Selasa, Mei 15

DASAR MANAJEMEN: FUNGSI, UNSUR DAN TUJUAN.

@J08-Alifia (Alifia Ning Anggita)
@J09-Amanda (Amanda Afrilla)
@J18-Sacharissa (Sacharissa Alifa)
@J30-Resa (Resa Dara Yusita)
@proyek-J07, @Startup-J04

ABSTRAK

Sangat di perlukan sekali manajemen dalam berbisnis. Ini dikarenakan dalam berbisnis kita membutuhkan pengorganisasian, pengawasan, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan terhadap kinerja bawahan kita. Maka dari itu, dalam dunia bisnis kita membutuhkan manajemen yang baik, agar perusahaan kita bisa berjalan dengan baik, dan tidak kacau balau kedepannya.

Keywords: Perlunya manajemen dalam berbisnis


PENDAHULUAN

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Dimana di dalamnya terdapat macam atau jenis personalia, staffing procces, perencanaan sdm, penentuan kebutuhan jabatan, pengembangan sumber-sumber penawaran personalia, penarikan dan seleksi karyawan, seleksi karyawan, proses seleksi karyawan, latihan dan pengembangan karyawan, kompensasi, factor yang mempengaruhi tingkat upah, metode pengupahan, upah intensif. Tujuannya adalah untuk memperbaiki efektifitas kerja dalam mecapai hal – hal yang telat di tetapkan.

PEMBAHASAN

Pengertian Manajemen

Secara umum, manajemen dapat diartikan sebagai seni pengorganisasian, yang menyusun perencanaan, membangun sebuah organisasi dan pengorganisasian, pergerakan, dan mepengendalian atau pengawasan dalam sebuah perusahaan. Dengan kata lain, manajemen adalah suatu ilmu pengetahuan yang dimana dalam ilmu tersebut kita dapat belajar mengapa dan bagaimana manusia saling bekerja sama.
Secara etimologis, pengertian manajemen adalah sebuah seni yang dimana pelaksanaannya untuk mengatur, dimana dalam prosesnya untuk mendapatkan tujuan dalam berorganisasi, sebagai usaha bersama dengan beberapa orang dalam organisasi tersebut.

Pengertian manajemen menurut para ahli

1. Lawrence A. Appley
Manajemen adalah seni untuk mencapai tujuan tertentu yang dilakukan oleh orang lain atau usaha orang lain.

2. James A.F.Stoner
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pegorganisasian, leadership, serta pengendalian upaya dari anggota orgaisasi tersebut serta penggunaan sumber daya yang tersedia di organisasi tersebut guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan organisasi seelumnya.

Fungsi, dan unsur-unsur dalam manajemen :

1.    Fungsi

a. Perencanaan – bertujuan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan untuk memenuhi tujuan perusahaan tersebut.
b.  Pengorganisasian – pembagian tugas menjadi lingkup yang lebih kecil dalam sebuah devisi.
c.  Pengarahan – mengarahkan anggota kelompok agar kelompok yang diarahkan dapat mencapai sasaran sesuai dengan apa yang telah direncakan dari awal.

2.    Unsur-unsur manajemen

a.    Manusia (SDM) – untuk menjalkan tujuan perusahaan
b.    Uang – keuntungan yang didapat dari tujuan tersebut
c.    Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk dijual dipasaran
d.    Mesin – kemudahan untuk proses produksi barang
e.    Metode – penetapan cara pelaksanaan kerja
f.     Pasar – pemasaran barang yang dihasilkan dari perusahaan

3.    Tujuan manajemen

a.    Tujuan social
b.    Tujuan organisasional
c.    Tujuan fungsional
d.    Tujuan individual

Tingkatan manajemen

1.    Manajemen tingkat atas (top management)
Tingkat manajemen yang paling tinggi, dimana tugasnya bertanggung jawab langsung teraadap seluruh aktivitas organisasi. Contohnya : presdir direktur, dewan direksi, dll.

2.    Manajemen tingkat tengah (middle management)
Manajemen yang berada di tengah-tengah, dimana tugasnya untuk mengembangkan rencana sesuaidengan tujuan dan arahan yang telah direncanakan oleh top manajer dan memberi tahukan kepada top manajer pada setiap devisi. Contohnya : kepala pengawas, kepala departemen dan lain-lain.

3.    Manajemen tingkat bawah (lower management)
Manajemen yang berada paling bawah , dimana tugasnya memimpin dan mengawasi langsung tenaga-tega oprsional. Contohnya : mandor, supervisor, kepala keksi, dll.

Alasan dibutuhkan manajemen dalam perusahaan

Alasannya karena, seluruh pekerjaan dan tugas dalam organisasi sangat beragam sehingga sangat perlu diperlukan adanya pembagia tanggung jawab dalam menyelasaikan tugas, pedoman pemikiran dan tindakan kegiatan organisasi dan yang terakhir manajemen yang baik dapat meningkatkan kinerja dari semua potensi yang dimiliki.

KESIMPULAN

Secara umum aktifitas menajemen ada dalam setiap organisasi yang diarahkan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Terlebih dalam kegiatan manajemen organisasi, untuk mengelola organisasi bisnis diperlukan pengelolaan atau manajemen serta orang yang bertanggung jawab yang disebut manajer. Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.

DAFTAR PUSTAKA









Tidak ada komentar:

Posting Komentar