Kamis, Mei 10

HOW TO FIND WONDERFUL BUSSINESS IDEAL



@J01-Yuli , @J02-Endra, @J03-Oky ,  @Startup-J01,  @Proyek-J06,


 ABSTRAK
Artikel ini akan menjelaskan tentang menggali ide bisnis adalah sebuah proses yang jangka panjang dan jangka pendek juga kita ,melakukan dengan sabar, ada peluang dalam berbisnis.
Dalam bisnis kita melakukan kegiatan yang membangun diri kita menjadi semangat karena kita sendiri yang melakukan kegiatan tersebut. Ada seorang pebisnis harus sifat OPTIMIS dalam melakukan Usaha tesebut.

Kata Kunci : Percaya Diri , Berusaha dalam Bisnis , Melakukan dengan Proses yang baik


PENDAHULUAN
Pada tulisan mengenai kewirausahaan kali ini, penulis mendapatkan kesempatan untuk menghadiri kuliah umum yang bertemakan “How To Find Wonderful Business Idea”, yang diisi oleh narasumber bernama Aditytianto yang merupakan CEO PT. Sato Teknik Indonesia. Didalam pembahasan berikut ini, kami akan membagikan ilmu yang kami dapat dari beliau. Proses bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Dengan mengenali Proses Bisnis kita menjadi mengerti dalam menjalankan sebuah Bisnis atau Usaha.




PEMBAHASAN
Sebuah ide adalah dasar dari awal membangun bisnis. Meskipun anda memiliki jumlah modal yang mencukupi, namun jika tidak dilandasi oleh sebuah ide yang bagus maka bisnis yang anda jalankan takkan membuahkan hasil yang maksimal. Di lain pihak, banyak pengusaha “kacangan” yang menjadi kaya raya berkat mendirikan bisnis yang didasari oleh ide bisnis yang brilian, meskipun modal yang dimiliki saat itu sangat terbatas. Oleh sebab itu, memikirkan sebuah ide dan gagasan bisnis yang jitu adalah tahap awal dalam mendirikan sebuah bisnis. Satu ide yang bagus dapat menjadi sebuah peluang usaha yang potensial.

A .Menggali Ide Bisnis

Ada tiga cara yang bisa anda cermati dalam menemukan sebuah gagasan bisnis yang bagus, yaitu:
1.      Ide dapat anda peroleh dan dikelola secara interen dengan cara mengamati kebutuhan – kebutuhan yang ada di sekitar anda.
2.      Ide dapat anda hasilkan dengan cara menciptakan dan membuat produk baru yang belum pernah ada sebelumnya atau usaha jenis baru yang belum pernah dilakukan oleh orang lain di sekitar anda. Jika anda mampu melakukan hal ini, maka anda akan menjadi “the leader” dan memiliki brand yang kuat.
3.      Ide usaha dapat anda munculkan dengan jalan menggabungkan atau memodifikasi ide anda dengan ide orang lain, atau mengamati kekurangan – kekurangan yang terdapat pada produk atau usaha orang lain.

 

B. Cara Menggali Kreativitas untuk Mendapatkan Ide Bisnis yang Unik dan Inovetif

Banyak orang yang sukses mendapatkan rejeki melimpah berkat sebuah ide atau gagasan cerdasnya memanfaatkan suatu peluang usaha. Memang tak dapat dipungkiri, bahwa kerja keras takkan mungkin cukup mengantarkan seseorang menuju puncak keberhasilan. Harus ada ide-ide inovatif yang membuat kerja dan usahanya menjadi lebih bernilai. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membangun sebuah konsep bisnis, maka mencari, menggali dan mengeksplorasi ide-ide usaha sangatlah diperlukan.
Ada beragam cara, media, dan tempat untuk menggali sebuah celah usaha yang profitable. Dan berikut ini adalah 8 cara untuk menggali ide-ide usaha yang cocok dengan diri anda:

1. Ngobrol dengan Para Pelaku Usaha

Kata pepatah “Pengalaman adalah guru terbaik”. Oleh sebab itu, dalam mencari celah usaha yang bagus, cobalah berdiskusi dengan orang-orang yang telah sukses maupun gagal dalam membangun bisnisnya. Biasanya akan selalu datang ilham setelah anda mengetahui pengalaman-pengalaman bisnis mereka secara langsung.

2. Baca Buku dan Referensi Bisnis

Jika anda masih bingung “harus mau buka usaha apa?” Maka buku, majalah, pamflet, buklet dan koran bisnis bisa menjadi sumber informasi yang dapat membantu anda menciptakan ide-ide bisnis yang bagus.

3. Manfaatkan Internet dan Media Elektronik Lainnya

Di era sekarang, internet, radio, dan televisi merupakan jalur terbaik dalam memperoleh informasi, termasuk info tantang membangun bisnis. Namun internet lebih fleksibel, karena bisa anda eksplorasi kapan saja. Coba anda cari di mesin pencari semisal Google tentang “Contoh usaha dengan modal 5 jutaan rupiah”, pasti anda akan menjumpai ratusan website yang membahas tentag hal tersebut. Jadi internet merupakan jalan termudah menggali dan menemukan ide-ide usaha yang mungkin belum anda ketahui selama ini.

4. Datang ke Pameran Kewirausahaan

Salah satu tempat yang cukup efektif membangkitkan ide-ide bisnis yang ada dalam benak anda adalah pameran kewirausahaan. Berbagai produk baru, bisnis baru, dan job baru sering dipertontonkan dalam sebuah acara pameran. Penyelenggaranya bisa pemerintah maupun swasta. Walaupun anda mesti mengeluarkan beberapa lembar rupiah untuk membeli tiket masuk, namun anda akan mendapatkan pengalaman kewirausahaan secara lebih nyata.

5. Aktif Bergabung di Komunitas Bisnis

Ada banyak komunitas atau organisasi yang mewadahi orang-orang dengan profesi atau kelompok bisnis tertentu, baik offline maupun komunitas online. Jika ada kesempatan cobalah bergabung dengan satu atau beberapa komunitas bisnis. Selain mendapat banyak ilmu, tentu anda akan berpeluang masuk dalam jaringan relasi dan pertemanan para entrepreneur. Mungkin mereka akan membantu anda dalam menggali potensi bisnis yang ada dalam diri anda.

6. Kunjungi Pusat-pusat Bisnis

Selain pameran, lokasi lain yang bagus untuk memperoleh ide usaha adalah di pusat-pusat bisnis. Dengan mengunjungi tempat tersebut anda akan dapat menyaksikan dan belajar banyak mengenai gambaran perputaran roda perekonomian dan bisnis.

7. Ikuti Kegiatan Seminar Usaha

Jika buku dan internet belum dapat membantu anda menggali gagasan bisnis yang potensial, maka sesekali coba ikuti seminar-seminar tentang bisnis dan kewirausahaan. Di sana anda akan mendapat ilmu dan mentor yang berpengalaman dalam membangun usaha. Mungkin dengan seminar tersebut, anda akan memperoleh ilham yang baik.

8. Mengamati Lingkungan Sekitar (Survey Langsung)

Sebagai amunisi terakhir dalam memecahkan kebuntuan anda menggali ide-ide usaha adalah dengan melakukan pengamatan atau survey langsung ke lingkungan sekitar anda. Perhatikanlah apa saja kebutuhan orang-orang yang bisa menjadi peluang usaha atau amati adakah bahan-bahan atau sumber daya yang tak berguna yang bisa menjadi barang ekonomis. Lihat, pikirkan lalu renungkan! Semoga ada titik terang yang membuat anda menemukan ide usaha yang briliant.
Nah, daftar tempat yang telah disebutkan di atas merupakan cara terbaik untuk menggali ide-ide cemerlng berkaitan dengan bisnis. Bila anda sudah mendapatkan sebuah ilham untuk membuka sebuah usaha, ada baiknya jangan terburu-buru. Anda harus mengkaji terlebih dahulu, apakah ide bisnis anda merupakan peluang bisnis yang memiliki pangsa pasar?


Kisah Pebisnis sukses

 
 







         Menjadi seorang pengusaha yang sukses di usia muda tentu tidak bisa dialami oleh semua orang di muka bumi ini. Untuk mewujudkan hal tersebut, akan dibutuhkan banyak usaha dan juga kerja keras sebab kesuksesan tidak akan di dapatkan dengan mudah apalagi di usia yang masih muda. Namun berbagai macam usaha dan juga kesempatan yang coba diciptakan oleh beberapa orang anak muda mampu membawa mereka menjadi pengusaha yang sukses di usia muda. Seperti wanita muda yang satu ini ia memiliki rasa kepedulian dan jiwa social yang tinggi dia adalah seorang socialpreneur, yakni entrepreneur yang memiliki dan memberikan dampak positif di bidang social.

Dengan berbekal hal tersebut mahasiswi Universitas Indonesia ini memberdayakan ibu-ibu penderita kusta di Sitanala di bawah naungan Nalacity Foundation. Selain menggunakan jiwa sosialnya yang tinggi Hafiza juga mengandalkan kemampuan bisnisnya untuk membekali ibu-ibu penderita kusta di tempat tersebut dengan berbagai keterampilan menjahit manik-manik pada jilbab. Dengan ketelatenan yang dimilikinya maka Hafiza dan Nalacity Foundation mampu mendapatkan omset penjualan hingga ratusan juta per bulannya. Hafiza juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai 10 Pengusaha Muda Sukses.
Dalam bisnisnya ini Hafiza memanfaatkan media online dan social media seperti website, twitter, Facebook, Instagram sebagai sarana untuk memasarkan jilbab produksi Nalacity Foundation tersebut. Karena menurut Hafiza proses pemasaran dengan memanfaatkan media social ini tidak ribet dan cukup mudah karena itu juga dapat dijangkau dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan seluruh dunia. Kegiatan social ini memang sudah terbilang sukses, namun Hafiza dan teman-temannya tidak melupakan tujuan besar mereka yaitu memberdayakan masyarakat penyandang difabel untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik dan mandiri.
Perempuan bernama lengkap Hafiza Elfira Nofitariani ini memang menggambarkan kesuksesannya di masa muda dan dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi Sobat GenMuda . Anak muda Indonesia adalah anak muda yang harus berani berkarya, menuangkan ide kreatif dan bisa menjadi yang terbaik dari yang lainnya. So, let’s do it!



KESIMPULAN
Semakin besarnya daya saing dalam industri bisnis Indonesia, inovasi tentunya sangat dibutuhkan para entrepreneur saat ini. Inovasi tidak melulu soal produk, tetapi juga bagaimana menentukan target dan memahami keinginan klien.Sebuah usaha itu harus memiliki proses terlebih dahulu, kita harus mampu melihat peluang usaha yang beda dari yang lainnya. Selalu mengikuti mentoring atau sharing pengalaman dalam menjalankan bisnis. Memiliki networking, karena mau tidak mau suatu saat kita akan membutuhkan mereka di kemudian hari.














DAFTAR PUSTAKA
http://generasimudaid.com/index.php/news/read/1070/profil-hafiza-elfira-pengusaha-muda-dan-sukses-di-indonesia
https://www.google.co.id/search?q=Hafiza+Elfira&source=lnms&sa=X&ved=0ahUKEwidoNqqjvbaAhVLMI8KHRQ4DWkQ_AUICSgA&biw=1366&bih=613&dpr=1
https://www.google.co.id/search?q=tokoh+pebisnis+menggali+proses&oq=tokoh+&aqs=chrome.0.69i59l2j69i60j69i57j0l2.3287j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

https://www.google.co.id/search?q=tokoh+pebisnis+menggali+proses&oq=tokoh+&aqs=chrome.0.69i59l2j69i60j69i57j0l2.3287j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

1 komentar:

  1. menurut saya itu sangat bagus artikel nya ,mendukung mahasiswa untuk mencoba nya .

    BalasHapus