Selasa, Maret 20

Wajib Kreatif untuk Generasi Millenials


Shovi  Putri @J13-Shovi , Gina Fauzia @J20-Gina , Dewi Utami @J29-Dewi

ABSTRAK
Tujuan dari artikel ini untuk mendorong minat usaha generasi millenial agar lebih kreatif dan berinovatif. Bisnis Ekonomi Kreatif sedang menjadi tren khususnya anak muda, karena jenis usaha kali ini mengedepankan inovasi maupun pembaruan terhadap bisnis yang sama sebelumnya.

Kata Kunci :
*jgn sampe lupa kata kunci kak :*  jika ada kekurangan bisa di koreksi camangatttt wkwkw*

PENDAHULUAN

       1.      LATAR BELAKANG
Tingginya tingkat mobilitas antar negara sebagai dampak dari globalisasi dan dibentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015 menyebabkan persaingan untuk dapat survive di dunia ini menjadi lebih keras. Belum lagi ditambah dengan naiknya tingkat inflasi yang terus terjadi dari tahun ke tahun, yang menyebabkan harga-harga kebutuhan pokok menjadi lebih mahal dan sulit dijangkau.
Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa, generasi millennial di Indonesia tidak boleh kalah dalam persaingan dengan anak-anak muda dari negara lain. Pendidikan yang tinggi saja ternyata tidak cukup, anak muda Indonesia zaman now harus dibekali dengan berbagai pengalaman dan soft skills yang baik. Nah, menjadi pribadi yang kreatif, aktif, dan inovatif tentu harus dimiliki dalam jiwa anak muda. Itu adalah syarat utama bagi generasi millennial untuk dapat bersaing dan menghadapi berbagai tantangan di dunia yang semakin dinamis ini. Dunia usaha atau dunia bisnis merupakan sebuah dunia persaingan. Ketika seorangwirausahawan menentukan bidang usaha yang dijalankannya, maka ia harus bersaing denganwirausahawan lain yang memiliki bidang usaha sama.
Dalam menjalankan usaha diperlukanadanya suatu ciri yang khas, baik produk maupun pelayanan, untuk dapat bertahan bahkan lebihunggul dalam persaingan dan menempatkan usaha tersebut berada di pilihan teratas masyarakat. Namun, tidak mudah untuk dapat bertahan bahkan unggul dalam suatu persaingan. Jadi berpikir kreatif dan inovatif harus dilakukan seorang wirausahawan dalam mengembangkan produk maupun pelayanan usahanya.Kreatif identik dengan sesuatu yang baru, bermanfaat, dan dapat diaplikasikan. Berpikir kreatif merupakan aktivitas yang memadukan keahlian, motivasi, dan kemampuan bepikir. Inovasiadalah perwujudan dari ide yang dimunculkan dalam kreativitas. Perwujudannya dapat dilakukandengan membuat sesuatu yang murni baru ataupun membuat baru melalui perbaikan sesuatuyang sudah ada sebelumnya.
2.      PERMASALAHAN
Kreativitas adalah bagaimana kita melihat dan melakukan sesuatu yang dianggap orang lain hal yang biasa, menjadi sesuatu yang luar biasa.
Tuntutan zaman sekarang yang megharuskan orang menjadi kreatif demi tetap bertahan pada persaingan. Ide dapat menjadi barang jual yang mahal. Orang kreatif yang menjual ide lah yang dapat menguasai ekonomi dan sektor lainnya.
Selain orang yang mejual idenya,orang yang memodifikasi ide orang lain juga dapat dikatakan kreatif, memodifikasi ide orang lain juga dapat mengahsilkan uang. namun memodifikasi perlulah dibedakan dengan menjiplak.
Kreativitas. Sesuai dengan yang telah kami bahas dibagian terdahulu nya yaitu membuat sesuatu hal nya yang telah ada di ubah menjadi hal yang lebih menarik dengan adanya ide-ide yang baru kedalam nya. Mengapa kreativitas itu penting? Bukan hanya dilingkungan wirausaha saja kreativitas itu dibutuhkan, disetiap segala sesuatunya di era ini, kreativitas sangat lah dibutuhkan. Apalagi bagi para pelaku usaha, jika tidak menerapkan kreativitas dalam pemasaran ataupun hal lainnya dalam usahanya tersebut maka usahanya tersebut cepat atau lambat akan termakan oleh zaman dan mati diperedaran.
3.      Pembahasan
Berikut cara menjadi kreatif.
Cara menjadi kreatif :
a. Milikilah keinginan untuk menjadi orang yang kreatif. Tantanglah otak agar dapat menemukan ide-ide cemerlang.
 b. Daya kreativitas yang seseorang miliki sebenarnya terbentuk dari pengalaman yang ia dapatkan. Kreativitas dapat timbul dari pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan formal hingga pengajaran dari orangtua atau lingkungan.
c. Seseorang dengan kreativitas tinggi mampu menciptakan sesuatu yang baru. Jika anda merasa tidak bisa mencipta, modifikasilah sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih baik. Atau, modifikasi hal yang sudah pernah anda lakukan.


4.      Studi kasus
Eddy (40) penjual bakso asal malang ini sangat gigih dalam menjual barang dagangannya, selain menjual bakso Eddy pun menjual bakmi digelaran dagangannya. Namun karena telah nyaman dengan konsep yang telah Ia miliki dari zaman Ia memulai usaha, maka eddy pun enggan meng-inovasi kan barang dagangannya dengan era yang berkembang ini, yaitu online. Sekarang bakso miliknya telah kalah dengan bakso-bakso online yang telah berani bersaing dipasarannya. Namun eddy tetap dengan pendiriannya yang tidak akan melakukan inovasi terhadap usaha bakso yang Ia milikinya. Sampai saat ini omset yang Ia dapat tidak meningkat, Malah cenderung menurun.

Daftar Pustaka 


Renanda, Raul. 2014. Mencuri Kreatifitas Desiner. Jakarta : Trans Media Pustaka.
Chen, Febe Victoria. 2014. Life Skill Wisdom from the Top. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama



Tidak ada komentar:

Posting Komentar