Rabu, April 4

PENTINGNYA KEMAMPUAN KOMUNIKASI BAGI SEORANG PEMIMPIN

Oleh:
Humairoh ( @L17-Humairoh )
Mega Puspitasari ( @L16-Mega )
Nabila Sopyan Aisya Putri ( @L20-Nabila )
@Startup-L06
@Proyek-L05

ABSTRAK
Bagi seorang pemimpin, kemampuan berkomunikasi adalah hal yang paling penting yang harus dimiliki. Karena tanpa memiliki kemampuan berkomunikasi, pemimpin tidak bisa menjalankan tugas utamanya yaitu mempengaruhi anggotanya untuk mencapai tujuan bersama. Jika tidak memiliki kemampuan ini, pemimpin bukanlah pemimpin yang sesungguhnya.

KATA KUNCI
Pemimpin , kepemimpinan , sifat pemimpin , komunikasi

PENDAHULUAN
Komunikasi adalah factor terpenting bagi seorang pemimpin untuk memimpin suatu organisasi atau kelompok. Tanpa adanya komunikasi, maka segala hal tak dapat berjalan dengan baik. Kemampuan berkomunikasi dengan baik haruslah dimiliki oleh seorang pemimpin karena dengan melakukan kominunikasi pemimpin dapat merangkul atau mempengaruhi semua anggotanya agar dapat mencapai tujuan organisasi atau kelompoknya.

PERMASALAHAN
1. Apa itu komunikasi ?
2. Bagaimana cara melakukan komunikasi yang baik?
3. Seberapa pentingnya komunikasi bagi pemimpin?



PEMBAHASAN
Komunikasi adalah "suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain" (Ruben Brent D dan Lea P Stewart, 2006).
       Komunikasi adalah sebuah proses yang memberikan gambaran siapa mengatakan apa dengan cara apa, kepada siapa dengan efek apa  ( Laswell ). Komunikasi sebagai proses komunikator memberikan stimulan yang umumnya terdiri atas lambang lambang bahasa (verbal atau non-verbal) sehingga terjadinya perubahan tingkah laku penerima/orang lain (Mr. Carl I. Hovland).
         Mr. William albi menghubungkan pengertian komunikasi sebagai sebuah proses sosial. Proses sosial yang dimaksud adalah proses pemberian pesan/lambang/simbol yang mana mau tidak mau akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku manusia dan adat kebiasaan.
Banyak sekali fungsi komunikasi yang bisa diambil dalam kehidupan sehari-sehari. Nah, dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari komunikasi.
1. Sebagai Informasi: Komunikasi memberikan suatu informasi yang diperlukan dari setiap individu ataupun kelompok dalam mengambil suatu keputusan dengan meneruskan data untuk menilai beberapa pilihan yang akan diputuskan.

2. Sebagai Kendali: Fungsi komunikasi sebagai kendali mempunyai arti bahwa komunikasi berperan untuk mengendalikan perilaku orang lain atau anggota dalam beberapa cara yang harus dipatuhi oleh semua pihak.

3. Sebagai Motivasi: Komunikasi memberikan dalam hal memotivasi melalui penjelesan yang dilakukan oleh para motivator.

Ada beberapa tujuan komunikasi, antara lain sebagai berikut:
1. Agar yang disampaikan komunikator bisa dimengerti oleh komunikan. Maka komunikator harus menjelaskan pesan utama dengan jelas dan sedetail mungkin.
2. Supaya bisa memahami orang lain. Dengan melakukan komunikasi, setiap individu bisa memahami individu yang lain dengan kemampuan mendengar apa yang sedang dibicarakan orang lain.
3. Supaya pendapat kita diterima orang lain. Komunikasi serta pendekatan persuasif adalah cara supaya gagasan kita diterima oleh orang lain.
4. Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai keinginan kita.

Ketika ingin melakukan komunikasi, dibutuhkan syarat-syarat tertentu. Adapun syarat-syaratnya antara lain sebagai berikut.
1. Source: Source atau sumber merupakan bahan dasar dalam penyampaian pesan untuk memperkuat pesan itu sendiri. Salah satu contoh komunikasi adalah orang, lembaga, buku dan masih banyak yang lainnya.

2. Komunikator: komunikator adalah pelaku yang menyampaikan pesan bisa beruapa seseorang yang sedang menulis atau berbicara, bisa juga berupa kelompok orang atau juga organisasi komunikasi seperti film, radio, surat kabar, televisi dan lain sebagainya.

4.Komunikan: komunikan merupakan penerima pesan dalam komunikasi yang bisa berupa seseorang, kelompok ataupun massa.

5. Pesan: pesan merupakan keseluruhan yang disampaikan oleh seorang komunikator. Pesan memiliki tema utama sebagai pengarah dalam usaha untuk mengubah sikap serta tingkah laku orang lain.

6. Saluran: Saluran adalah media yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan. Saluran komunikasi terbagi menjadi beberapa bagian, yaklni saluran formal atau resmu dan saluran informal atau tidak resmi.

7. Effek: Effek adalah hasil akhir dari suatu komunikasi yang terjadi.

    Seorang pemimpin tidak hanya dilihat dari besar kecilnya tanggung jawab, namun juga bagaimana ia mampu mengkomunikasikan setiap hal yang berhubungan dengan pekerjaan kepada seluruh staf dan rekan kerjanya. Rahasia kesuksesan seorang pemimpin tidak terlepas dari  kemampuan berkomunikasi. Sadar atau tidak, setiap individu yang hidup didunia ini  setiap harinya pasti harus dan selalu berhubungan dengan orang lain. Mayoritas seorang pemimpin ataupun orang yang sukses baik sukses dalam masalah financial, keluarga maupun dipekerjaan adalah orang yang pandai berkomunikasi dan pandai berbicara.
   Setiap orang memiliki alat komunikasi berupa  mulut , tetapi tidak semua orang bisa menggunakan mulutnya dengan baik sehingga membuahkan kesuksesan bagi mereka. Yang kita butuhkan sekarang agar tidak menjadi rata-rata orang adalah belajar hal-hal yang melatih otak kita untuk menjadi lebih baik lagi (Buckminster Fuller )
KESIMPULAN
    Siapapun orangnya sekalipun tidak pandai bicara asalkan mereka mau berubah dan belajar, mereka pasti bisa berhasil. Apalagi mereka yang sudah menjadi seorang pemimpin harus bisa dan mau untuk mengevaluasi diri untuk terus menjadi yang terbaik, khususnya didalam komunikasi , maka yang harus di perhatikan adalah kosakata, cara penyampaiannya, nada atau intonasi, dan hal-hal yang lainnya. Untuk itu diperlukan terus berlatih dan mengevaluasi, kemudian memperbaikinya lagi. Jika diperlukan tanyakan pendapat rekan Anda yang dapat memberikan masukan positif, agar mendapat penilaian yang objektif.

DAFTAR PUSTAKA
1. Tommy Suprapto, M.Si.2009. Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Yokyakarta:Media Pressindo

2. Wiryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi. Grasindo
http://hariannetral.com/2014/11/definisi-dan-pengertian-komunikasi-apa-itu-komunikasi.html ( Diakses pada 1 April 2018 )

3. https://satujam.com/pengertian-komunikasi/ ( Diakses pada 1 April 2018 )

4. https://duniatraining.com/1733/pentingnya-keterampilan-komunikasi-bagi-pemimpin/    ( Diakses pada 1 April 2018 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar