Kamis, April 19

Komunitas Menghasilkan Suatu Bisnis

@L26-Alvian, @L27-Bendy, @L30-Rayhan, @Proyek-L06, @Startup-L10
Oleh Alvian Fuadi, Bendy Emeraldi Alvaro, Rayhan Ismed







Abstrak
Sebuah komunitas dapat mengahasilkan bisnis? Tidak Percaya? Mari kita sama-sama memperlajari di dalam artikel ini. Artikel ini dibuat dengan tujuan agar menghasilkan sebuah bisnis dari sebuah komunitas, bukan hanya sekedar komunitas saja.

Kata Kunci
Bisnis, Komunitas

Pendahuluan
Sebelumnya pasti dari kita sudah sangat akrab mendengar kata komunitas, bahkan menjadi salah satu anggota dalam satu komunitas tertentu. Komunitas memang dijadikan sebagai sarana berbagi informasi penting tentang berbagai hal yang berhubungan dengan komunitas dan lingkungan itu sendiri. Komunitas yang baik juga yang bisa melakukan komunikasi solid antar anggotanya. Tapi sebenarnya tidak banyak orang yang sadar betapa pentingnya sebuah komunitas. Di luar dari setiap kegiatan dan pembahasan yang mereka bicarakan, sebenarnya komunitas memiliki manfaat yang sangat banyak.

Permasalahan
Apa yang dimaksud dengan komunitas bisnis?
Apa saja keuntungan yang didapat dari berbisnis komunitas?
Contoh bisnis komunitas yang sudah ada?

Pembahasan
Komunitas Bisnis adalah Perkumpulan dari sekelompok orang yang memiliki kesamaan nilai-nilai. Para anggota bisnis membentuk suatu komunitas yang saling berinteraksi antara satu sama lain demi kemajuan bisnisnya. Sebelum Trend internet meningkat, komunitas bisnis biasaya bertemu secara offline dalam sekala regional atau lokal. Namun, saat ini bisnis sudah menjamur di dunia maya sehingga komunitas bias terdiri dari orang-orang antar wilayah bahkan negara.

Berikut beberapa Manfaat komunitas bisnis: 
1.Jaringan Bisnis, dengan banyaknya orang yang tergabung dalam komunitas, Anda memiliki kesempatan mengenal pebisnis lain dari berbagai daerah dan latar belakang. Dengan begitu wawasan bisnis Anda akan berkembang dan bisa diaplikasikan pada bisnis yang sedang Anda jalankan.
2.Informasi, salah satu fungsi dari komunitas adalah mudahnya para anggota untuk saling bertukar informasi/pikiran atau sharing mengenai dunia wirausaha/bisnis. Anda akan menemukan ilmu yang terkadang tidak terdapat dalam teori bisnis. Sedangkan bagi yang belum memiliki usaha, perbincangan dengan orang yang sukses dengan bisnisnya akan semakin menumbuhkan keinginan Anda untuk segera memiliki usaha.
3.Relasi Bisnis, intensnya pertemuan/diskusi antar anggota dalam komunitas, baik itu dalam pertemuan offline maupun online menjadikan hubungan para anggota tidak sekadar hubungan biasa, sudah menjadi hubungan yang akrab dan emosional. Ketika dihadapkan pada suatu masalah, relasi bisnis bisa membantu dengan mendiskusikan bersama-sama atau memberikan solusi berdasarkan pengalamannya.

3 Komunitas Bisnis Terbesar di Indonesia
Online Seller Meetup adalah wadahnya para pebisnis online yang ingin terus mengembangkan usahanya, khususnya dengan memanfaatkan teknologi digital.
Melalui Online Seller Meetup Anda bisa mendapatkan edukasi dari para praktisi digital, networking serta mendapatkan akses pembiayaan yang mudah dan terjangkau dari KoinWorks sebagai pionir P2P Fintech Lending yang selalu setia dalam mendukung kemajuan UKM di Indonesia.
2. Boeatan
Boeatan adalah wadahnya para local crafters atau pengrajin Indonesia untuk saling berbagi ide, tips dan trik serta insight trend dalam mengembangkan usaha di bidang handmade/kriya.
Lewat Boeatan Anda akan belajar langsung dari para local crafters yang telah sukses membesarkan brand-nya melalui kelas semi-workshop yang dibuat intens serta mengusung materi dan tema yang sesuai dan relevan dengan tren pada masing-masing bidang usaha yang digeluti.
Wanita adalah manusia yang memiliki sejuta mimpi, dan masing-masing dari mereka memiliki cara tersendiri dalam mewujudkannya. Namun, terkadang ada keterbatasan diri dalam mewujudkan impian tersebut.
Melalui HerAction, Anda bisa mewujudkan impian dalam dunia bisnis melalui pengembangan karakter dan skill. Lewat komunitas ini kami akan membantu mempertemukan Anda dengan bebagai sosok wanita sukses yang dapat menginpirasi Anda dalam berbisnis.

Kesimpulan
Berkomunitas banyak sekali manfaatnya, bukan hanya sekedar berkumpul dengan sesame pencinta hobi atau barang. Tetapi Komunitas dapat menghasilkan suatu bisnis bersama, berbagi informasi, dan mewujudkan ide-ide yang dihasilkan.

Daftar Pustaka
-Haris, Aji Hogantoro.2015.Buat Apa Sih Komunitas dalam Bisnis?.Dalam http://mebiso.com/buat-apa-sih-komunitas-dalam-bisnis-ini-dia-jawabannya/
-Noviyanto, Ewanjaya.2017.3 Komunitas Bisnis Terbersar di Indonesia.Dalam https://koinworks.com/blog/komunitas-bisnis-terbesar-di-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar