Rabu, Mei 2

Entrepreneurship It's Not a Business but It's SOUL


A.    Pendahuluan
Berikut merupakan hasil seminar kewirausahaan yang dilakukan pada rabu 11 april 2018 di ruang pertemuan masjid Manarul Amal.

Kata kunci : mimpi,cita-cita,produk,pasar

PT. Sato Teknik Indonesia, adalah perusahaan yang bergerak di bidang  Natural Gas Services, yang didirikan oleh engineer-engineer yang telah berpengalaman puluhan tahun di dunia EPC di Indonesia. Dengan pengalaman yang dimiliki oleh masing-masing pendirinya, kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik bagi customer kami. Komitmen ini akan selalu membuat kami menjadi perusahaan yang terpercaya.

    
2@@B.  How to Find Wonderful Bussiness Idea ?


 Pembicara Seminar : Aditytianto , CEO PT.Sato Teknik Indonesia

“Entrepreneur bukan bisnis tapi soul

I. Proses :

1.      INKUBATOR :merupakan wadah belahjar bisnis
       Contoh : seminar,pelatihan dan acara pengerahan lainnya

2.      MODAL         : mengumpulak modal dari menabung dan bekerja
3.      NETWORK    : kita harus beradaptasi denga dunia bisnis yang sekarang ini sudah serba internet, memperluas pergaulan juga dapat dilakukan dengan cara ini. Pergaulan yang luas dapat membantu bisnis juga
4.      PENGALAMAN       :pengalaman bekerja, menjadi pekerja di usaha orang juga dapat menjadi modal untuk membuka usaha sendiri, kuncinya bekerja dengan sungguh-sungguh samil belajar.
II. Mimpi dan cita-cita
Mimpi
Mengharapkan sesuatu namun kita tidak terbayang cara menggapainya
Cita-cita
Mengharapkan sesuatu dan kita tahu cara menggapainya.

Mimpi dan cita-cita dapat digambarkan dengan analogi naga, 

seseorang  ingin mencapai kepala naga yang sangat tinggi dan sulit utuk dicapai
pemimpi : ia hanya melihat naga itu dan menginginkan berada dikepala naga tanpa tahu harus berbuat apa (tidak dijalan)
orang yang bercita-cita : ia berusaha untuk menaiki naga itu walau hanya diujung ekor naga,ia sudah mendapat jalan untuk kepuncak meski masih berada dititik terendah (sehingga ia dapat merencanakan jalannya)
III. Lebih Baik Produk Bagus atau Produk yang diinginkan Pasar ?
·         Sebagai wirausaha tentulah kita bangga apa bila dapat meghasilkan produk yang bagus, namun apa yang terjadi apa bila produk bagus ini tidak diminati pasar ?
·         Menjual apa yang di inginkan pasar,dan laku namun tidak dapat menunjukan karyanya ?

Kedua kondisi ini tentu tidak nyaman. Lalu kondisi mana yang anda pilih ?
“Jika anda memang memiliki produk yang bagus ,namun tidak memiliki pasar. Ciptakan pasar anda sendiri”
Pembicara bapak Aditytianto tidak mengjelaskan cara menciptakan pasar sendiri ini. Namun menurut salah satu penulis artikel ini yang sedang kuliah di jurusan Public Relations. Menciptakan pasar sendiri ini dapat dilakukan dengan cara mengedukasi pasar tentang produk kita,dan memberi pemahaman bahwa produk kita dibutuhkan. Contohnya dengan cara membuat advertorial yang berujung memperkenalkan produk.
Contoh :
Ditemukan inovasi bantal anti sakit leher. yang public butuhkan hanya bantal biasa yang empuk agar dapat ditiduri. Pengusaha membuat advertorial yang berisikan pengetahuan bahaya sakit leher dan cara mengatasinya,kemudian melakukan smooth marketing di akhir iklan.
Selain membuat pasar sendiri pembicara juga merekomendasikan untuk mendengar masukan-masukan yang mendukung.

IV. LAINNYA
à        Melihat bisnis serupa yang lebih dulu sukses sebagai refrensi
Kita harus memiliki target sebesar apa usaha yang kita inginkan akan berkembang. misal kita membuka rumah makan dan targetnya ingin besar seperti ES TELER 77. Datang ke sana ,amati apa yang mereka sajikan,bagai mana cara menyajikannya,bagaimana kerja karyawan disana. Dan tiru kualitas yang mereka terapkan. Setalah itu kemungkinan anda juga akan menemukan cara anda sendiri.
à        Personalitas dalam Bisnis
Saat anda mengajukan proposal bisnis,mungk proposal anda hanya akan dibaca selama beberapa menit,namun anda dan performa saat presetasi dinilai sebanyak 80% . merka melihat attitude dan semangat anda. Maka dari itu personalitas perlulah dibangun untuk menjalani relasi berbisnis.

(Rabu 11 april 2018 seminar KWU)


(Rabu 11 april 2018 seminar KWU)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar