Kamis, Mei 3

Merangkak dari Bawah

Abstrak
Inspirasi sekaligus motivasi untuk berbisnis dari bawah dan minim modal.
Kata kunci : Wirausaha, keuntungan, untung.

Pendahuluan
Seorang wirausaha, owner bimble One Learning Centre, Kirman Sindhunata membagikan kisah hidupnya dalam membangun sebuah usaha yang sukses.
Memulai usahanya dengan modal hasil pinjaman mantan bosnya, dan membuka usaha di bidang pendidikannya yaitu One  Learning Centre mengalami banyak perjalanan, salah satunya membuat Kirman menjadi multitalent. Karena tidak punya uang untuk mengangkat karyawan, maka ia sendiri sebagai sales, operasional, hingga bagian keuangan ia jalani sendiri, ditambah lagi bimblenya kurang diminati. Namun atas kerja kerasnya, sebuah lembaga pendidikan itu sekarang menjadi berkualitas dan maju.

Isi
Prinsip dasar menjadi seorang Wirausaha adalah:
1.       Mindset
2.       Pahami potensi diri
3.       Expect the worst (Memikirkan hal yang paling buruk yang akan di hadapi)
4.       Lakukan yang terbaik
5.       Ikigai

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya tidak semudah yang dipikirkan atau dibayangkan, apalagi untuk mencapai sebuah puncaknya. Banyak rintangan yang harus di hadapi contohnya adalah potensi apa dari dalam diri yang harus dimaksimalkan agar mencapai puncaknya, bahkan ada yang belum bisa menemukan potensi itu sendiri. Proses belajar lah yang akan menuntun bagaimana cara untuk menemukan potensi tersebut. Pencarian potensi tentunya hal – hal yang kita sukai dan tentunya yang dapat menghasilkan keuntungan.
Ketika menemukan kesulitan untuk mencapai puncak, dan merasa lelah, ada baiknya kita berjalan mundur sejenak lalu mempersiapkan untuk mencapai puncaknya, ibarat ingin melompat lebih tinggi kita harus mundur mengambil ancang-ancang lari, kemudia lari dan melompat sampai puncaknya, begitu kata Kirman Sindhunata pada saat menghadiri kuliah umum mata kuliah Kewirausahaan di Mercu Buana Jakarta.
Bisnis yang dijalankan harus mendapatkan untung, agar dapat berkembang menjadi lebih besar. Tidak boleh ada gengsi dalam berbisnis, kita harus sensitive terhadap peluang-peluang yang menjadikan bisnis itu maju.
Dalam bisnis ada 3 sekawan, yaitu:
-          Hidup adalah menukar, resiko dan biaya ditukar dengan peluang untuk mendapatkan yang lebih.
-          Tidak pasti berhasil
-          Menentukan resiko dalam batas yang masih bisa diterima

Dan ada 4 kaki usaha yang semuanya menopang bisnis
1.       Sales
2.       Oprasional
3.       Finance
4.       HRD


Kesimpulan
Kerja keras dan optimis serta menjauhkan gengsi untuk menjalankan usaha adalah kunci sebagai pengusaha sukses, diikuti dengan doa. Belajar dari pengalaman dan ilmu baru akan membuka wawasan dan menjadikan kita berfikir strategi menjalankan usahanya dengan cerdas. 



SSumber : Kirman Sindhunata, Kuliah Umum, Universitas Mercu Buana 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar