Rabu, April 18

FORMULASI MODEL KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI DALAM BERBISNIS



FORMULASI MODEL KEPEMIMPINAN DAN  KOMUNIKASI DALAM BERBISNIS




@J01-Yuli

@J02-Endra

@J03-Oky

@Startup-J01

@Proyek-J05




ABSTRAK
Artikel ini akan menjelaskan tentang model kepemimpinan secara umum dalam memimpin suatu organisasi dan gaya komunikasi yang diperlukan dalam bersosialisasi dengan para karyawan maupun mitra usaha untuk meningkatkan kepercayaan mereka terhadap kita maupun keputusan yang kita buat.
Kata Kunci : kepercayaan, model kepemimpinan, gaya komunikasi


PENDAHULUAN
Sebagai seorang pebisnis kita perlu mendapatkan kepercayaan dari para karyawan maupun mitra usaha dengan harapan agar mereka dapat mempercayai keputusan yang telah kita buat, namun terkadang kita dihadapkan dengan berbagai resiko yang muncul sebagai akibat dari beberapa keputusan bisnis yang kita laksanakan. Resiko tersebut terkadang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan mereka terhadap kita, oleh karenanya dibutuhkan sikap kepemimpinan disertai gaya komunikasi yang tepat untuk memperbaiki tingkat kepercayaan mereka terhadap kita.


PEMBAHASAN
A.MODEL KEPEMIMPINAN
1.      Kepemimpinan karismatik
Tipe kepemimpinan karismatik dianggap memiliki keistimewaan atau kelebihan sifat kepribadian dalam mempengaruhi pikiran, perasaan dan tingkah laku orang lain, sehingga para pengikut bersedia berbuat sesuatu yang dikehendaki oleh pemimpin.
Kelebihan Tipe Kepemimpinan Karismatik
·         Dapat mengkomunikasikan visi dan misi secara jelas.
·         Mampu membangkitkan semangat.
·         Mampu mendapatkan pengikut dengan masa yang besar.

Kelemahan Tipe Kepemimpinan Karismatik
·         Mudah mengambil keputusan yang berisiko karena menganggap bahwa pengikutnya sudah terlanjur percaya.
·         Para pengikut cenderung bersifat fanatisme.
·         Cenderung lebih percaya pada dirinya sendiri daripada anggotanya.

2.      Kepemimpinan otoriter
Tipe kepemimpinan otoriter bersifat satu arah dimana kewajiban dari bawahan adalah untuk mengikuti dan menjalankan perintah atasan.
Kelebihan Tipe Kepemimpinan otoriter
·         Dapat mengambil keputusan dengan cepat.
·         Bersifat tegas dalam memimpin.
·         Mudah melakukan pengawasan.

Kelemahan Tipe Kepemimpinan otoriter
·         Tidak ada Kreativitas dari anggota
·         Suatu saat dapat membuat keputusan yang monoton karena terbatasnya saran dan kritik dari anggota.

3.      Kepemimpinan demokratis
Tipe kepemimpinan demokratis ikut berbaur dan berada ditengah-tengah anggotanya. Pemimpin selalu memperhatikan kebutuhan kelompoknya dan mempertimbangkan kesanggupan kelompok dalam mengerjakan tugas.
Kelebihan Tipe Kepemimpinan demokratis
·         Keputusan dan kebijaksanaan diambil melalui diskusi.
·         Mengembangkan kreatifitas anggota.

Kelemahan Tipe Kepemimpinan demokratis
·         Proses pengambilan keputusan akan berlangsung lama.
·         Akan memicu konflik apabila keputusan yang diambil tidak sesuai.
4.      Kepemimpinan moralis
Kelebihan Tipe Kepemimpinan moralis
·         memiliki empati yang tinggi terhadap permasalahan para bawahannya.
·         Memberikan kebebasan kepada anggota dalam melaksanakan tugasnya.
·         Mengembangkan kreatifitas anggota.

Kelemahan Tipe Kepemimpinan moralis
·         Memiliki emosi yang tidak stabil sehingga terkadang mempengaruhi keputusan yang dibuat
·         Terlalu memberikan kebebasan kepada anggota.

B.GAYA KOMUNIKASI
1.      Controlling
Model komunikasi ini bersifat satu arah dari atasan ke bawahan dengan adanya satu kehendak atau maksud untuk membatasi. Pemimpin dengan model komunikasi ini cenderung membatasi adanya masukan dari anggotanya dan berharap anggotanya melakukan tugas sesuai dengan perintahnya.
2.      Equalitarian
Model komunikasi ini bersifat dua arah, baik dari atasan ke bawahan maupun sebaliknya. Pemimpin dengan model komunikasi ini melakukan penyebaran informasi secara terbuka kepada setiap anggota organisasi dan memberikan kesempatan bagi anggota untuk bertukar informasi dan gagasan kepada atasan maupun sesama.
3.      Struktural
Model komunikasi ini lebih memanfaatkan pesan-pesan verbal secara tertulis maupun lisan. Pemimpin dengan model komunikasi ini akan memberi perhatian kepada keinginan untuk mempengaruhi orang lain dengan cara memberikan informasi terkait tujuan organisasi, penjadwalan kerja, aturan kerja, prosedur kerja dalam organisasi.
4.      Dinamis
Model komunikasi ini memiliki kecenderungan agresif, karena pengirim pesan memahami bahwa lingkungan pekerjaannya berorientasi pada tindakan. Pemimpin dengan model komunikasi ini akan memacu anggotanya untuk bekerja lebih cepat dengan hasil yang lebih baik.
5.      Relingushing
Model komunikasi ini akan menerima saran, pendapat ataupun gagasan orang lain. Pemimpin dengan model komunikasi ini biasanya memiliki anggota yang sudah berpengalaman, berpengetahuan luas dan mampu bertanggung jawab atas setiap pekerjaannya.
Kisah Pebisnis sukses
















Lahir di surabaya dan menetap di kalimantan, Iwan Sunito adalah pengusaha property terbesar di Australia. Iwan memulai usahanya pada tahun 1994 dengan mendirikan perusahaan dalam bidang arsitektur. Pada tahun 1996, Ia dan kawannya Paul Sathio mendirikan perusahaan property bernama Crown Group. Setelah beberapa tahun perusahaan tersebut berdiri, pada 2008 terjadi resesi ekonomi yang mengganggu perkembangan perusahaan. Pada saat resesi itu, kata Iwan, hanya ada dua pilihan: memotong ongkos supaya perusahaan bisa tetap hidup, atau membuat proyek yang terbaik kualitasnya. Crown memilih yang kedua. Dengan membuat keputusan tersebut, “Pada masa-masa itu, hasilnya bukannya profit berkurang tapi malah berganda,” katanya dan setelah masa resesi ekonomi berlalu, perusahaannya kini sudah berkembang menjadi perusahaan property terbesar di Australia.



KESIMPULAN
Komunikasi dan model kepemimpinan yang baik adalah gabungan dari seluruh model Komunikasi dan model kepemimpinan yang diaplikasikan bergantung pada situasi dan kondisi baik individu atau kelompok yang dihadapi maupun berdasarkan faktor situasi yang sedang berlangsung pada perusahaan karena setiap model Komunikasi dan model kepemimpinan memiliki faktor kesuksesan yang berbeda-beda bergantung kepada situasi dan kondisi yang sedang berlangsung.




DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar