Rabu, Mei 16

Pentingnya Manajemen dalam Berbisnis

Pentingnya Manajemen dalam Berbisnis


Abstract :
menjelaskan bagaimana pentingnya manajemen dalam berbisnis dan juga menjelaskan fungsi adanya manajemen
Pendahuluan :
Dalam berbisnis sangat perlu dibutuhkan suatu manajemen untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan suatu bisnis tersebut. Bisnis merupakan kegiatan dalam menjual produk atau jasa agar memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan cara bekerja dalam team.

Pembahasan
Bisnis merupakan kegiatan dalam menjual produk atau jasa agar memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Bisnis merupakan kegiatan beresiko memberikan kerugian baik dari segi material atau non-material. Namun bila berhasil maka akan memberikan keuntungan dan kesejahteraan bagi pemiliknya. Agar terhindar dari resiko bisnis maka bisnis harus dijalankan dengan tepat dengan perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang serius dan mantap. Bisnis terdiri atas beberapa komponen penting yang saling mendukung dan melengkapi.

komponen-komponen bisnis :
  • Manajemen, yaitu bagian yang merencanakan, mengelola, dan menjalankan bisnis. Komponen ini bisa disebut sebagai backend yaitu komponen yang berada di belakang layar.
  • Kekuatan brand atau image, yaitu karisma, kekuatan emosional yang dimiliki oleh perusahaan dan merupakan pandangan/perasaan masyarakat terhadap perusahaan atau produk
  • Produk atau Layanan, komponen yang dijual atau ditawarkan kepada pasar. Komponen ini bisa disebut sebagai front end karena komponen ini berada didepan. Komponen inilah yang berhadapan dengan masyarakat
  • Partner, yaitu pihak yang ikut membantu dalam menjalankan bisnis
  • Pelanggan, yaitu pihak yang akan menerima tawaran atau membeli produk dan layanan yang ditawarkan.


Mengapa Manajemen dibutuhkan?

  1. Untuk mencapai tujuan
  2. Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan
  3. Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas
Menurut James A. F. Stoner,mengatakan proses kegiatan-kegiatan dari manajemen yaitu :
  1. .      Perencanaan
    Para manajer memikirkan kegiatan-kegiatan mereka sebelum dilaksanakan, kegiatan mereka didasarkan pada metode, rencana atau pikiran logis dari pada praduga atau firasat. 
  2. Pengorganisasian Proses pengaturan dan pengalokasian kerja, wewenang dan sumber daya di kalangan anggota organisasi sehingga mereka dapat mencapai tujuan organisasi secara efisien.
  3. Pemimpinan Mencakup hal mengarahkan (directing), hal mempengaruhi (influencing), memotivasi (motivating) karyawan untuk menjalankan tugas-tugas pokok.
  4. Pengendalian Para manajer memastikan bahwa organisasi bergerak menuju sasarannya, jika beberapa bagian organisasi ada pada jalur yang salah maka menejr harus membetulkan
Fungsi Manajemen
Menurut Nickel, Mc Hugh and Mc Hugh tahun 1997 fungsi – fungsi manajemen terdiri dari empat elemen fungsi, yaitu : Perencanaan, Pengoganisasian, Pengimplemtasian, Pengendalian dan pengawasan.

Fungsi perencanaan
·         Menetapkan tujuan dan target bisnis
·         Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis
·         Menentukan sumber – sumber daya yang di perlukan
·         Menetapkan standar atau indicator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
2.      Fungsi pengorganisasian
·         Mengaaan umber daya, mermuskan dan menetapkan tugas dan menetapkan prosedur yang diperlukan.
·         Menetapkan struktur organisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
·         Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengenbangan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
3.      Fungsi pengimplementasian
·         Mengimplementasikan proses kepemimpinan , pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
·         Memberikan tugas dan penjelasan mengenai pekerjaan
·         Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
4.      Fungsi pengawasan
·         Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indicator yang telah di tetapkan.
·         Mengambil langkah klasifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
·         Melakukan berbagai alternative solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis

Kesimpulan 
Dalam berbisnis, perlu adanya manajemen yang bertujuan untuk menjadi bagian yang merencanakan, mengelola, dan menjalankan bisnis. Komponen ini bisa disebut sebagai backend yaitu komponen yang berada di belakang layar.dan sangat dibutuhkan perusahaan agar perusahaan tersebut mempunyai tujuan,Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas.

Contoh Kasus :

PT. UNILEVER TBK

PT Unilever Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris di Batavia. Akta inidisetujui oleh Gubernur Jenderal van Negerlandsch-Indie dengan surat No. 14 pada tanggal 16 Desember 1933, terdaftar di Raad van Justitie di Batavia dengan No. 302 pada tanggal 22 Desember 1933 dan diumumkan dalam Javasche Courant pada tanggal 9 Januari 1934 Tambahan No. 3.Dengan akta No. 171 yang dibuat oleh notaris Ny. Kartini Mulyadi tertanggal 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia. Dengan akta no. 92 yang dibuat oleh notaris Tn.Mudofir Hadi, S.H. tertanggal 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk
 Strategi dalam menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan, strategi itu antara lain
1. KEPEMIMPINAN HARGA RENDAH
2. DIFERENSIASI PRODUK
3. BERFOKUS PADA PELUANG
4. MENGUATKAN KEAKRABAN PELANGGAN DAN PEMASOK
Strategi Promosi yang dapat dilakukan oleh PT.Unilever yaitu:
1.Periklanan
2.Promosi Penjualan
3.Hubungan Masyarakat dan Publisitas
4.Penjualan Secara Pribadi


Daftar Pustaka

Modul KWH 1 bab 9

https://sugengfarmarindo.wordpress.com/category/artikel-manajemen-bisnis/

http://rocketmanajemen.com/pengertian-manajemen/

https://ristiyantihp25.wordpress.com/2015/10/26/4-fungsi-utama-dalam-manajemen-poac/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar