Kamis, April 5

Komunikasi yang Efektif Bagi Seorang Pemimpin

@L26-Alvian, @L27-Bendy, @L30-Rayhan, @Proyek-L05, @Startup-L10
Oleh Alvian Fuadi, Bendy Emeraldi Alvaro, Rayhan Ismed




ABSTRAK
Dalam artikel ini akan dibahas tentang bagaimana komunikasi yang efektif bagi seorang pemimpin. Komunikasi bagi seorang pemimpin sangat perlu karena dengan komunikasi pesan yang ingin disampaikan oleh seorang pemimpin kepada bawahan akan terssampaikan. Nah lalu bagaimana menggunakan komunikasi yang efektif bagi seorang pemimpin ? Selanjutnya akan kita bahas dibawah ini.

KATA KUNCI : komunikasi, pemimpin

PENDAHULLUAN
Komunikasi merupakan salah satu faktor yang penting dalam menjalankan proses administrasi dan interaksi antar elemen pada suatu organisasi atau lembaga, baik internal maupun eksternal. Tanpa adanya jalinan komunikasi  yang  baik dan benar, maka kemungkinan semua proses di dalam organisasi/lembaga  tersebut  tidak akan dapat berjalan dengan maksimal dan sesuai  dengan yang  telah direncanakan. Kemampuan komunikasi yang baik akan sangat membantu semua proses yang  ada dalam  suatu  organisasi. Maka dengan itu seorang pemimpin harus efektif dalam menggunakan komunikasi.
PERMASALAHAN
1.      Apa arti dari komunikasi ? dan apakah itukomunikasi yang efektif ?
2.      Bagaimana cara melatih kemampuan komunikasi yang efektif ?

PEMBAHASAN
1.       Komunikasi
Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Dengan komunikasi, sikap dan maksud seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lainnya.
Lalu apakah itu komunikasi yang efektif ? Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi. Tujuan dari komunikasi efektif sebenarnya adalah memberikan kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi informasi dan penerima informasi sehingga bahasa yang digunakan oleh pemberi informasi lebih jelas dan lengkap, serta dapat dimengerti dan dipahami dengan baik oleh penerima informasi. Tujuan lain dari Komunikasi Efektif adalah agar pengiriman informasi dan umpan balik atau feed back dapat seinbang sehingga tidak terjadi monoton.
2.      Cara melatih kemampuan komunikasi yang efektif
Berikut lima cara untuk melatih kemampuan komunikasi Anda untuk menjadi pemimpin yang efektif :
1. Hilangkan jenjang antara kata-kata dan tindakan.
Semua tentang kepercayaan, ketika kita ingin anak buah kita mengikuti kepemimpinan dari kita, maka perilaku kita adalah cara berkomunikasi yang utama dan ketika tindakan tidak sepakat dengan kata-kata, maka yang ada hanya masalah.
2. Sederhanakan yang rumit.
Kesederhanaan dan tidak ribet merupakan hal yang berpengaruh dalam kepemimpinan. Pemimpin yang efektif akan menyederhanakan pemikiran dan strategi menjadi sederhana dan mudah diingat bagi kolega dan klien.
3. Dapatkan bahasa Anda sendiri.
Gunakan bahasa yang memang mewakili diri kita sendiri. Biarkan pandangan-pandangan kita mengalir dalam cara Anda berkomunikasi. Tentu saja banyak para pemimpin yang memilih bahasa resmi, namun akan lebih baik jika kita berkonsentrasi untuk menjadi berbeda dan nyata.
4. Memiliki kemampuan untuk “terlihat”
Kemampuan ini adalah menjadikan orang-orang penting di sekitar kita merasakan kehadiran kita dan apa yang kita tangani. Sediakan waktu untuk bercakap-cakap dengan rekan kerja dan anak buah. Perlihatkan bahwa kita terlibat dan peduli dengan mereka.
5. Perhatikan dengan mata dan telinga
Berhentilah, lihatlah, dan dengarlah. Ingatlah bahwa komunikasi efektif haruslah dua arah. Pemimpin yang baik tahu bagaimana menanyakan pertanyaan yang baik dan kemudian mendengarkan dengan mata dan telinga.

KESIMPULAN
Dari artikel ini dapat disimpulkan bahwa komunikasi itu sangat penting apabila kita berada dalam lingkungan organisasi. Pemimpin juga harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada bawahan agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan. Pemimpin juga harus mampu berkomunikasi dengan efektif, karena dengan begitu akan terjadi kesepahaman antara pemberi informasi dan penerima informasi. Dari komunikasi yang efektif ini dampaknya akan terasa bagi suatu organisasi, karena jika komunikasi dapat berjalan dengan baik suatu organisasi pun juga akan berjalan baik, begitupun sebaliknya. Sekian dan terima kasih.

DAFTAR PUSTAKA
-          Pak Gunawan.2013.Begini harusnya cara berkomunikasi seorang pemimpin. Dalam http://www.blog-guru.web.id/2013/06/begini-harusnya-cara-berkomunikasi.html
-          Franciskus Ariel.2012.Pentingnya berkomunikasi bagi seorang pemimpin. Dalam https://communicateur.wordpress.com/2012/11/17/franciskus-ariel-setiaputra-362012-078-komunikasi-science/
Berita Satu.2012.Cara komunikasi yang efektif bagi seorang pemimpin. Dalam http://www.beritasatu.com/perempuan/86219-5-cara-menjadi-pemimpin-berkemampuan-komunikasi-yang-efektif.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.