Selasa, Mei 1

Menemukan Ide Bisnis untuk Berwirausaha


Abstrak
Pada dasarnya, menemukan ide bisnis tidaklah sulit. Akan tetapi, banyak pengusaha pemula yang kesulitan untuk mendapatkan sebuah ide bisnis. Ada banyak alasan yang mendasari mengapa seseorang biasanya menemui kesulitan untuk memulai sebuah usaha atau bisnis yang baru.
Selain alasan klasik karena modal yang kurang memadai, yang tidak kalah pentingnya adalah karena belum menemukan ide bisnis untuk dilakukan.
Tidak jarang ada pebisnis yang langsung memulai usaha tanpa perencanaan dan ide bisnis yang matang, sehingga kemudian usahanya menjadi sepi pembeli dan akhirnya gulung tikar. Hal yang paling mendasar yang perlu dilakukan adalah membaca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan.
Kata kunci : ide bisnis, bisnis
Abstract
Basically, finding business ideas is not difficult. However, many novice entrepreneurs find it difficult to get a business idea. There are many reasons underlying why a person usually finds it difficult to start a new business or business. In addition to the classical reasons for inadequate capital, which is not less important is because it has not found a business idea to do.
Not infrequently there are business people who immediately start a business without planning and business ideas are mature, so then his business becomes empty of buyers and eventually folded. It's not really that hard to find creative and innovative business ideas. The most basic thing to do is to read the environmental conditions in which the business will be run.
Keywords: business idea, business


Pendahuluan
Kewirausahaan merupakan persoalan penting dalam perekonomian negara yang sedang berkembang. Kemajuan atau kemunduran ekonomi suatu bangsa sangat ditentukan oleh peranan dari entrepreneur. Tidak ada satu bangsa di dunia ini yang mampu menjadi negara maju tanpa ditopang sejumlah pemuda dan masyarakat yang berwirausaha. Perkembangan entrepreneur di Indonesia saat ini masih bisa dibilang rendah jika dibandingkan dengan negara lain di Asia.
Wirausaha merupakan suatu proses atau cara untuk melakukan suatu usaha yang bertujuan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan dengan cara menjual suatu produk barang ataupun jasa. Untuk menjadi entrepreneur harus memiliki juga pola pikir tentang berwirausaha. Dalam menjalan usaha seseorang harus memiliki skill, tekad, modal, pengalaman, dan adanya network (adanya jaringan untuk melakukan komunikasi sesama enterpreneur).
Artikel ini akan membahas mengenai “bagaimana cara para entrepreneur dapat menghasilkan ide-ide”. Hal ini didasarkan dari pendapat seorang entrepreneur bernama Adityanto yang menjabat sebagai CEO PT. Sato Teknik Indonesia (usaha partisi).

Masalah
Banyak sekali para pengusaha yang tidak dapat memikirkan usaha bisnisnya dengan matng-matang untuk akhirnya mereka menjalankan. Untuk sebuah ide haruslah dipikirkan secara matang-matang agar tidak adanya masalah ditengah jalan nantinya. Maka dari itu kami disini akan membahas mengenai “bagaimana cara para entrepreneur dapat menghasilkan ide-ide”.

Pembahasan
Dengan banyaknya permasalahan pengusaha yang sulit menemukan ide bisnis mereka. Disini kami akan mengupas beberapa point penting mengenai bagaimana caranya menemukan ide bisnis yang  baik untuk menjalankan usaha mereka.
·      Menggali ide untuk menjadi bisnis
  1. Temukan Minat Bakat
Dimana usaha kita yang jalanin, disarankan untuk sesuai dengan bakat dan mintanya kita. Agar hatii ringan menjalankannya. Jikalau usaha yang kita jalani bukanlah dari minat bakat kita, ada rasa mengeluh yang meliputi diri kita.
  1. Adanya proses
Dimana dengan adanya proses kita harus melewati berbagai uji coba dulu. Ketika suatu proses A gagal kita lakukan, jangan ada rasa pantang menyerah yang meliputi kegundahan kita melainkan rasa semangat yang tak pernah pudar untuk terus berwirausaha.
  1. Inkubator bisnis (modal kerja, netwoek, dan pengalaman)
Ø  Lingkungan sekitar yang membuat orang tersebut menjadi seorang pengusaha
Ø  Dalam bisnis yang kita jalani usahakan kita menemukan seorang mentor
Ø  Adanya jatuh bangun dalam membangun usaha
Ø  Harus konsisten
·      Penerapan manajemen perencanaan dalam menjalankan bisnis
1.      Mimpi : Dimana kita akan sulit menggapainya. Bagaikan seekor naga, kita belum menyentuh sama sekali badan dari naga tersebut, sedangkan
2.      Cita – cita : Dimana untuk mewujudkan kedepannya kita sangat mudah.. karena kita sudah menginjak ekor dari seekor naga. Tinggal melangkahkan untuk menggapai kepala dari seekor naga tersebut.
·      Cara memulai bisnis dengan keterbatasan modal
1.    Grow small (organic)
Dimana grow small, kita dapat memulai dengan merintis usaha kecil yang kita punya. Kita memulai dari nol sampai akhirnya nanti sesuai denga yang kita inginkan.
2.    Angle investor
Kita dapat memanggil Investor untuk melakukan peminjaman dana kepada mereka. Dengan waktu yang sudah ditetapkan kapan akan kita kembalikan dananya. Tak hanya itu untuk mendapatkan modal yang cukup besar, kita juga bisa menggunakan proposal yang kita ajukan ke Dikti untuk dikalangan Mahasiswa.

Contoh Kasus
Adityanto yang menjabat sebagai CEO PT. Sato Teknik Indonesia (usaha partisi). Usia 37 tahun. Melakukan bisnisnya dengan model non-starup atau bisa dikenal dengan Konvensional, beliau harus memiliki pola pikir tentang berwirausaha. Dimana usaha beliau berkaitan erat dengan yang namanya Teknik. Menurutnya entrepreneur merupakan soul bukan profesi. Maksudnya itu melakukan nya dengan sepenuh hati untuk mencapai tujuan dan cita-cita.

Kesimpulan
Untuk menemukan ide tidaklah sulit, langkah pertama yang harus kita temukan adalah minat dan bakat kita.  Setelah minat dan bakat, brulah kita memiliki cita-cita untuk usaha yang kita jalani seperti apa wujudnya. Dan jikalau kita masih bingung akan permasalahan modal, kita dapat merintis usaha kita dari  bawah, serta dapat meminjam modal kepada seorang investor. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar