Selasa, April 3

Kepemimpinan dan Komunikasi


 
Abstrak
            Kepemimpinan (leadership) adalah proses dalam mengarahkan dan mempengaruhi para anggota dalam melakukan berbagai aktivitas di suatu organisasi, sedangkan komunikasi adalah proses penyampaian dan pertukaran informasi sekurang-kurangnya antara 2 pihak yang berperan sebagai pengirim (sender) dan penerima (receiver) dengan menggunakkan berbagai media yang ada.  Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para anggotanya dapat berbeda-beda. Hal ini disebabkan latar belakang pemimpin,budaya, organisasi, pengikut dan lingkungan.Bentuk komunikasi yang dilakukan pemimpin antar individu yang memiliki perbedaan budaya akanmenimbulkan perbedaan karakter, sehingga membutuhkan penyesuaian agar kegiatan komunikasi dapat berjalan secara efektif.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Komunikasi, Gaya

Latar Belakang
            Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana teknik komunikasi serta kepemimpinan sehingga diharapakan artikel ini dapat memotivasi pembaca untuk menjadi pengusaha yang memiliki teknik kepemimpinan dan komunikasi yang baik. Dengan dibuatnya artikel ini diharapkan dapat membentuk pengusaha pengusaha yang lebih kompeten dibidang kepemimpinan dan komunikasi

Rumusan Masalah
1.   Apa itu kepemimpinan?
2.   Apa itu komunikasi?
3.   Apa itu komunikasi kepemimpinan?
4.   Apa saja macam-macam gaya komunikasi kepemimpinan?

Pembahasan
·     Apa itu kepemimpinan?
            Ada banyak definisi mengenai pengertian kepemimpinan. Misalnya saja Kartono (2008) yang mengatakan bahwa kepemimpinan adalah sifat, kebiasaan, temperamen, watak dan kepribadian yang membedakan seorang pemimpin dalam berinteraksi dengan orang lain. Tokoh lainnya, Thoha (2010) juga mengatakan tentang definisi dari gaya kepemimpinan, dimana gaya kepemimpinan adalah norma prilaku yang digunakan oleh seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi prilaku orang lain atau bawahan.
            Robbins (2003) juga memberikan pengertian kepemimpinan dalam organisasi, yaitu merupakan kemampuan mempengaruhi suatu kelompok kearah pencapaian tujuan. Jadi, secara umum dapat kita simpulkan bahwa kepemimpinan adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam memimpin bawahannya dalam rangka mensukseskan tujuan organisasi.
·     Apa itu komunikasi?
            Komunikasi adalah bagian penting dari mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan. Sehingga banyak ahli-ahli yang menjabarkan aspek-aspek tentang komunikasi. Antara lain menurut J.A Devito,1997 bahwa dari semua pengetahuan dan ketrampilan yang anda miliki, pengetahuan dan ketrampilan komunikasi termasuk di antara yang paling penting dan berguna. Sedangkan menurut  D.B.Curtis, 1992 kemampuan berkomunikasi menunjukan kemampuan mengirimkan pesan dengan jelas, manusiawi, efisien, dan menerima pesan-pesan secara akurat.
·     Apa itu Komunikasi kepemimpinan?
            Adalah proses komunikasi yang dilakukan pemimpin (sebagaikomunikator) kepada bawahan organisasinya (sebagaikomunikan). Dalam penerapannya, pemimpin dapat menggunakan berbagai macam jenis komunikasi kepemimpinan sesuai dengan gaya masing masing yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Jenis komunikasi kepemimpinan atau gaya komunikasi kepemimpinan wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Gaya komunikasi kepemimpinan ini harus digunakan pemimpin untuk mempengaruhi bawahannya untuk mencapai target organisasi.
            Komunikasi kepemimpinan yang baik akan memastikan tiap anggota organisasi bias mengerjakan tugasnya dengan baik. Dalam komunikasi kepemimpinan, terdapatbanyak aspek yang bias diperhatikan. Banyak pula teori komunikasi kepemimpinan yang patut untuk diketahui bersama.
            Dalam komunikasi kepemimpinan sendiri terdapat banyak jenis atau gaya yang dapat diterapkan. Biasanya gaya komunikasi kepemimpinan dipengaruhi oleh keperibadian personal dari pemimpin dan gaya kepemimpinannya dalam menjalankan organisasi.
            Gaya kepemimpinan ini biasanya didasarkan oleh beberapa pola dasar yakni mementingkan hubungan kerja sama, mementingkan pelaksanaan pekerjaan dan mementingkan hasil dari pekerjaan. Untuk mengetahui berbagai jenis komunikasi kepemimpinan, berikut adalah contoh gaya komunikasi kepemimpinan yang biasa digunakan.

1. Gaya Controlling
2. Gaya Equalitarian
3. Gaya Struktural
4. Gaya Dinamis
5. Gaya Relinqushing

            Gaya kepemimpinan mencakup tentang bagaimana seseorang bertindak dalam kontek sorganisasi tersebut, maka cara termudah untuk membahas berbagai jenis gaya ialah dengan menggambarkan jenis organisasi atau situasi yang dihasilkan oleh atau yang cocok bagi satu gaya tertentu (MiftahThoha, 1995).
            Pada dasarnya di dalam setiap gaya kepemimpinan terdapat 2 unsur utama, yaitu unsure pengarahan (directive behavior) dan unsure bantuan (supporting behavior). Sedangkan berdasarkan kepribadian maka gaya kepemimpinan dibedakan menjadi (Robert Albanese, David D. Van Fleet, 1994) :

1. Gaya Kepemimpinan Kharismatis
2. Gaya Kepemimpinan Otoriter
3. Gaya kepemimpinan Demokratis
4. Gaya Kepemimpinan Moralis

Contoh Kasus

Ir. H. Joko widodo


Gaya komunikasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipuji lantaran unik. Melalui gaya tersebut, Jokowi bisa merangkul semua kalangan.

"Gaya komunikasi Presiden ini unik, karena pendekatan komunikasinya bersifat non-konvensional," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melalui pesan singkat, Senin, 11 Desember 2017.
Hal ini sangat penting, sebab cara berkomunikasi menunjukkan bagaimana sikap pemimpin berinteraksi. Misalnya lewat blusukan atau yang terbaru lewat video blog (vlog).

Tjahjo melihat Presiden tidak mengedepankan aturan protokoler dalam gaya komunikasinya. Ketika berinteraksi Jokowi juga sangat interaktif dan tidak terkesan angkuh.

"Gaya komunikasi non-konvensional Bapak Presiden Joko Widodo sudah diterapkan sejak beliau menjabat sebagai Walikota Solo," sebut Tjahjo.

Dengan modal itu, Jokowi dianggap berhasil mengorganisir masyakarat. Sebab Presiden mampu memangkas jarak antara pemimpin dan rakyat yang dipimpin. Tjahjo juga menyebut mantan Walikota Solo sangat bisa mendengar aspirasi masyarakat.

"Semoga kita dapat meneladani hal-hal positif dari bapak presiden sekaligus memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur," sebut Tjahjo.

Kesimpulan
            Kepemimpinan (leadership) adalah proses dalam mengarahkan dan mempengaruhi para anggota dalam melakukan berbagai aktivitas di suatu organisasi. Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para bawahannya dapat berbeda-beda seperti; kepemimpinan otoriter, keepemimpinan partisipatif dan kepemimpinan delegatif. Sedangkan komunikasi adalah proses penyampaian dan pertukaran informasi sekurang-kurangnya antara 2 pihak yang berperan sebagai pengirim (sender) dan penerima (receiver) dengan menggunakkan berbagai media yang ada.  Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para anggotanya dapat berbeda-beda. Hal ini disebabkan latar belakang pemimpin, budaya, organisasi, pengikut dan lingkungan.Bentuk komunikasi yang dilakukan pemimpin antar individu yang memiliki perbedaan budaya akan menimbulkan perbedaan karakter, sehingga membutuhkan penyesuaian agar kegiatan komunikasi dapat berjalan secara efektif.Faktor yang memengaruhi pola komunikasi dalam organisasi karena adanya komunikasi vertikal yaitu berdasar struktur jabatan dan komunikasi harisontal yaitu antar anggota dalam organisasi. 

Daftar Pustaka
Afia Hidayat, Atep. Komunikasi dan Model Kepemimpinan. Makalah Kewirausahaan 6. Universitas Mercu Buana. 2018
Wahyjosumidjo. (1984). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.