Selasa, April 3

Cara menjadi pemimpin yang baik dalam berwirausaha

KEPEMIMPINAN YANG BAIK DALAM
BERWIRAUSAHA



KELOMPOK @Startup-K05
PROYEK @Proyek-K05
Dibuat oleh:
(@K14-aditya)

(@K25-Hendra)
(@K05-frais)

ABSTRAK

Kita tahu bahwa di dalam suatu organisasi,perusahaan, atau yang lainnya mempunyai satu orang yang harus mengatur, membimbing dan menjadi kepala bagi anakbuah dan organisasi yang mereka jalankan, begitupun berwirausaha, pasti ada yang namanya pemimpin , namun bagaimana agar pemimpin tersebut mempunyai kemampuan kepemimpinan yang baik dalam berwirausaha .

KATA KUNCI : pemimpin,wirausaha.

PEMBAHASAN

Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah "melakukannya dalam kerja" dengan praktik seperti pemagangan pada seorang seniman ahli, pengrajin, atau praktisi.

Kewirausahaan (Inggris: Entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

Mengapa Kepemimpinan Penting dalam Berwirausaha:

1. Agar dalam pelaksanaan berwirausaha dapat terorganisir dengan baik.
2. Dalam berwirausaha dibutuhkan sosok yang dapat memimpin dan bertanggung jawab dalam mengurus dan mengelola suatu usaha.
3. Pemimpin adalah jabatan tertinggi yang memiliki tugas-tugas yang sangat penting dan vital dalam kewirausahaan seperti pengambil keputusan, penanggung jawab tindakan yang dilakukan oleh setiap bawahannya, memberikan wewenang, dan lain-lain.
4. Bila dalam mengelola suatu usaha tidak ada pemimpin, maka akan terjadi kekacauan dan kerancuan dalam pembagian tugas-tugas yang mengakibatkan kebangkrutan.
5. Pemimpin merupakan salah satu syarat utama dalam berwirausaha

Menjadi Pemimpin yang baik :

1. kreatif dan inovatif

jika kita ingin menjadi pemimpin yang abaik kita harus berfikir kreatif dan inovatif, pemimpin yang kreatif dan inovatif akan menghasilkan sesuatu yang baru dan selalu berbeda dari yang lain untuk kemajuan dan perkembangan usahanya pastinya .

2. Membagi tugas dengan tepat

Seorang pemimpin yang baik harus dapat membagi tugas dengan tepat, tugas pemimpin tidak harus memerintah anak buahnya , pemimpin juga harus membagi tugas , dan memberi tugas yang tepat terhadap anak buahnya masing-masing.

3. Skill komunikasi

Berkomunikasi secara baik dengan anggota harus dilakukan secara personal maupun publik, berkomunikasi dengan anggota juga dapat meningkatkan kinerja anggota yang kita pimpin,jika pemimpin tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan anggota maka akan sulit untuk kiita mengetagui kendala apa saja yang ada dalam perusahaan atau organisasi.
  
4. Membangun rasa percaya diri

Ini adalah suatu hal yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Jika saja pemimpin itu sendiri tidak percaya diri, bagaimana dia dapat memotivasi dan menanamkan semangat pada anggota kerjanya sendiri, akan sulit baginya untuk mengendalikan usaha yang dipimpinya.

5. Komitmen

Komitmen juga dibutuhkan oleh pemimpin dan juga anggota yang dipimpinnya , komitmen berfungsi untuk memegang teguh janji-janji yang dia ucapkan, jika kita berkomitmen untuk sukses dan kadang merasa lelah dengan perjuangan, maka kita harus ingat komitmen yang pertama kita inginkan.

6. Mampu menjadi contoh

Seorang pemimpin harus menjadi panutan yang baik dan menjadi contoh yang baik,dan teladan bagi anggotanya,dan menjadi sosok yang disegani anakbuah anda, otomatis anda akan dapat loyalitas dari anakbuah anda.

7. Berwawasan

Seorang pemimpin tidak harus sarjana, tidak harus paling pintar, tapi harus berwawasan yang luas, mampu membaca situasi yang ada disekitarnya, agar dapat mengatur strategi yang lebih baik lagi.
  
8. Bisa memotivasi orang lain

Hampir sama dengan skill berkomunikasi, anda harus menjadi motor energi bagi anggotanya ketika jenuh dan merasa lelah dan ada masalah dalam satu team.

9. Jujur dan adil

Dan inilah sikap yang paling penting dari ulasan di atas mengenai pemimpin yang baik dalam berwirausaha  dari seorang pemimpin. Kejujuran adalah sifat yang paling langka dan tidak banyak orang memiliki sifat jujur dan adil dalam berwirausaha. Jika kita memiliki sifat ini kita dapat mudah dicintai oleh orang-orang disekitar kita, bukan hanya itu kejujuran juga dapat menumbuhkan rasa saling percaya dalam team.



Contoh kasus

Ismuhadi





"Jika seseorang mengharapkan perubahan mulailah untuk menghadapi segala resiko dalam hidup, jangan jadikan hambatan sebagai alasan untuk berhenti tapi mulailah menata hidup dan siap untuk berhenti melihat masa lalu."
 Ismuhadi adalah pengusaha ikan hias asal subang, dari 1992-1998 tahun ia merintis usaha dengan seorang sahabatnya, setelah itu beliau mengikuti pelatihan di bogor tentang teori dan praktik dan disitulah ia mengetahui berbagai jenis ikan hias, setelah menekuni bidang tersebut terfikirlah beliau untuk berwirausaha sampai ia memiliki puluhan jenis ikan siklid dan cabang.
Dan walau hanya lulusan SD beliau tidak terfikir bahwa ia akan berhenti, namun ia berkerja keras bahwa ia akan sukses kemauan beliau yang tinggi, dengan keuletannya ia pun sukses hingga kini bisa menguliahkan anak-anaknya.
Sebelum menjadi pengusaha beliau mempunyai cita-cita bahwa ia ingin menjadi sodagar beras supaya tidak kekurangan makan seperti dulu.


kesimpulan

            Kepemimpinan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain, bawahan atau kelompok, kemampuan mengarahkan tingkah laku bawahan atau kelompok, memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang diinginkan oleh kelompoknya, untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok.
            Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.
Seorang pemimpin yang baik harus memiliki integritas (kepribadian), intelektual (pengetahuan), intelegensi (spiritual), skill atau kemampuan/keahlian, memiliki power atau dapat mempengaruhi orang lain, mau belajar, mendengar dan siap dikritik. Apabila ketujuh isi dari esensi/hakikat kepemimpinan tersebut telah dimiliki oleh seorang pemimpin maka pemimpin tersebut akan arif dan bijaksana

Daftar pustaka

https://id.wikipedia.org/wiki/Kepemimpinan
https://www.kompasiana.com/didiy46.kompasiana.com/artitujuandan-manfaat-berwirausaha_552b73316ea8347f4e8b45a8
http://nugraha0215.blogspot.co.id/2013/09/kepemimpinan-dalam-kewirausahaan.html

24 komentar:

  1. Nama : Natan
    NIM :43117110110

    Menurut saya artikel diatas sangat membantu. Membantu Seorang pemimpin yang baik harus memiliki integritas (kepribadian), intelektual (pengetahuan), intelegensi (spiritual), skill atau kemampuan/keahlian, memiliki power atau dapat mempengaruhi orang lain, mau belajar, mendengar dan siap dikritik. Apabila ketujuh isi dari esensi/hakikat kepemimpinan tersebut telah dimiliki oleh seorang pemimpin maka pemimpin tersebut akan arif dan bijaksana.

    BalasHapus
  2. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.

    BalasHapus
  3. Nama : Nabila Mahsa Irawan
    Nim : 44218110072

    menurut saya ini artikel yang baik dan mudah dipahami.
    artikel ini menjelaskan sekaligus memberikan cara untuk menjadi pemimpin yang baik dalam berwirausaha. dan saya setuju bahwa Seorang pemimpin yang baik harus memiliki integritas (kepribadian), intelektual (pengetahuan), intelegensi (spiritual), skill atau kemampuan/keahlian, memiliki power atau dapat mempengaruhi orang lain, mau belajar, mendengar dan siap dikritik. Apabila ketujuh isi dari esensi/hakikat kepemimpinan tersebut telah dimiliki oleh seorang pemimpin maka pemimpin tersebut akan arif dan bijaksana.

    BalasHapus
  4. Nama : Yusup Maulana
    NIM : 41416120114
    setelah membaca artikel ini saya mendapatkan wawasan tentang pemimpin. Seorang pemimpin memiliki kriteri seperti Interitas, inteletual, intelegensi dan skill yang memadai.

    BalasHapus
  5. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.

    BalasHapus
  6. Artikel ini sangat bagus dan benar , artikel ini menjelaskan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik harus memiliki integritas (kepribadian), intelektual (pengetahuan), intelegensi (spiritual), skill atau kemampuan/keahlian, memiliki power atau dapat mempengaruhi orang lain, mau belajar, mendengar dan siap dikritik. Pemimpin juga harus menentukan tujuan , memotivasi staff untuk mencapai tujuan

    BalasHapus
  7. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Di dalam suatu organisasi,perusahaan, atau yang lainnya mempunyai satu orang yang harus mengatur, membimbing dan menjadi kepala bagi anakbuah dan organisasi yang mereka jalankan, begitupun berwirausaha, pasti ada yang namanya pemimpin , namun bagaimana agar pemimpin tersebut mempunyai kemampuan kepemimpinan yang baik dalam berwirausaha .

    BalasHapus
  8. Nama : abdul Hadi hadzami
    Nim : 41318110064
    setelah membaca artikel ini saya mendapatkan wawasan tentang pemimpin. Seorang pemimpin memiliki kriteri seperti Interitas, inteletual, intelegensi dan skill yang memadai.

    BalasHapus
  9. Nama : Sandro Handika
    Nim : 41617110108

    menurut saya ini artikel yang baik dan mudah dipahami.
    artikel ini menjelaskan sekaligus memberikan cara untuk menjadi pemimpin yang baik dalam berwirausaha. dan saya setuju bahwa Seorang pemimpin yang baik harus memiliki integritas (kepribadian), intelektual (pengetahuan), intelegensi (spiritual), skill atau kemampuan/keahlian, memiliki power atau dapat mempengaruhi orang lain, mau belajar, mendengar dan siap dikritik. Apabila ketujuh isi dari esensi/hakikat kepemimpinan tersebut telah dimiliki oleh seorang pemimpin maka pemimpin tersebut akan arif dan bijaksana.

    BalasHapus
  10. nama : muhamad arya dwi pangga
    nim : 41617110087

    menurut saya untuk menjadi pemimpin harus memiliki gaya tertentu dalam komunikasi, seperti :
    1. The Controlling style
    Gaya ini merupakan gaya komunikasi mengendalikan
    2. The Equalitarian style
    Gaya ini merupakan gaya komunikasi dua arah yang
    didasarkan dengan aspek kesamaan.
    3. The Structuring Style
    Gaya ini merupakan gaya komunikasi yang terstruktur,
    dengan memanfaat pesan verbal secara lisan maupun
    tertulis agar perintah yang harus dilaksanakan tersebut
    jelas, penjadwalan tugas dan pekerjaan serta struktur
    organisasi
    4. The Dynamic Style
    Gaya ini merupakan gaya komunikasi agresif, yang biasanya
    sering digunakan atau dilakukan sales, marketing dan juru
    kampanye.
    5. The Relinguishing Style
    Gaya ini merupakan gaya komunikasi pemimpin yang dapat
    menampung atau menerima saran, serta pendapat atau
    gagasan orang lain, dibandingkan untuk memberi perintah
    kepada para bawahannya, meskipun pengirim pesan memiliki
    hak memberi perintah kepada orang lain.

    BalasHapus
  11. NAMA ; FREDI WIBOWO
    NIM ; 41617110115

    Saya setuju sekali dengan artikel ini. memang benar seorang peminpin haruslah memiliki sifat yang jurur,kreatif dan inovatif , berwawasan, mekiliki skill komunakasi yang baik, sehingga dapat dijadikan contoh bagi karyawan perusaaan dan bisa meningkatkan kinerja yang berimbas pada meningkatnya hasil dan kualitas produk yang dihasilkan.

    BalasHapus
  12. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Artikel ini sangat bagus untuk menambah pengetahuan para pembacanya dengan adanya artikel ini pembaca dapat mengetahui cara menjadi pemimpin yang baik dalam berwirausaha. Pemimpin yang baik dalam berwirausaha bukan saja hanya mampu meciptakan usaha tapi juga mampu memiliki kepribadian, pengetahuan, spiritual, kemampuan/keahlian, memiliki power atau dapat mempengaruhi orang lain, mau belajar, mendengar dan siap dikritik. pemimpin bukanlah hanya sekedar kata dan jabatan pemimpin adalah ia yang pastinya mampu mengayomi setiap anggotanya dengan baik.

    BalasHapus
  13. Nama : Septy luthfiani
    Nim : 43117110280

    Menjadi seorang wirausahawan sebenarnya adalah orang yang mampu memimpin diri sendiri dan juga perusahaan tempat ia memimpin para bawahannya. Kepemimpinan merupakan suatu pengaruh yang diberikan kepada orang lain untuk mempengaruhi tindakan mereka melalui komunikasi. Demi mencapai suatu tujuan dalam proses kepemimpinan, diperlukan usaha untuk membujuk orang lain untuk bekerja sama.

    BalasHapus
  14. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Dari artikel tersebut, kepemimpinan sangatlah penting dalam berwirausaha. Seorang pemimpin yang baik harus memiliki integritas (kepribadian), intelektual (pengetahuan), intelegensi (spiritual), skill atau kemampuan/keahlian, memiliki power atau dapat mempengaruhi orang lain, mau belajar, mendengar dan siap dikritik.

    BalasHapus
  15. Nama : Saripudin
    Nim : 41617110111
    Artikel Menarik dan bagus sekali, saya sangat setuju dengan 9syarat menjadi pemimpin yang baik.

    BalasHapus
  16. Nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    menurut saya Artikel ini sangat bagus, karena dapat menambah pengetahuan para pembacanya dengan adanya artikel ini pembaca dapat mengetahui cara menjadi pemimpin yang baik dalam berwirausaha. Pemimpin yang baik dalam berwirausaha bukan saja hanya mampu meciptakan usaha tapi juga mampu memiliki kepribadian, pengetahuan, spiritual, kemampuan/keahlian, memiliki power atau dapat mempengaruhi orang lain, mau belajar, mendengar dan siap dikritik. pemimpin bukanlah hanya sekedar kata dan jabatan pemimpin adalah ia yang pastinya mampu mengayomi setiap anggotanya dengan baik.

    Terimakasih

    BalasHapus
  17. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Dari artikel tersebut sudah sangat bagus, kita jadi bisa lebih belajar untuk menjadi pemimpin yang baik dalam berwirausaha, dengan menjadi seorang pemimpin kita harus bisa mempunyai pikiran yang kreatif dan inovatif, mempunyai skill yang bagus dalam berwirausaha, mempunyai komitmen dan berwawasan luas.

    BalasHapus
  18. Nama : Anenaya Nurul Afifah
    NIM : 43218110265

    Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat. Artikel ini menjelaskan tentang "mengapa kepemimpinan penting bagi wirausaha". Agar dalam pelaksanaan berwirausaha dapat terorganisir dengan baik. Dan dalam berwirausaha dibutuhkan sosok yang dapat memimpin dan bertanggung jawab dalam mengurus dan mengelola suatu usaha.

    BalasHapus
  19. Nama : Ezra Feroza
    NIM : 41617120059


    Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.Hal terpenting dalam berwirausaha adalah miliki seorang pemimpin yang kreatif dan inovatif . dengan adanya hal tersebut usaha yang dijalankan mampu berkembang dan sukses.

    BalasHapus
  20. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina

    Nim : 43218110083

    Sungguh artikel yang sangat bermanfaat khususnya bagi calon-calon pemimpin. Dari yang kita ketahui menjadi pemimpin yang baik bukanlah hal yang mudah tetapi setalah membaca artikel ini saya merasa untuk menjadi pemimpin yang baik bukan menjadi hal yang sulit. Karena dari artikel ini sudah dijelaskan dengan sangat baik dan lengkap bahkan ada contoh kasusnya juga yang mana mampu memberikan pemahaman yang lebih baik lagi

    BalasHapus
  21. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel ini memberikan ilmu bagi saya untuk bekal menjadi seorang pemimpin yang baik harus memiliki integritas (kepribadian), intelektual (pengetahuan), intelegensi (spiritual), skill atau kemampuan/keahlian, memiliki power atau dapat mempengaruhi orang lain, mau belajar, mendengar dan siap dikritik.

    BalasHapus
  22. Nama: Rosliana Jhon Febri S
    NIM: 43117110141

    artikel yang bermanfaat karena Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. dan Seorang pemimpin yang baik harus memiliki integritas, intelektual, intelegensi, skill atau kemampuan/keahlian, memiliki power atau dapat mempengaruhi orang lain, mau belajar, mendengar dan siap dikritik.

    BalasHapus
  23. Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
    Nim : 41617110063
    Menurut saya artikel ini sangat bagus karena di dalam suatu organisasi,perusahaan, atau yang lainnya mempunyai satu orang yang harus mengatur, membimbing dan menjadi kepala bagi anakbuah dan organisasi yang mereka jalankan, begitupun berwirausaha, pasti ada yang namanya pemimpin , namun bagaimana agar pemimpin tersebut mempunyai kemampuan kepemimpinan yang baik dalam berwirausaha.

    BalasHapus
  24. Nama : Priyo Hadi Prakoso

    Nim : 41314120089

    artikel yang sangat edukatif sekali. menurut saya hal terpenting dalam segi kepemimpinan adalah Percaya diri dan jiwa sosial. dalam kepercayaan diri yang kuat akan membawa keputusan yang tepat walaupun pasti ada resiko yang akan tertanggung nantinya. terimakasih

    BalasHapus