Kamis, April 5

Komunikasi Unggul Dalam Berwirausaha

 @L13-Huda , @L14-Khalil, @L15-Fateh, @proyek-L05, @Startup-L05
Oleh Huda, Gibran, dan Fateh




ABSTRAK
Dalam artikel ini akan dibahas tentang bagaimana seorang pemimpin dapat melakukan komunikasi dengan baik agar pesan yang ingin disampaikan dapat dapat diterima oleh bawahannya dengan baik dan gaya kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar tujuan dari suatu organisasi dapat tercapai. Lalu bagaimana seorang pemimpin tersebut dapat melakukannya ? selanjutnya akan dibahas dibawah ini.

KATA KUNCI : komunikasi, pemimpin, organisasi

PENDAHULUAN
Dalam kehidupan organisasi, gaya kepemimpinan seorang pemimpin adalah hal yang penting diperhatikan. Kepemimpinan dalam sebuah organisasi dituntut untuk bisa membuat individu-individu dalam organisasi yang dipimpinnya bisa berperilaku sesuai dengan yang diinginkan oleh pemimpin untuk mencapai tujuan organisasi. Maka dari itu seorang pemimpin haruslah bisa memahami perilaku individu-individu di dalam organisasi yang dipimpinnya untuk bisa menemukan gaya kepemimpinan yang tepat bagi organisasinya dan seorang pemimpin juga harus dapat berkomunikasi dengan anggotanya agar pesan yang ingin disampaikannya dapat diterima oleh anggotanya.

PERMASALAHAN
1.    Apa arti komunikasi dan bagaimana proses komunikasi ?
2.    Apa hubungan kepemimpinan dengan komunikasi ?

PEMBAHASAN
1.    Menurut Charles Colley komunikasi adalah mekanisme yang menyebabkan adanya hubungan antar manusia dan yang memperkembangkan semua lambang pikiran, bersama-sama dengan sarana untuk menyiarkannya dalam ruang dan merekamnya dalam waktu. Ini mencakup wajah, sikap dan gerak-gerik, suara, kata-kata tertulis, percetakan, kereta api, telegrap, telepon, dan apa saja yang merupakan penemuan mutakhir untuk menguasai ruang dan waktu.
Proses Komunikasi
Menurut Bovee dan Thill dalam kajian teori kelompok 3 proses komunikasi terdiri dari enam tahap, yaitu:
a)    Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan
b)    Pengirim merubah ide menjadi suatu pesan
c)    Pengirim menyampaikan pesan
d)    Penerima menerima pesan
e)    Penerima menafsirkan pesan
f)     Penerima memberi tanggapan dan umpan balik ke pengirim
2.    Komunikasi dengan kepemimpinan sangat erat hubungannya. Seorang pemimpin harus memiliki wawasan yang luas, jujur, bertanggung jawab , berani dalam mengambil keputusan, dan ia juga harus mempunyai keahlian berkomunikasi yang sangat baik. Karena komunikasi dapat menentukan berhasil atau tidaknya seorang pemimpin dalam menjalankan tugasnya. Setiap pemimpin pasti memiliki bawahannya dimana bawahannya tersebut akan mengeluarkan gagasan/ide yang akan dipaparkan. Sehingga seorang pemimpin tersebut dapat mengambil keputusan berdasarkan gagasan/ide tersebut.
Kepemimpinan yang berhasil mempengaruhi orang lain sangat ditentukan oleh keterampilan dan kemampuan menjalankan fungi komunikasi secara baik karenanya komunikasi yang baik dan menjadi efektif akan ditentukan pula oleh kepercayaan dan keyakinan seorang pemimpin dalam memimpin untuk mempengaruhi bawahan. Keyakinan dan kepercayaan hanya dapat terbentuk apabila pemimpin menyadari suatu lingkungan yang harmonis antara pimpinan dengan para bawahannya yang dapat benar-benar berkomunikasi dengan baik yang sejalan dengan makna fungsi komunikasi.

KESIMPULAN
Kepemimpinan itu merupakan intisari dari manajemen organisasi, sumber daya pokok, dan titik sentral dari setiap aktivitas yang terjadi dalam suatu organisasi. Kepemimpinan bertujuan untuk membantu orang untuk menegakkan kembali, mempertahankan, dan meningkatkan motivasi bawahan. Jadi pemimpin adalah orang yang membantu orang lain untuk memperoleh hasil-hasil yang diinginkan. Seorang pemimpin berperan sebagai seorang pemberi arah, seorang agen perubahan, seorang pembicara dan seorang pembina tim.

DAFTAR PUSTAKA
Onong Uchjono, Kepemimpinan dan Komunikasi, (Bandung: Mandar Maju), 1992.
 Drs. Arni Muhammad, Komunikasi Organisasi, (Jakarta: Bumi Aksara), cet 12, 2011.
Hassan, Abdullah dan Ainon Muhamad. 1998. Komunikasi untuk pemimpin.(Kuala Lumpur: Utusan Publication & Distributors Sdn. Bhd. )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar