Selasa, April 3

Memimpin Dengan Berkomunikasi

MEMIMPIN DENGAN BERKOMUNIKASI


ABSTRAK
Kepemimpinan sejak lama telah ada dan merupakan elemen penting dalam suatu organisasi / kelompok, baik formal maupun informal. Pemimpin perlu melakukan fungsinya secara proporsional agar pencapaian tujuan kelompok terjamin baik serta menghindari perilaku-perilaku non fungsional, karena dapat menghambat tercapainya tujuan. Sedangkan Komunikasi proses pengiriman (sending) dan penerimaan (receiving) pesan atau berita (informasi) antara dua individu atau lebih dengan cara yang efektif sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahaami.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Komunikasi

PENDAHULUAN
Dengan dibuatnya artikel ini, kami ingin memberikan informasi bagaimana orang bisa memimpin lewat komunikasi dan juga dapat membuka pikiran para pembaca yang ingin bisa memimpin suatu organisasi.

RUMUSAN MASALAH
1. Apa Itu Komunikasi?
2. Apa Itu Kepemimpinan?
3. Contoh Komunikasi Kepemimpinan

PEMBAHASAN
  •  Komunikasi
Komunikasi menurut Bapak Cooley bahwa komunikasi adalah suatu mekanisme suatu hubungan (relationship) antarmanusia dilakukan dengan mengartikan simbol secara lisan dan membacanya melalui ruang dan menyimpan dalam waktu.
Mr. A. Winnet mendefinisikan komunikasi sebagai bentuk peralihan maksud, sebuah proses untuk memberikan maksud melalui serangkaian tahapan atau aktivitas kepada penerima.
Karlfried Knapp membuat pengertian komunikasi yang lebih rumit yaitu komunikasi adalah sebuah interaksi antarpribadi (Interpersonal interaction).
Berdasarkan beberapa pengertian dan definisi komunikasi diatas, dapat kita lihat bahwa dapat digolongkan menjadi tiga pengertian utama komunikasi, yaitu pengertian secara paradigmatis, etimologis dan terminologis.
Pengertian komunikasi Secara paradigmatis berarti pola yang meliputi sejumlah komponen berkorelasi satu sama lain secara fungsional untuk mencapa tujuan tertentu.
Pengertian komunikasi secara terminologis adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh seorang kepada orang lain.
Sedangkan secara etimologis, komunikasi berasal dari “communicatio”(latin) dan comminis (latin) yang berarti sesuatu yang dikomunikasikan.

  • Kepemimpinan
Ada banyak definisi mengenai pengertian kepemimpinan. Misalnya saja Kartono (2008) yang mengatakan bahwa kepemimpinan adalah sifat, kebiasaan, temperamen, watak dan kepribadian yang membedakan seorang pemimpin dalam berinteraksi dengan orang lain. Tokoh lainnya, Thoha (2010) juga mengatakan tentang definisi dari gaya kepemimpinan, dimana gaya kepemimpinan adalah norma prilaku yang digunakan oleh seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi prilaku orang lain atau bawahan.
Robbins (2003) juga memberikan pengertian kepemimpinan dalam organisasi, yaitu merupakan kemampuan mempengaruhi suatu kelompok kearah pencapaian tujuan. Jadi, secara umum dapat kita simpulkan bahwa kepemimpinan adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam memimpin bawahannya dalam rangka mensukseskan tujuan organisasi.

  • Contoh Komunikasi Kepemimpinan
Gaya (style of leadership) ternyata merupakan ringkasan dari bagaimana seorang pemimpin melaksanakan fungsi kepemimpinannya dan bagaimana ia dilihat oleh mereka yang berusaha dipimpinnya atau mereka yang mungkin sedang mengamati dari luar (Saul. W. Gellerman, 2003).

Gaya kepemimpinan mencakup tentang bagaimana seseorang bertindak dalam konteks organisasi tersebut, maka cara termudah untuk membahas berbagai jenis gaya ialah dengan menggambarkan jenis organisasi atau situasi yang dihasilkan oleh atau yang cocok bagi satu gaya tertentu (Miftah Thoha, 1995). Pada dasarnya di dalam setiap gaya kepemimpinan terdapat 2 unsur utama, yaitu unsur pengarahan (directive behavior) dan unsur bantuan (supporting behavior). Sedangkan berdasarkan kepribadian maka gaya kepemimpinan dibedakan menjadi (Robert Albanese, David D. Van Fleet, 1994) :

1.Gaya Kepemimpinan Kharismatis
2. Gaya Kepemimpinan Otoriter
3. Gaya Kepemimpinan Demokratis
4. Gaya Kepemimpinan Moralis

CONTOH KASUS

Image result for susilo bambang yudhoyono

Gaya Komunikasi SBY

Menurut John Baldoni dalam pengantar buku Great Communication Secrets of Great Leaders (2003), “ So in every real sense, leadership effectiveness, both for presidents and for anyone in a position of authority, depends to a high degree upon good communications skills”. keberhasilan seorang pemimpin, termasuk presiden, seseungguhnya sangat ditentukan oleh kepiawaiannya berkomunikasi. Melalui komunikasi, pemimpin membangun trust (kepercayaan) pada rakyat atau pengikutnya. Trust, menurut Crossman, seorang ahli propaganda-merupakan modal utama pemimpin. Jika rakyat percaya pada pemimpinnya, mereka biasanya akan mendukung kebijakan-kebijakannya. Pemimpin yang mampu melahirkan kepercayaan, besar kemungkinan juga mampu menggalang kerja sama, bahkan dengan unsur-unsur masyarakat yang selama ini bersikap sinis terhadap kepemimpinannya sekalipun (Gardener, 1990:33).

Tjipta Lesamana, memaparkan secara detail  bagaimana gaya dan pola komunikasi SBY. Tjipta menggambarkan SBY adalah sosok yangperfectionist, misalnya jika SBY tampil di publik, apalagi di tengah sorotan puluhan kamera wartawan, maka penampilannya sangat diperhatikan. Busana yang dandy, rambut yang disisir rapi, wajah ceria penuh senyum, tutur kata yang tertata rapi, seolah dikemas sangat prima sehingga nyaris “tidak ada cacat”.

Secara garis besar Prof. Tjipta Lesmana menilai SBY  seorang demokratis, menghargai perbedaan pendapat tetapi selalu defensif  jika dikritik. SBY ultra hati-hati dalam segala hal sehingga terkesan bimbang dan ragu. Konteks bahasa : antara tinggi dan rendah, tetapi kecenderungannya tinggi. Sebagai seorang perfectionist, SBY selalu berusaha berkomunikasi dengan bahasa tubuh dan verbal yang sempurna. Kata dan kalimat diucapkan jelas sekali, diperkuat oleh intonasi dan suara yang mantap.

Gaya Kepemimpinan SBY

Gaya kepemimpinan SBY oleh para pengkritinya, dianggap lamban, peragu dan sebagainya. Namun menurut Juwono Sudarso, kepemimpinan SBY adalah model rekontruktif. SBY sebenarnya ingin berperan sebagai rekonsiliator di panggung Indonesia karena melihat luka-luka dan hiruk-pikuk reformasi sejak Mei 1998 itu (telah) menimbulkan kegaduhan sehingga perlu diturunkan suhunya. Self-image-nya sebagai rekonsiliator mengharuskan SBY merangkul semua pihak. Ia berupaya keras untuk tidak menciptakan musuh. Sebaliknya, SBY terkesan kuat ingin membahagiakan semua orang.

Lebih lengkap bagaimana gaya kepemimpinan SBY dapat ditelusuri dari catatan Dr. Dino Patti Jalal dalam catatan hariannya Seni Memimpin A la SBY. Setiap pemimpin mempunyai sisi penampilan luar dan sisi dalam. Di luar ia bisa tampak tenang, walaupun ia konflik batin. Di luar ia bicara kemenangan, dalam hati berfikir mengenai resiko. Sisi luar SBY sudah banyak disorot media. Yang belum banyak diketahui adalah apa yang terjadi di belakang layar, dan di dalam kantor Prsiden. Dino mendapat berkah ‘the best seat in the class of history’, dapat menyaksikan langsung Presiden SBY dari samping dan belakangnya, membaca raut muka, melihat tetesan keringat, mengikuti liku-liku proses pemikirannya, dan memahami resiko yang diambilnya.

KESIMPULAN

Kepemimpinan (leadership) adalah proses dalam mengarahkan dan mempengaruhi para anggota dalam melakukan berbagai aktivitas di suatu organisasi. Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para bawahannya dapat berbeda-beda seperti; kepemimpinan otoriter, keepemimpinan partisipatif dan kepemimpinan delegatif. Sedangkan komunikasi adalah proses penyampaian dan pertukaran informasi sekurang-kurangnya antara 2 pihak yang berperan sebagai pengirim (sender) dan penerima (receiver) dengan menggunakkan berbagai media yang ada. Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para anggotanya dapat berbeda-beda. Hal ini disebabkan latar belakang pemimpin, budaya, organisasi, pengikut dan lingkungan.Bentuk komunikasi yang dilakukan pemimpin antar individu yang memiliki perbedaan budaya akan menimbulkan perbedaan karakter, sehingga membutuhkan penyesuaian agar kegiatan komunikasi dapat berjalan secara efektif.Faktor yang memengaruhi pola komunikasi dalam organisasi karena adanya komunikasi vertikal yaitu berdasar struktur jabatan dan komunikasi harisontal yaitu antar anggota dalam organisasi.

DAFTAR PUSTAKA

Afia Hidayat, Atep. Komunikasi dan Model Kepemimpinan. Makalah Kewirausahaan 6. Universitas Mercu Buana. 2018

Joseph A. Devito, (1997), Komunikasi antar manusia (edisi kelima), Profesional Books, Jakarta.

Wahyjosumidjo. (1984). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia

http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/edukasi/988-kepemimpinan-dan-komunikasi (DIUNDUH PADA TANGGAL 1 APRIL 2018)

13 komentar:

  1. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para anggotanya dapat berbeda-beda. Hal ini disebabkan latar belakang pemimpin, budaya, organisasi, pengikut dan lingkungan.

    BalasHapus
  2. Nama :Yusup Maulana
    NIM : 41416120114

    Artikelnya sangat memberi wawasan. Seperti apa yang di tuliskan dalam blogg ini seorang pemimpin harus dapat berkomunikasi dengan baik, komunikasi masuk ke dalam faktor penting dalam berjalannya dengn baik suatu organisasi.

    BalasHapus
  3. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para anggotanya dapat berbeda-beda. Hal ini disebabkan latar belakang pemimpin, budaya, organisasi, pengikut dan lingkungan.

    BalasHapus
  4. Nama : Nurring Tyas

    NIM : 41617110119

    artikel diatas isinya sangat baik dan menambah informasi. bahwa dalam suatu kepemimpinan didalam suatu organisasi dimana gaya kepemimpinan adalah norma prilaku yang digunakan oleh seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi prilaku orang lain atau bawahan untuk mencapain suatu tujuan dalam organisasi tersebut.

    BalasHapus
  5. nama : muhamad arya dwi pangga
    nim : 41617110087

    arena komunikasi merupakan kunci untuk dapat membangun hubungan yang baik untuk mencapai tujuan bersama bahkan ketika munculnya masalah pun akan mudah mendapat solusi atau terselesaikan karena adanya komunikasi yang baik dengan para bawahannya. Komunikasi juga penting untuk menghindari salah paham ketika terjadi masalah. Dengan adanya komunikasi yang baik pula, akan membawa aura positif terhadap kinerja karyawan.

    BalasHapus
  6. NAMA ; FREDI WIBOWO
    NIM ; 41617110115

    menurut saya gaya kepemimpinan dalam sebuah perusahaan akan sangat mempengaruhi kebudayaan atau kebuasaan yang akan terjadi di lingkungan kerja, oleh karena itu seorang pemimpin haruslah memiliki jiwa kepemimpinan yang baik sehingga lingkungan kerjapun dapat terpengaruhi baik juga dan tujuan dalam organisasi tersebut dapat tercapai.

    BalasHapus
  7. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214

    komunikasi yang dilakukan pemimpin antar individu yang memiliki perbedaan budaya akan menimbulkan perbedaan karakter, sehingga membutuhkan penyesuaian agar kegiatan komunikasi dapat berjalan secara efektif. Dan dibutuhkan pemimpin yang sabar dalam hal menjelaskan, ataupun bagaimana setiap individu menangkap pembahasan. Karena tidak semua orang dapat cepat memahami maksud dan tujuan yang sama seperti orang lain.

    BalasHapus
  8. NAMA : IRMA JELITA NURAINI
    NIM : 44218120122
    Artikel yang sangat menarik, yang dapat saya simpulkan adalah untuk dapat memimpin dengan baik, maka kemampuan pertama yang harus dikuasai adalah berkomunikasi. Dengan mampu berkomunikasi, maka seorang pemimpin akan lebih mudah untuk melakukan fungsinya, yaitu memberikan motivasi kepada anggota tim, mendelegasikan tugas dengan tepat dan mengembangkan potensi para anak buahnya, sehingga tim akan semakin berkualitas. Tanpa kemampuan berkomunikasi yang mumpuni, semua fungsi tersebut tidak akan dapat dijalankan dengan baik.

    BalasHapus
  9. Nama : Saripudin
    Nim : 41617110111

    Artikel Yang menarik, Kepemimpinan dan Komunikasi saling berhubungan satu sama lain.

    BalasHapus
  10. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Dari artikel tersebut sudah sangat bagus, untuk menjadi seorang pemimpin kita harus mendengarkan pendapat dari bawahannya, karena dengan cara itu maka pemimpin dapat mengerti apa yang ingin disampaikan oleh bawahannya dan menjadikan pemimpin tersebut sebagai panutan bahwa ia adalah seorang yang terbuka pada segala jenis saran dan pendapat.

    BalasHapus
  11. Nama : Anenaya Nurul Afifah
    NIM : 43218110265

    Artikel ini sangat bagus karena untuk menjadi seorang pemimpin yang baik kita juga harus bisa berkomunikasi dan bersikap dengan baik.

    BalasHapus
  12. Nama : Ezra Feroza
    NIM : 41617120059


    Tipe Kepemimpinan seseorang berbeda-beda dan dipengaruhi beberapa sebab diantaranya latar belakang pemimpin dan budaya, namun harus bisa komunikasi yang diberikan ke bawahan dan tim dapat di serap dengan baik. Komunikasi terkadang menjadi hal yang disepelekan, padahal kesalahan dalam komunikasi dapat menimbulkan sebuah permasalahan yang runyam dalam relasi dua atau lebih orang. Sehingga pemimpin harus memiliki kepintaran dalam berkomunikasi.

    BalasHapus
  13. Nama: Rosliana Jhon Febri S
    NIM: 43117110141

    artikel yang bagus karena pemimpin dalam suatu organisasi sangatlah penting untuk mengatur dan memberikan arahan yang baik dan benar sesuai peraturan perusahaan atau organisasi dan memimpin dengan berkomunikasi adalah suatu mekanisme hubungan (relationship) pemimpin dalam mengarahkan dan mempengaruhi para anggotanya dalam melakukan berbagai aktivitas di suatu organisasi.

    BalasHapus