Minggu, April 1

MENGEMBANGKAN KEPEMIMPINAN DISEKITAR ANDA




@J08-Alifia (Alifia Ning Anggita)
@J09-Amanda (Amanda Afrilla)
@J18-Sacharissa (Sacharissa Alifa)
@J30-Resa (Resa Dara Yusita)
@proyek-J05, @Startup-J04

ABSTRAK

Seorang wirausaha harus pandai berkomunikasi. Selain pandai berkomunikasi seorang wirausahawan harus mampu menjalankan usahanya agar usahanya tersebut menjadi sukses di pasaran. Dan juga bagaimana caranya agar dapat mengembangkan kepemimpinan disekitar kita.

Keywords: berkomunikasi, sukses, kepemimpinan

PENDAHULUAN

Komunikasi merupakan salah satu faktor yang penting dalam menjalankan proses administrasi dan interaksi antar elemen pada suatu organisasi atau lembaga, baik internal maupun eksternal. Kemampuan komunikasi seorang pemimpin yang baik akan sangat membantu semua proses yang ada dalam suatu organisasi/lembaga.

PEMBAHASAN

Pengertian Komunikasi
Secara umum komunikasi didefinisikan sebagai proses penyampaian pesan dari komunikan dengan komunikator. Komunikasi dideskripsikan juga sebagai proses penukaran informasi tau ide untuk mencapai pemahaman bersama.

Berikut ini adalah pengertian komunikasi menurut para ahli :
  • James A.F. Stoner : Komunikasi merupakan proses dimana seseorang yang sedang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindah pesan.
  • Prof. Drs. H. A. W : Komunikasi adalah hubungan kontak antara manusia baik individu ataupun kelompok.
  • Djenamar. SH : Komunikasi adalah seni untuk menyampakan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain.
  • Lexicographer : Komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.

Komunikasi ini sangatlah penting dalam berbagai segi kehidupan manusia, terlebih dalam berorganisasi. Komunikasi organisasi ini erat kaitannya dengan komunikasi kepemimpinan. Komunikasi kepemimpinan adalah prosesyang dilakukan pemimpin (sebagai komunikator) kepada bawahan organisasinya (sebagai komunikan).

Model Kepemimpinan
  • Model Kontigensi Fiedler
  • Model Kepemimpinan Vroom – Jago
  • Model Kepemimpinan Jalur Tujuan
  • Model Kepemimpinan Situasional Hersey-Blanchard

Komunikasi Kepemimpinan

Komunikasi dalam sebuah kepemimpinan merupakan suatu unsure yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan tujuan yang akan diraih oleh suatu organisasi. Oleh karena itu seorang pemimpin hendaklah piawai dalam berkomunikasi baik itu verbal maupun non verbal. Di dalam sebuah organisasi pemimpin adalah sebagai komunikator. 

Pemimpin yang efektif pada umumnya memiliki kemampuan komunikasi yang efektif, sehingga sedikit banyak akan mampu merangsang partisipasi orang-orang yang dipimpinnya. Kepemimpinan sebagai suatu kemampuan meng-handel orang lain untuk memperoleh hasil yang maksimal dengan friksi sesedikit mungkin dan kerja sama yang besar, kepemimpinan merupakan kekuatan semangat/moral yang kreatif dan terarah.

Fungsi Komunikasi Kepemimpinan (Weihric dan Koontz)
  • Menetapkan dan menyebarkan tujuan organisasi
  • Mengembangkan rencana untuk mencapainya
  • Mengorganisasi SDM
  • Memilih, mengembangkan, dan menilai anggota organisasi
  • Mengarahkan, mengatur dan memotivasi
  • Mengontrol aksi/tindakan/kinerja

Manfaat Mempelajari Komunikasi Kepemimpinan

1.   Meningkatkan alur informasi
Komunikasi kepemimpinan memiliki fungsi informatif yang artinya proses pertukaran informasi atau ide antara atasan dan bawahan harus terlaksana dengan baik.

2.   Melancarkan regulasi
Komunikasi kepemimpinan juga berfungsi dalam menjalankan regulasi dalam perusahaan atau organisasi.

3.   Meningkatkan fungsi persuasive
Salah satu fungsi komunikasi kepemimpinan adalah membuat pemimpin bisa memberikan pengaruh kepada bawahannya untuk mengikuti arahan pemimpin tersebut.

4.   Membuat integrasi komunikasi organisasi
Adanya sistem komunikasi kepemimpinan yang baik juga bisa memperlancar proses komunikasi antar pegawai maupun pegawai dengan atasan dalam suatu organisasi.

KESIMPULAN

Proses berjalannya suatu usaha, diperlukan kerjasama kelompok demi mencapai tujuan bersama. Dan didalam kelompok, diperlukan seorang pemimpin yang mampu mengorganisir kelompoknya. Maka dari itu, dibutuhkan figure pemimpin untuk memperlancar proses komunikasi. Pemimpin yang baik, akan memberikan efek yang baik pula pada kelompoknya.

DAFTAR PUSTAKA

(di unduh 31/03/2018)



Moedjiono, Imam. 2002. Kepemimpinan dan Keorganisasian. Yogyakarta: UII Press

Munir, Abdullah. 2008. Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media




1 komentar: