memahami suatu kretivitas yang merupakan kerja keras yang disadari?

PEMBAHASAN
       Menurut Sahlan Sulaiman dan Wasnab (1988:11) Adapun sumber menemukan pentingnya wirausahan yang kreatif adalah:

1. Imajinasi dan ide
           Imajinasi yangkreatif merupakan kekuatan yangtidak terbatas, misalnya meskipun seseorang yang hamper tidak pernah terbatas, misalnya tidak pernah keluar rumah tetapi dengan menggunakan imajinasinya is dapat melalang buana ke dunia sekitar. Imajinasi jauh lebih penting dari pada ilmu pengetahuan dan kekuatan mumi dari pikiran manusia.

2. Pengalaman ide
           Tahap proses kreatif ini sering kali dianggap sebagai tahap yang paling menyenangkan karena merupakan saatditemukannya solusi atau ide yang dicari oleh seseorang.

3.  Lingkungan kreatif
Kreativitas dapat berkembang dalam  suatu lingkungan yang tepat dan tidak ada perusahaan yang mempunyai manajer dan pemilik yang kreatif jika lingkungan yang mendukung berkembangnya kreativitas.

4.  Berfikir kreatif
Hasil penelitian terhadap otak manusia menunjukan bahwa fungsi otak manusia dibagi menjadi dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri, setiap bagian otak memiliki fungsi spesifik dan menangkap informasi yang berbeda.

    Menurut Jordan E. Ayan dalam bukunya Bengkel Kretivitas, mengungkapkan cara mengembangkan kreativitas, yaitu dengan cara C.O.R.E :
1. Cari tahu, kita selalu bertanya ketika mendapatkan permasalahan dan berfikiran untuk menjadi lebih jalan keluarnya.

2. Oleh keterbukaan, bersikaplah terbuka pada hal-hal baru, merki terasa aneh dan janggal.

3. Kamu harus berani melawan arus, melakukan untung-untungan bahkan jadi bahan tertawaan.

4. Teruslah bersemangat dalam melakukan sesuatu, kreativitas kamu akan muncul dengan sendirinya.

      Menurut (Robbins dan Coulter, 1999) Inovasi merupakan proses menerjemahkan ide dan merubahnya menjadi suatu produk, jasa atau metode yang berguna. Terdapat beberapa hal yang menjadi faktor pendorong inovasi, yaitu:

1. Variable struktur, meliputi struktur organisaasi, sumber daya yang dimiliki dan komunikasi yang terjadi dalam organisasi.

2. Variable budaya, meliputi penerimaan terhadap ambiguitas, toleransi terhadp hal-hal yang praktis, rendahnya control eksternal, toleransi terhadap resiko, tolerasi terhadap konflik, berfokus terhadap hasil, dan system yang terbuka.

3. Variable sumber daya manusia, meliputikomitmen tingggi terhadap penelitian dan pengembangan, tingkat keamanan pekerjaan, dan sumber daya orang yang kreatif.

      Memahami kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha merupakan kerja keras yang disadari. Kegagalan bagi orang yang kretif hanyalah merupakan variable penggangu untuk keberhasilan, dia akan mencoba lagi dan mencoba lagi hingga berhasil. Orang yang kreatif menggunakan pengetahuan yang kita semua memilikinya dan membuat lompata yang memungkinkan, mereka memandang segala sesuatu dengan cara yang baru pada dasarnya, kita semua adalah kreatif selama manusia bisa berfikir dengan baik, maka dia kreatif. Kreativitas dan inovasi tidak lebih dari proses berfikir dalam menghasilkan sesuatu. Menghasilkan bukan berarti dari yang tidak ada menjadi ada, kita bisa menghasilkan bentuk baru, format baru, bahan baru, dan sebagainya yang “baru”(Godon Dryden, 2000).

KESIMPULAN
      Dari  pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa kretivitas dan inovasi dalam bewirausaha sangat diperlukan apalagi dalam menghadapi persaingan di dunia usaha,oleh karena itu seorang wirausaha harus pintar mencari peluang dalam bisnis atau usaha

 DAFTAR PUSTAKA

1. Porwani Sri. 2016. Kreativitas dan inovasi wirausaha terhadap kualitas produk Big Art Project Palembang. Dalam http://www.academia.edu/27935366/KREATIVITAS_DAN_INOVASI_WIRAUSAHA_TERHADAP_KUALITAS_PRODUK_BIG_ART_PROJECT_PALEMBANG

2. Hakim Zainal. 2013. Kreativitas dan inovasi dalam wirausaha. Dalam http://www.zainalhakim.web.id/pengertian-kreativitas-dan-inovasi-dalam-wirausaha.html
Mulyadi Tedi. 2015. Proses kreativitas dan inovatif dalam kewirausahaan. Dalam http://budisma.net/2015/11/proses-kreativitas-dan-inovatif-dalam-kewirausahaan.html

3. Pasaribu Mangihot. 2017. Kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha. Dalam http://mangihot.blogspot.com/2017/02/pengertian-kreativitas-dan-inovasi.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar