Rabu, Mei 30

Hubungan Manajemen SDM Dalam Mengatur Operasi dan Produksi Dalam Berbisnis






Abstrak
Sumber daya manusia merupakan bagian dari factor ekonomi organisasi atau perusahaan dan merupakan factor produksi yang masuk dalam proses produksi, memiliki sifat tidak dapat di pisahkan dari fungsi manajemen. Sumber daya manusia memiliki peranan penting dan tersendiri dalam proses manajemen perusahaan, sukses dan pencapaian tujuan perusahaan.  

Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, Manajemen, Fungsi

Pendahuluan
     Manajemen Sumber Daya Manusia adalah sebuah ilmu atau cara untuk mengatur bagaimana hubungan serta perananan tenaga kerja (sumber daya / obyek utama) secara efektif dan efisien sehingga dapat dimaksimalkan untuk mencapai tujuan bersama, baik perusahaan, karyawan maupun masyarakat
Menurut Hasibuan (2006) manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efiisen membantu terwujudnya perusahaan, karyawan dan masyarakat.Dan menurut Simamora (2004) manajemen sumber daya manusia adalah pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa dan pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok karyawan. Dan menurut Panggabean (2007) merupakan proses yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang di tetapkan.
     Secara umum manajemen sumber daya manusia memiliki fungsi yang sama dengan fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasia, kepempimpinan - pengarahan dan pengendalian. Sumber daya manusia merupakan potensi atau asset dan berfungsi sebagai modal bersifat non material di dalam suatu organisasi bisnis yang dapat di wujudkan menjadi potensi nyata secara fisik dan non fisik dalam mewujudkan eksistensi organisasi.


Rumusan masalah
1. Apa Fungsi Utama dalam Manajemen Sumber Daya Manusia ? dan apa manfaat SDM ? 
2. Bagaimana manajemen operasi dan produksi merancang dan menggembangkan sebuah produk ?
  


Pembahasan


1.  Apa Fungsi Utama dalam Manajemen Sumber Daya Manusia ?



Sumber Daya Manusia memegang peranan yang penting dalam suatu organisasi bisnis. Setiap organisasi bisnis membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten dalam menggerakkan roda operasional perusahaan. Perusahaan harus mampu memilih sumber daya manusia yang dapat berperan aktif secara efektif dan efisien. Untuk mampu memilih SDM yang berkualitas dan sesuai kualifikasi perusahaan diperlukan adanya pengelolaan/ manajemen sumber daya manusia. Fungsi utama dalam manajemen sumber daya manusia yaitu :


1)                  Fungsi Manajerial
Fungsi ini terdapat empat macam fungsi. Diantaranya adalah sebagai berikut :
a) Perencanaan, Untuk manajer SDM, perencanaan membuatnya harus menentukan program bagi karyawannya yang merupakan sumber dari SDM nya. Manajer juga akan mengatur orang-orang yang dapat menyelesaikan tugas dan kewajiban yang harus dibebankan kepada karyawan itu. Dalam setiap perusahaan karyawan memiliki tugas dan fungsinya masing-masing.
b) Pengorganisasian, ketika semua rencana sudah disusun, maka untuk melaksanakan semua hal yang telah direncanakan harus diorganisasikan atau dibicarakan.
c) Pengarahan, untuk dapat melakukan kegiatan yang telah direncanakan supaya dapat berjalan secara efektif maka diperlukan arahan dari manajer.
d) Pengendalian, fungsi pengendalian berguna dalam mengatur kegiatan agar semua kegiatan di dalam perusahaan dan organisasi bisa berjalan sesuai dengan rencana. 

2. Fungsi Operasional
Fungsi ini terdapat enam macam fungsi, fungsi tersebut adalah sebagai berikut :
a) Pengadaan tenaga kerja dan Pengadaan SDM, seorang manajer memiliki tujuan untuk dapat memperoleh jenis dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dan memenuhi syarat. Karyawan yang direkrut pun harus sesuai dengan keahlian dan sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh perusahaan itu jangan sampai salah rekrut.
b) Pengembangan ,dengan tersedianya SDM yang memnuhi syarat maka perusahaan perlu melakukan pengembangan tenaga sampai pada taraf-taraf tertentu sesuai dengan perkembangan perusahaan itu.
c) Kompensasi, Melalui fungsi ini perusahaan akan memberikan berupa balas jasa yang memadai dan sesuai dengan kesepakatan kepada karyawan.
d) Pengintegrasian,  integrasi merupakan kegiatan manajemen bertujuan rekonsiliasi kepentingan-kepentingan karyawan dalam satu perusahaan.

Manfaat Manajemen SDM
            Manfaat dari manajemen sumber daya manusia adalah selain bisa merencanakan apa yang sebenarnya ingin dicapai oleh perusahaan, perusahaan juga bisa melakukan pengorganisasian terhadap SDM yang mereka miliki.
Selain itu perusahaan bisa melakukan pengarahan kepada para karyawan yang menjadi sumber daya manusia yang ada di perusahaan itu agar lebih produktif dan lebih berkualitas dalam bekerja.




2. Bagaimana manajemen operasi dan produksi merancang dan menggembangkan sebuah produk ?

Manajemen Produksi terdiri dari dua kata, yaitu manajemen dan produksi. Pengertian manajemen pada dasarnya adalah usaha untuk mencapai tujuan yang dilakukan dengan cara mengkoordinasikan kegiatan orang lain melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Produksi juga diartikan sebagai kegiatan menghasilkan barang untuk tujuan memperoleh keuntungan.
Sedangkan pengertian operasi adalah kegiatan merubah bentuk untuk menambah manfaat atau menciptakan manfaat baru.
Dalam menciptakan dan mengembangkan produk yang berkualitas, terdapat berbagai langkah atau tahap yang biasa terjadi ketika kita sedang menciptakan atau mengembangkan produk yaitu:
  1. Penciptaan Ide : Dalam tahapan ini biasanya kita memikirkan ide tentang produk apa yang ingin kita buat. Baik produk tersebut sudah ada di pasaran atau belum.
2.      Penyaringan Ide : Pada tahapan ini, kita mulai menyaring, menseleksi atau bahkan mengkombinasikan ide – ide yang ada.
  1. Pembuatan & Pengujian Ide : Pada tahapan ini kita mulai membuat serta menguji ide yang telah terbentuk hingga menjadi sebuah produk yang berkualitas dan sesuai dengan harapan.
  2. Pengembangan Strategi Pemasaran : Tahap ini adalah tahapan kita dalam membuat dan menyusun strategi pemasaran efektif yang dapat digunakan dalam memperkenalkan produk tersebut kepada konsumen.
  3. Analisis Usaha : Dalam tahapan ini adalah kita melihat dan menganalisa apakah produk yang telah dipasarkan dapat memperoleh keuntungan atau tidak.
  4. Pengembangan Produk : pada tahapan ini kita mulai mengembangkan produk yang telah di konsep menjadi sebuah produk yang sesuai dengan hasil analisis yang telah dilakukan sebelumnya.
  5. Market Testing : tahap ini adalah tahapan dalam mempelajari performance terhadap produk yang dipasarkan. Apakah produk tersebut sudah memenuhi target atau belum. Selain itu tahap ini juga biasa digunakan untuk mengetahui pendapat konsumen mengenai produk yang di pasarkan.
  6. Komersialisasi : tahapan ini merupakan tahapan terakhir dalam penciptaan dan pengembangan produk.
  


Contoh Kasus
     Manajemen SDM di Trans Tv
                        SDM yang ada di Trans Tv bisa dibilang masih segar atau fresh graduate  dan dengan salary yang tidak sebesar perusahaan broadcast lainnya. Trans Tv rata-rata adalah fresh graduate yang belum banyak pengalaman. Dengan turn over rate yang tinggi, Trans Tv bisa mengambil lagi fresh graduate yang baru, sehingga tingkat ketersediaan ide-ide baru tetap terjaga dan inovasi akan tetap mengalir. Jadi, Blue Ocean Strategy yang dijalankan Trans Corp adalah kreatifitas dan inovasi.
            Tiap ptahun departemen HR menghitung kebutuhan karyawan di masing-masing divisinya. Sehingga, program rekrutmen selalu dilaksanakan setiap tahun. Rekrutmen ditargetkan untuk menjaring 200 lulusan fres graduate yang akan di posisikan sebagai satf junior. Untuk meningkatkan kompetensi diperlukan program pengembangan dan pelatihan. Trans Tv mempunyai program In House Training yang dibuat oleh masing-masing divisi.
            Kesetiaan antara karyawan dengan perusahaan penting sekali untuk diperhatikan. Sehingga hubungan antara keduanya harus terjaga dengan baik dan saling memberikan timbal balik. Trans Tv berusaha memberikan akomodasi dan penghargaan pada employeenya yang telah bekerja untuk Trans Tv.

Kesimpulan
            Kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel ini adalah dengan manjemen sumber daya manusia yang baik, pengaturan operasi dan produksi dalam bisnis dapat berjalan dengan baik. Contohnya seperti trans Tv, perusahaan ini merekrut karyawan baru untuk diposisikan sebagai staf junior, namun sebelum merekrut, ia telah terlebih dahulu menghitung kebutuhan karyawan untuk tiap divisi. Menghitung kebutuhan karyawan sangat penting dalam manjemen sdm karena dengan demikian setiap karyawan dapat menerima pekerjaan yang pas atau tidak over karena karyawan yang sedikit maupun tidak menerima pekerjaan sama sekali dikarenakan karyawan yang terlalu banyak yang melebihi kapasitas pekerjaan. Pengolahan karyawan atau sdm yang baik dapat berpengaruh dalam proses operasi dan produksi contohnya dengan melakukan training, karyawan dapat melatih skill mereka maupun dapat memperoleh skill yang baru dalam melaksanakan pekerjaan mereka. Karyawan pada akhirnya akan lebih berpengalaman dan memiliki skill yang cukup baik dalam menghandle pekerjaan yang mereka terima sehingga ketika mereka menerima pekerjaan dalam proses operasi dan produksi, mereka sudah terlatih dan prosess operasi dan produksi pun dapat berjalan dengan lancar.


Daftar Pustaka



Al, Yugi. "10+ Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Lengkap". 26 April 2018. Diambil dari https://www.eduspensa.id/fungsi-manajemen-sumber-daya-manusia

Herdiansyah, Iyan Ali. "3 Cara Untuk Pengembangan Produk". 17 Oktober 2016. Diambil dari  https://salesmaster.co.id/3-cara-untuk-pengembangan-produk/

Ann, Kim Jung. "Copy of Kasus : Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Bisnis Internasi". 19 Mei 2014. Diambil dari https://prezi.com/_cjcgolqbswr/copy-of-kasus-manajemen-sumber-daya-manusia-dalam-bisnis-internasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar