Rabu, April 11

ONLINE SHOP, CARA ASIK BERBISNIS DI MASA KINI


RICHA FITAMALA, K01-Richa

ZOLASCHA MEIRIZA, K07-Zolascha
YOAN AULIA FAHIRA, K38-Yoan

KODE KELOMPOK: Startup-K01

KATA KUNCI YANG DIGUNAKAN:
- Modern
- Online Shop
- Online
- Bisnis
- Berdagang
- Mudah
- Internet


Latar Belakang :
Ada banyak cara untuk kita memulai peluang bisnis. Bagi kita yang baru ingin memulainya, tentu saja kita ragu untuk memulainya dengan cara apa. Cara pemasarannya pun juga harus diperhatikan. Hal ini diperlukan agar bisnis yang kita kelola berjalan dengan baik. Metode pemasaran yang sedang banyak dilakukan oleh masyarakat untuk saat ini adalah online shop atau berjualan secara online.

Rumusan Masalah:
1. Apa saja keuntungan membuka online shop?
2. Hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuka online shop?

Tujuan pembuatan artikel:
Agar pembaca tahu beberapa hal mengenai online shop.

Isi / Permasalahan:
1. Apa saja keuntungan membuka online shop?
Dalam memulai suatu bisnis, kita harus memperhatikan keuntungannya. Berikut adalah beberapa keuntungan membuka online shop:
a)        Sangat Praktis
   Bisnis online memudahkan penjual dan pembelinya dalam perniagaan. Hal ini dikarenakan pembeli tidak perlu pergi ke luar untuk membeli suatu barang atau jasa. Yang diperlukan hanya mengunjungi halaman toko online yang diinginkan.
b)  Modal yang tidak terlalu banyak
   Pada umumnya, pebisnis memulai usahanya dengan modal. Modal yang dipakai biasanya harus besar karena mereka harus menyewa tempat berjualan. Tetapi dengan adanya bisnis online, para pebisnis pun bisa memulainya di rumah tanpa modal yang terlalu besar.
c)  Banyaknya pengguna internet
Di zaman modern ini, masyarakat sudah banyak memakai internet. Hal ini menyebabkan pemasaran suatu barang dan jasa secara online bisa berkembang dengan sangat pesat.

2. Hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuka online shop?
  Sebelum membuka online shop, kita perlu memperhatikan hal seperti :

a)  Cara Anda mulai membangun toko online Anda

Saat ingin membuat online shop, kita perlu memperhatikan bagaimana tampilannya, bagaimana cara menentukan harganya, bagaimana cara mendapatkan supplier. Hal-hal seperti ini harus dipikirkan dengan sangat baik.
b)  Jenis pembayaran
   Metode pembayaran dalam online shop haruslah yang dapat dengan mudah dilakukan oleh pelanggan.
c)  Cara melayani pelanggan
    Untuk menanggapi kontak pelanggan diperlukan sistem yang efisien. Anda bisa menggunakan contact form atau engine live chat untuk memudahkan pelanggan mengontak Anda.
d)  Cara menentukan ongkos kirim
Ongkos kirim haruslah disesuaikan dengan biaya pengiriman aslinya (jika kita menggunakan jasa pengiriman barang).

Contoh Kasus

Hendrik Tio


Tiga belas tahun yang lalu, jika keputusan besar untuk total terjun dalam usahanya tidak jadi diambil, mungkin kini ia tidak akan menjadi seorang CEO dari perusahaan E-commerce terbesar di Indonesia, ialah Hendrik Tio pendiri situs Bhinneka.com. Dengan keadaan perkembangan internet yang masih
sangat minim pada tahun 1999-an, Hendrik Tio bersama beberapa rekan nya memberanikan diri untuk masuk dalam dunia bisnis yang belum terlalu diminati pada masa itu.
Dengan makin berkembangnya dunia internet saat ini, peningkatan akan tren jual beli online juga ikut terdorong naik dan makin populer. Namun tentunya bukan hal yang mudah untuk membuat basis website e-commerce yang mampu dipercaya dan menjadi pilihan bagi para konsumen dunia maya yang makin kritis dan dinamis. Paling tidak suka duka selama belasan tahun di dunia e-commerce tersebutlah yang menjadikan pijakan kuat bagi webstore besutan Hendrik Tio, Bhinneka.com.
Pada awalnya, Hendrik Tio bersama beberapa rekan sejawatnya yaitu Nicholas, Johannes, Darsono, dan Tommy berencana untuk melirik potensi dunia internet sebagai media pemasaran produk-produk IT yang mereka jual. Setelah diskusi yang cukup panjang, akhirnya ia memutuskan untuk total membuat sebuah webstore dengan nama Bhinneka.com sesuai dengan gerai toko nya yang bernama Bhinneka.

Hendrik Tio dan Inovasi Bisnis Ecommerce

Menurut beberapa sumber, saat ini webstore Bhinneka.com telah menduduki 1 dari 100 website yang paling banyak di kunjungi di Indonesia, dan dalam bidang e-commerce, Bhinneka sudah mampu masuk dalam jajaran teratas sebagai penyedia produk IT dan gadget yang berkualitas dengan harga yang dapat di buat “pas”. Maksudnya?
Mungkin banyak yang bertanya bagaimanakah Bhinneka di bawah kepemimpinan pria alumnus Universitas Sumatera Utara tersebut mampu menduduki posisi puncak dalam persaingan bisnis e-commerce di Indonesia saat ini. Lewat beberapa kesempatan, Hendrik memberikan bocoran serta tips dari pengalaman nya bertahun tahun mengelola situs Bhinneka.
Ia mengatakan untuk mampu bersaing di dunia bisnis internet ini, kita dituntut untuk memberikan inovasi bisnis yang matang dan mampu diterima oleh konsumen Indonesia yang terkadang masih berfikiran skeptis mengenai jual beli online. Salah satu nya adalah telah dikembangkanya system tawar menawar dari produk dari Bhinneka yang ingin di beli oleh konsumen.

Daftar Pustaka

Rustamaji,koko.2015.model bisnis konvensional, warabala dan E-commerce, Modul perkuliahan Kewirausahaan I Universitas Mercubuana, Jakarta

https://www.maxmanroe.com/hendrik-tio.html

Kuratko,  Donal F.  and  Richard  M,  Hodgets, 1995.  Entrepreneurship, A. Contemporary Approach, 3rd edition, the Dryden Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar