Rabu, Mei 30

Pokok manajemen fungsional


AKTIVITAS MANAJEMEN FUNGSIONAL




KELOMPOK @Startup-K05
PROYEK @Proyek-K08
PENULIS:
(@K14-Aditya)
(@K25-Hendra)
(@K05-Frais)


ABSTRAK

Artikel ini ditujukan untuk memberikan ringkasan tentang manajemen fungsional yang baik dalam berbisnis dan juga dapat menjadi pedoman bagi para pembisnis agar dapat menyusun atau menata manajemen fungsionalnya dalam bisnis yang sedang dijalankan, dan tidak salah dalam menyusun manajemen bisnis mereka.


KATA KUNCI : Manajemen fungsional

PEMBAHASAN


PENGERTIAN

Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.

Manajemen sebuah perusahaan tidak akan berjalan jika tidak ada yang menimpin atau mengendalikannya.

Peran seorang menajer dalam sebuah organisasi sangatlah penting karena seorang manajer harus menjadi motivator bagi karyawan-karyawannya . menjadi seseorang yang menjalankan manajemen bukanlah perkara mudah perlu bertahun-tahun untuk memahami manajemen.Dari gambaran di atas dapatlah kita simpulkan bahwa peranan menajemen adalah :

1. mengatur jalannya suatu kegiatan
2. memotivasi karyawan untuk lebih giat bekerja
3. meminimalisasi konflik yang mungkin terjadi
4. menghindari kasalahan prosedur dalam mengambil keputusan
5. agar tujuan yang telah ditetapkan berjalan sesuai dengan tujuan

Dari pengertian manajemen fungsional maka kita dapat menyederhanakan hal tersebut menjadi beberapa kategori. Berikut ini kategorinya:

1. PERENCANAAN (PLANNING)

Dalam hal ini kita perlu mendefinisikan tujuan, penetapan strategi agar dapat mencapai tujuan tersebut, serta mengembangkan sebuah rencana agar dapat mengintegrasikan serta menkoordinasikan aktivitas dari perusahaan.

2. PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)

Pada tahap ini kita peru untuk menyusun (menata) kerja yang mana dibutuhkan oleh perusahaan agar mencapai target (tujuan) dari perusahaan.

3. MEMIMPIN (LEADING)

Untuk yang terakhir kita juga perlu untuk dapat bekerja sama serta dapat memanfaatkan orang-orang agar dapat mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

KESIMPULAN

   Dengan kemampuan manajemen fungsional yang baik, maka dapat menggunakan aktivitas fungsionalnya, penting dalam menjalankan suatu departemen bisnis dengan baik. Sebagai cara yang tepat agar aktivitas fungsionalnya berjalan dengan baik dan bijaksana, harus dapat mempelajari dan menghindari hal yang  tidak penting atau merugikan dan selain itu memerlukan manajemen yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai organisasi tersebut. Maka oleh karena itu diperlukan manajemen fungsional yang matang.

DAFTAR PUSTAKA


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar