Jumat, April 6

Komunikasi Dan Model Kepemimpinan



@L33-Farhan, @L35-Guntur, @L34-Yan, @Startup-L12 @Proyek-L05
Disusun Oleh: Guntur
Farhan
Yan S

Abstrak
komunikasi terhadap kinerja sebesar 16,08%, Hal ini berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan dan komunikasi terhadap kinerja karyawan sebesar 56,70%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa kepemimpinan dan komunikasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan.
Saran yang dapat sampaikan adalah, diharapkan pemimpin Untuk meningkatkan kinerja karyawan, diperlukan peranan pimpinan untuk memberikan kepemimpinan yang baik kepada para bawahan atau karyawan dengan cara memberikan inspirasi, semangat, dorongan serta pujian, penghargaan, dan mengadakan pengawasan agar bekerja dengan baik. Sebaiknya dalam memimpin bawahannya juga memperhatikan kebutuhan dan keinginan bawahan. Usaha yang dapat dilakukan adalah memberikan perhatian baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap prestasi bawahannya. Selain itu juga pada diri kita dapat menjalankan komunikasi dua arah antara pimpinan dan bawahan sehingga bawahan akan merasa dihargai keberadaannya.
KATA KUNCI
Kepemimpinan Dan Komunikasi
PENDAHULUAN
Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya tergantung dari kinerja sumber daya manusia yang terlibat di dalamnya. Permasalahan dalam skripsi ini adalah pengaruh kepemimpinan dan komunikasi terhadap kinerja pada diri kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan komunikasi dalam diri kita. diambil kesimpulan bahwa kepemimpinan dan komunikasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Saran yang dapat sampaikan adalah, diharapkan pemimpin padadiambil kesimpulan bahwa kepemimpinan dan komunikasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pada diri kita. Saran yang dapat sampaikan adalah, diharapkan pada diri kita untuk menjadi pemimpin yang berkualitas.
RUMUSAN MASALAH
1.      Apa itu Kepemimpinan ?
2.      Apa itu komunikasi ?
3.      Fungsi komunikasi dan model kepemimpinan ?
4.      Ada berapa para ahli tentang kepemimpinan ?
5.      Tujuan dari komunikasi dan model kepemimpinan ?
PEMBAHASAN
Komunikasi kepemimpinan merupakan salah satu topik yang menarik untuk dibahas keterkaitannya dengan komunikasi organisasi. Seorang pemimpin organisasi harus memiliki gaya komunikasi kepemimpinan yang tepat agar bisa membawa organisasinya mencapai tujuannya.
Konsep Komunikasi Dan Kepemimpinan
Pengertian komunikasi atau communication berasal dari bahasa latin communis atau dalam bahasa inggrisnya common berarti sama. Apabila kita berkomunikasi berarti kita dalam keadaan berusaha untuk menimbulkan suatu persamaan dalam  hal sikap dengan seseorang.  Jadi pengertian komunikasi secara harfiah adalah proses menghubungi atau mengadakan perhubungan.
KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan (leadership) adalah proses dalam mengarahkan dan mempengaruhi para anggota dalam melakukan berbagai aktivitas di suatu organisasi. Proses disini, bagaimana pemimpin menggunakan pengaruhnya untuk memperjelas tujuan organisasi pada bawahannya, memotivasi mereka untuk memcapai tujuan organisasi dan membantu menciptakan suasana kerja agar para karyawan bisa produktif dalam bekerja. Kepemimpinan merupakan hal yang penting untuk dimiliki seorang pemimpin, kemampuan untuk dapat mempengaruhi orang lain tanpa menggunakan kekuatan, sehingga orang yang dipimpinnya menerima sebagai sosok yang layak untuk memimpin.
Hal-hal yang menyebabkan seseorang menjadi pemimpin :
1.     Tradisi, menjadi pemimpin karena warisan/keturunan
2.     Kekuatan pribadi, menjadi pemimpin karena memiliki kemampuan, baik fisik maupun kecakapannya.
3.     Pengangkatan atasan, menjadi pemimpin karena diangkat oleh atasannya.
4.     Pemilihan, menjadi pemimpin berdasarkan hasil pemilihan yang sudah dilakukan Seorang pemimpin yang sukses adalah seseorang yang dapat menciptakan kerjasama antara internal environment, yakni keseluruhan perusahaan seperti karyawan, kegiatan produksi, pemasaran, administrasi, finansial, dan lainnya dengan external environment, yakni hal-hal luar yang dapat mempengaruhi perusahaan seperti perekonomian, teknologi, politik, kebijakan pemeritah, konsumen, kompetitor dan lainnya. 
Selain defenisi secara etimologis dan harafiah yang telah dikemukakan di atas, dapat diketengahkan juga defenisi kepemimpinan menurut beberapa ahli, diantaranya
1)        Joseph L. Massie/John Douglas: “... leadership occurs when one person induces others to work toward some predetermined objective
2)        Harold Koontx dan Cyril O’Donnel: “... it (leadership) may be defined as the ability to exert interpersonal influence, by means of communication, toward the achievment of a goal.
3)        G. R. Terry: “... leadership is the relationship in which one person, or the leader, influenceother to work together willingly on related tasks to attain that which the leader desires
Sehubungan dengan kedua dimensi tersebut, menurut Hadari Nawawi, secara operasional dapat dibedakan lima fungsi pokok kepemimpinan, yaitu:
1.      Fungsi Instruktif.
2.      Fungsi konsultatif.
3.      Fungsi Partisipasi.
4.      Fungsi Delegasi
5.       Fungsi Pengendalian.
DAFTAR PUSTAKA
Akbar.2017. Komunikasi Kepemimpinan Dalam Organisasi. Portal Ilmu Komunikasi Indonesia. Dalam https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-kepemimpinan ( Diakses 6 April 2018)
Dr. H. Abdullah Syarif, SH, MA. 2014. Peranan Komunikasi Dalam Kepemimpinan. Jurnal Al-Ishlah Dalam https://jurnalalishlah.wordpress.com/2014/09/06/peranan-komunikasi-dalam-kepemimpinan/ ( Diakses 6 April 2018)
Sandy Abdullah. 2014. Kepemimpinan Dan Komunikasi. PPPPTK Bidang Otomotif & Elektronika Malang. http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/edukasi/988-kepemimpinan-dan-komunikasi ( Diakses 6 April 2018)
Kaha, Herry. 2014. Kepemimpinan Komunikasi Dan Media Massa. Dalam http://herrykaha.blogspot.co.id/2014/05/kepemimpinan-komunikasi-dan-media-massa_499.html ( Diakses 6 April 2018)
Khazanah. 2014. KEPEMIMPINAN (FUNGSI, TANGGUNG JAWAB, DAN CIRI PEMIMPIN). Dalam https://blingjamong.wordpress.com/2014/02/07/kepemimpinan-fungsi-tanggung-jawab-dan-ciri-pemimpin/ ( Diakses 6 April 2018)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar