Jumat, Mei 18

DASAR BERBISNIS


ORGANISASI BISNIS
Rizky AP (@L08-Rizky)
M. Aldy Firdausi N. (@L11-Aldy)
M. Arief Afifuddin (@L12-Arief)
@Startup-L04, @Proyek-L07

ABSTRAK
Artikel ini ditulis untuk membantu dalam mengetahui dasar dan fungsi dari manajemen dalam suatu organisasi.

KATA KUNCI

Manajemen, Organisasi, Bisnis, Manajer, Organisasi Bisnis

PENDAHULUAN

Dalam suatu lingkungan bisnis kita memerlukan suatu organisasi yang akan mengatur jalannya bisnis di dalamnya. Dalam masyarakat yang bergerak maju, organisasi harus dikelola secara efektif. Oleh sebab itu, dalam rangka memperoleh tujuan berbisnis tersebut diperlukan peran organisasi yang optimal. Organisasi bisnis lebih menekankan pada tujuan profit atau keuntungan, karena dengan keuntungan itu organisasi bisnis dapat mempertahankan kelangsungan operasinya, organisasi tersebut dikenal dengan nama perusahaan.

PEMBAHASAN

Manajemen dapat didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan (termasuk perencanaan dan pembuatan keputusan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian) yang diarahkan pada sumber daya organisasi (tenaga kerja, keuangan, fisik dan informasi) yang bertujuan untuk mencapai sasaran organisasi dengan cara yang efisien dan efektif (Menurut R.W. Griffin dalam bukunya yang berjudul Management, 2013:5).

Secara etimologi, kata manajemen berasal dari Bahasa Perancis kuno yaitu Mḗnagement, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”.

Manajemen adalah suatu cara/seni mengelola sesuatu untuk dikerjakan oleh orang lain. Untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien yang bersifat masif, kompleks dan bernilai tinggi tentulah sangat dibutuhkan manajemen.

4 fungsi pokok manajemen

1.   Planning (merencanakan): menerapkan tujuan dan menentukan cara-cara untuk mencapai tujuan

2.  Organizing (mengorganisasikan): mengatur pekerjaan-pekerjaan, orang-orang dan sumber-sumber daya untuk mencapai tujuan

3.     Leading (memimpin): memotivasi, mengarahkan, mendorong dan mempengaruhi orang-orang untuk bekerja keras meraih tujuan organisasi

4.   Controlling (mengontrol): memantau kinerja, membandingkan dengan tujuan, dan mengambil langkah-langkah perbaikan

Orang yang bergerak di bidang manajemen disebut “manajer”. Manajer berorientasi kepada pekerjaan, manusia, sumber daya dan pencapaian.

Untuk dapat berjalan dan mencapai tujuan tertentu, maka manajer membutuhkan suatu wadah yang disebut dengan organisasi.

Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan kordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu (Griffin,2002).

Seorang manajer yang baik adalah menajer yang mampu membentuk orang yang dapat menggantikannya.

Baik buruknya kualitas suatu organisasi di tentukan oleh baik buruknya seorang manajer dalam memilih sumber daya dan orang yang tepat untuk ditunjuk dan dipercayakan menempati kedudukan dalam organisasi tersebut.

Secara terminologis, bisnis adalah sebuah kegiatan atau usaha. Biasa juga dikatakan sebagai suatu aktivitas terpadu yang meliputi pertukaran barang, jasa atau uang yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih yang mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan.

KESIMPULAN

Organisasi bisnis adalah suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit).

DAFTAR PUSTAKA

Nuansata. 2017. Pengertian Dan Dasar Manajemen, Untuk Memulai Bisnis Yang Wajib Anda Ketahui. http://nuansatani.com. Di akses pada tanggal 18 Mei 2018.

Windasirumapea. 2012. Manajemen Dan Organisasi Bisnis. https://windasirumapea.wordpress.com. Di akses pada tanggal 18 Mei 2018.

DAFTAR LINK

http://www.lepank.com

1 komentar: