Rabu, April 11

HAL YANG PATUT DIKETAHUI SEBELUM DAN SESUDAH SUKSES



RICHA FITAMALA, K01-Richa
ZOLASCHA MEIRIZA, K07-Zolascha
YOAN AULIA FAHIRA, K38-Yoan

KODE KELOMPOK: Startup-K01

KATA KUNCI YANG DIGUNAKAN:
- Sukses
- Tantangan
- Hindari
- Pengusaha

Latar Belakang :
Sebuah kesuksesan sudah pasti butuh proses. Proses tersebut tidak terjadi dengan cepat dan tidak mudah untuk dilewati. Akan ada banyak hal yang harus kita lewati untuk mencapai kesuksesan. Tetapi rintangan-rintangan tersebut masih terus berlanjut meskipun kita sudah sukses. Oleh karena itu,kita perlu mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

Rumusan Masalah:
1. Apa saja tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai kesuksesan?
2. Apa saja hal yang harus dihindari saat sudah sukses?

Tujuan Pembuatan Artikel:
Agar para pembaca tahu apa saja yang harus dihadapi saat ingin mencapai kesuksesan dan setelah mendapatkannya.

Isi / Permasalahan:
1. Apa saja tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai kesuksesan?
Bagi orang-orang yang ingin menjadi pengusaha yang sukses, kita harus menghadapi hal-hal seperti:
   A) Kehilangan waktu untuk bersenang-senang
      Orang yang ingin menjadi sukses rela membuang waktunya demi mencapai target yang ingin diraih. Meskipun itu menghilangkan waktunya untuk bersenang-senang dan menikmati hidup di usia muda.
   B) Dihantui Rasa Takut
      Rasa takut disini adalah takut untuk menghadapi kegagalan/ kebangkrutan dalam usahanya.
   C) Rasa Malas Yang Selalu Datang
      Kemalasan dapat menghambat kita menuju kesuksesan. Hal ini dikarenakan kemalasan membuat kita malas untuk bergerak ataupun beraktivitas. Padahal dia bisa menggunakan waktu senggangnya untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat.
   D) Cepat Merasa Puas
      Manusia memang selalu merasa tidak puas. Namun hal ini merupakan sesuatu yang positif dalam hal kerja. Dalam dunia kerja, perasaan “tidak merasa puas” itu baik dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja kita agar perusahaan kita berjalan terus.
   E) Komentar Negatif Dari Orang Di Sekitarmu
     Ada bagusnya kalau kita tidak menghiraukan komentar yang membuat kita merasa tidak pantas untuk menjadi orang sukses.

2. Apa saja hal yang harus dihindari saat sudah sukses?
  Jika sudah sukses, kita tidak boleh lupa diri. Lupa akan semua hal yang telah kita lakukan sebelum mencapainya. Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari orang sukses:
  A) Tidak Bekerja Dalam Zona Nyaman
     Bekerja dalam zona nyaman cenderung membuat sesorang menjadi takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Mereka merasa nyaman dengan apa yang telah ada dan telah diraihnya.
  B) Belajar Terlebih Dahulu Sebelum Melakukan Sesuatu
     Meskipun sudah sukses, kita harus tetap belajar. Belajar banyak hal baru itu penting agar kita dapat memperluas wawasan sebagai seorang pengusaha. Dan belajar juga mencerminkan betapa gigihnya orang tersebut mempertahankan kesuksesannya.
     C) Mengelilingi Diri Dengan Orang Positif
        Kita harus bergaul dengan orang-orang yang berpikiran positif. Hal ini berguna untuk memotivasi kita dalam bekerja.
     D) Tidak Mudah Hilang Fokus Pada Sesuatu Yang Detail
        Bagi orang sukses, sesuatu yang sekecil apapun itu harus tetap diperhatikan.
     E) Tidak Takut Bertanya Dan Mmeinta Nasihat Orang Lain
       Meminta nasihat dari orang lain itu penting agar kita bisa instropeksi atau memperbaiki diri kita. Kita juga bisa melihat kesalahan yang telah kita perbuat selama ini.


Contoh Kasus


Berkarier sebagai pebisnis di usia muda diakui Brian Karno Jan bukan hal yang mudah. Pendiri Mendekor, e-commerce di bidang furnitur dan dekorasi ini mengatakan, seorang pengusaha muda harus keluar dari zona nyaman.
"Kita harus menjalani dunia yang tidak pasti. Hari ini bisa untung, besok bisa rugi," kata dia kepada HARIAN NASIONAL di Jakarta, Sabtu (3/6).
Menurut Brian, pebisnis tak sekadar merancang konsep. Namun, harus terjun langsung ke lapangan. Dia pun melakukan hal tersebut untuk melihat kondisi pasar hingga bertemu langsung dengan perajin yang menjadi mitra kerja.
"Proses itu tidak mudah, tapi bukan berarti ketika sudah memulai bisnis, semua lancar. Akan banyak cobaan," tutur Brian, yang mendirikan Mendekor ketika berusia 21 tahun.
Brian pun mengingatkan, kunci utama bertahan sebagai pebisnis yakni passion. Dia mengaku mulai berjualan sejak duduk di bangku SMP, termasuk berdagang kontak lens dan pakaian.
"Kita juga harus komitmen dan fokus pada bisnis yang dijalani," ujarnya.

Daftar Pustaka
  1. Susanti, 2012. Model Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Forum Ilmu Sosial, Vol. 39. 2018. Dalam : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=444798&val=5664&title=MODEL%20PENDIDIKAN%20KEWIRAUSAHAAN%20DI%20PERGURUAN%20TINGGI%20DALAM%20MENUMBUHKAN%20ENTREPRENEUR%20MUDA%20KREATIF%20DAN%20INOVATIF%20DI%20KOTA%20SEMARANG | diunduh, 15 Maret 2018
  2. Kao, John. 1989. Entrepreneurship, Creativity and Organization, Taxs, Cases and Readings,  Englewood cliffs, New Jesey,Prentice Hall.
  3. http://arryrahmawan.net/bagaimana-cara-menumbuhkan-kreativitas-bagi-entrepreneur/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar