Jumat, Mei 11

“PENTINGNYA MANAJEMEN DALAM BERBISNIS”



@K23-Muslikhul, @K26-Luthfi, @K35-Emir, @Proyek-K07, @Startup-K12,
Abstrak

            Bisnis merupakan kegiatan yang dapat memberikan banyak keuntungan bagi kamu yang dapat memenejemen bisnisnya dengan baik. Lantas apakah kalian tahu pengertian manajemen bisnis dan strategi yang harus di jalankan untuk memulai suatu bisnis?, Artikel ini dibuat bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan bagaimana cara penerapan manajemen kedalam memulai sebuah bisnis.

Kata Kunci           : Manajemen, Bisnis, Penyusunan

Latar Belakang

          Manajemen bisnis ialah kegiatan dalam merancang, mengelola dan mengoperasikan sebuah usaha atau bisnis. dia mencangkup semua pengaturan baik dari dalam proses pengerjaan suatu bisnis untuk mencapai suatu tujuan yang kamu inginkan. Dari usaha besar sampai usaha kecil pun harus menggunakan manajemen bisnis agar laju usaha kamu mempunyai target dan dapat memenuhinya.

Rumusan Masalah

        Apa itu Manajemen Bisnis ?
        Bagaimana perencanaan dalam manajemen bisnis ?
        Bagaimana Cara Menyusun Manajemen Bisnis ?

Pembahasan

          Pengertian Manajemen
Apabila ditinjau dari sisi etimologis, manajemen sebetulnya berasal dari Bahasa Perancis kuno, yakni “management”, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Dari arti etimologis tersebut, beberapa ahli dalam ilmu manajemen mengembangkannya menjadi definisi yang lebih panjang.
Ricky W. Griffin, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Hal ini sejalan dengan Henry Fayol yang mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu yang mengandung lima gagasan atau fungsi utama, yakni merancang, memerintah, mengorganisir, mengendalikan, dan mengoordinasi.
Ada pula George R. Terry yang menyebut manajemen sebagai proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain.
Nah, dari berbagai definisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah sebuah proses merencanakan, mengarahkan, mengorganisir, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien melalui pemanfaatan sumber daya organisasi.

Pengertian Bisnis
Bisnis adalah sebuah organisasi atau sistem ekonomi dimana barang dan jasa dipertukarkan satu sama lain atau untuk sejumlah uang. Setiap bisnis membutuhkan beberapa bentuk investasi dan jumlah pelanggan yang mencukupi kepada siapa hasil produksi bisa dijual secara konsisten agar bisa menghasilkan keuntungan. Bisnis bisa dimiliki secara pribadi, tidak untuk profit atau dimiliki oleh negara.

Tujuan dari bisnis adalah untuk menawarkan suatu nilai (melalui produk atau jasa) kepada para pelanggan, yang membayar untuk nilai tersebut dengan sejumlah uang atau yang setara dengannya. Minimalnya, uang yang diterima bisa menutup biaya operasional bisnis kalau tidak bisa mendapatkan keuntungan.

Sejumlah uang kelebihan yang didapatkan dari menjual barang dan jasa (profit atau keuntungan) bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis tersebut; untuk diinvestasikan kembali demi masa depan perusahaan; atau bisa pula digunakan untuk kegiatan filantropis.

4 Jenis Manajemen yang diperlukan untuk Bisnis
          Agar bisnis dapat berjalan optimal dan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan, diperlukan beberapa jenis manajemen lain untuk diterapkan, yaitu:
        Manajemen keuangan
Sesuai namanya, manajemen keuangan berfungsi untuk mengatur keuangan perusahaan agar arus kas berjalan stabil sehingga pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan bisnis. Dengan adanya pengelolaan keuangan, seluruh komponen keuangan bisnis juga akan terdata secara rapi, memudahkan Anda untuk melakukan analisis dan meningkatkan peluang untuk pengambilan keputusan yang lebih akurat dan strategis.
Agar lebih optimal, penggunaan teknologi seperti Sleekr Accounting sangat disarankan karena dapat melakukan integrasi perbankan dengan sistem yang otomatis. Seluruh data keuangan, mulai dari profit margin hingga utang piutang juga tersedia secara real time sehingga Anda bisa selalu mendapatkan data terbaru.
        Manajemen SDM
Ada banyak unsur yang berperan dalam kesuksesan bisnis. Salah satu yang terpenting adalah sumber daya manusia (SDM). Manusia lah yang menjadi pemegang kontrol terhadap unsur-unsur lainnya, contohnya seperti uang, material, atau mesin. Karena perannya yang amat krusial, diperlukan penanganan khusus yang disebut juga dengan manajemen SDM. Dengan adanya pengelolaan yang tepat, SDM diharapkan bisa saling bekerja sama secara baik, efektif, dan efisien sehingga tujuan dapat tercapai.
        Manajemen operasional
Dalam bisnis, manajemen operasional dapat membantu Anda untuk memastikan bahwa kegiatan operasional sehari-hari berjalan sesuai rencana dan kebijakan yang berlaku. Kegiatan operasional ini mencakup segala hal yang berhubungan dengan proses produksi, mulai dari bahan baku, mesin, teknologi hingga metode yang diterapkan dalam mengubah bahan baku menjadi produk tertentu.
Dengan adanya pengelolaan operasional, Anda bisa memastikan kualitas terbaik untuk bahan baku, mengetahui jumlah bahan baku yang harus disediakan, waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi, bagaimana cara melakukan efisiensi waktu serta tenaga, dan masih banyak yang lainnya.
        Manajemen pemasaran
Agar produk bisa sampai di tangan pengguna, Anda membutuhkan pemasaran. Terlebih jika produk Anda tergolong baru, maka Anda harus menjadi pihak yang lebih aktif melakukan promosi untuk membuat target market mengetahui kehadiran produk Anda. Proses pemasaran lah yang bisa membantu Anda dalam hal ini, yakni melalui beberapa strategi pilihan yang memiliki peluang paling tinggi untuk membawa kesuksesan.

            Rencana dalam Manajemen Bisnis
Rencana dalam berbisnis tentu menjadi poin penting yang sangat berperan dalam kesuksesan untuk para pebisnis. Terlepas dari status sebagai pemula atau senior, manajemen bisnis yang baik akan mampu membawa bisnis ke arah yang lebih baik juga. Selain itu ketahanan akan segala jenis tantangan dan hambatan juga bisa menjadi faktor penting dalam berjalannya bisnis Anda. strategi dalam berbisnis pun harus bisa disusun untuk bisa mengetahui tren di pasaran sehingga bisnis tetap bertahan.
Mengingat rencana bisnis adalah seperti konsep pengembangan tertulis dalam bisnis, mala semua gambaran pengelolaan, manajemen, keuangan, pengembangan hingga target dan pemasarannya pun harus terencana secara sempurna. Jangan abaikan target pencapaian jangka pendek hingga jangka panjangnya sehingga hal ini bisa berpengaruh terhadap tata kelola dan manajemen bisnis yang akan Anda jalankan. Perencanaan secara keseluruhan dengan detil dan matang akan membuat gambaran dari bisnis bisa lebih tampak nyata yang membuat Anda lebih mudah dalam menjalankannya.

Komponen Penting Dalam Menyusun Manajemen Bisnis
        Deskripsi usaha jelas
Apapun bisnis yang akan Anda jalankan, pastikan untuk memiliki deskripsi nya secara jelas yang mampu dipahami secara mudah dan jelas oleh semua orang. deskripsi bisnis ini harus mencakup bentuk usaha, produk nantinya yang akan dijual atau penawaran jasa, untung dan rugi, biaya operasional, harga yang dipatok hingga sistem kerjanya. Sertakan visi dan misi perusahaan serta tujuan yang ingin dicapai. Jangan lupa deskripsikan juga terkait manajemen inti, lokasi usaha, konsep dari manajemen, target pasar hingga keunggulan yang dimiliki.
        Lakukan analisa pesaing
Selanjutnya, Anda juga perlu melakukan analisa terhadap pesaing untuk bisnis Anda. Hal ini ditujukan agar Anda bisa menciptakan suatu strategi yang tepat untuk bisnis Anda. Lakukan analisa serta pengamatan mendalam sehingga bisa mengetahui dari segi kelemahan dan kekuatan pesaing.
        Strategi pemasaran
Dengan strategi pemasaran yang baik, maka besaran potensi untuk mendapatkan kesuksesan di pasaran bisa didapatkan. Pastikan merencanakan manajemen bisnis anda dengan tepat mulai dari biaya, promosi produk, tempat, target promosi hingga media untuk berpromosi. Rencanakan seluruh anggaran secara rinci sehingga Anda bisa menghitung segala kemungkinan yang ada.
        Laporan keuangan
Jangan sampai Anda menyepelekan perihal laporan keuangan perusahaan Anda karena hal ini merupakan hal yang sangat penting. Pastikan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Laporan keuangan tidak melulu rumit dan kompleks, namun Anda bisa membuatnya secara sederhana, asalkan mampu mencakup semuanya.
Pengelolaan anggaran juga menjadi faktor penting agar laporan keuangan senantiasa baik. Rencanakan anggaran secara teliti keseluruhannya sehingga Anda bisa mudah membuat laporan keuangannya. Selalu jujur dan transparan ketika membuat laporan keuangan sehingga kemajuan dan perkembangan usaha bisa tampak.
        Menjaga kualitas produk dan jasa
Produk atau jasa yang Anda tawarkan menjadi poin penting dalam perjalanan manajemen bisnis. Dengan memiliki produk yang berkualitas dan jasa yang membuat banyak konsumennya puas, maka bisa dipastikan konsumen Anda bisa lebih loyal dan setia. Namun jangan sampai karena loyalitas konsumen tersebut membuat Anda menjadi puas diri sehingga kualitas produk atau jasa yang dijual menjadi semakin berkurang. Pertahankan semua kualitasnya sehingga Anda bisa tetap dipercaya oleh konsumen.
Pastikan untuk merencanakan segalanya hingga ke detil terkecil dari mulai strategi hingga manajemen bisnis dalam menjalankannya. Jangan sampai ada detil penting yang tertinggal yang membuat Anda kesulitan nantinya dalam menjalankan bisnis tersebut.
           
Contoh Kasus

 
Chairul Tanjung
          Menjadi seorang pengusaha sukses tidak selalu hanya karena faktor kepemilikan modal yang besar, namun juga karena faktor manajemen keuangan yang baik. Bisa saja sebuah produk sangat laris dipasaran dan mendatangkan sebuah keuntungan yang besar. Tetapi jika pengusaha tersebut tidak memiliki pengaturan keuangan yang baik, maka bisa dipastikan bahwa keuntungan tersebut tidak akan diputar menjadi investasi baru untuk membesarkan usaha.
            Chairul Tanjung, seorang pengusaha sukses yang tercatat sebagai orang terkaya ke 6 di Indonesia menyadari akan pentingnya manajemen keuangan bisnis untuk membuat bisnis tersebut berkembang. Saat ini, Chairul Tanjung telah memiliki beberapa perusahaan baik di bidang properti, keuangan, dan multimedia. Bagaimana konsep manajemen keuangan yang dimilikinya hingga bisa sukses seperti saat ini. Berikut adalah konsep yang dimiliki Chairul Tanjung.
1. Disiplin dalam Memutar Uang
2. Menjadikan Modal untuk Menciptakan Peluang
3. Mengembangkan Modal dengan Partner Usaha
4. Disiplin Mengatur & Mencatat Keuangan

Kesimpulan
            Manajemen adalah suatu proses forecasting (Peramalan), planning (perencanaan),Organizing (pengorganisasian), staffing (penempatan),actuating (menggerakkan/melaksanakan),coordinating (koordinasi),commanding atau directing,leading,motivating,reporting,dan controlling,yang dilakukan oleh manajer kepada bawahannya. Sementara itu Bisnis atau perusahaan adalah suatu badan hukum yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan pelanggan, dimana para wiraswasta ini memegang peran yang kritis untuk mengembangkan bisnis baru karena mereka karena mereka menciptakan produk baru ( atau memperbaiki produk yang telah ada ) yang diperlukan oleh pelanggan. Bisnis sangat erat hubungannya dengan mamajemen, karena manajemen merupakan penentu apakah perusahaan itu bai atau jelek. Apabila dalam suatu perusahaan itu system manajemennya baik maka perusahaan itu pun akan baik dan akan berkembang,akan tetapi jika manajemen dalam suatu perusahaan itu kurang baik maka perusahaan tersebut juga kurang baik perkembangan nya bahkan bisa-bisa perusahaan itu akan mengalami kerugian.
            Dari pengertian manajemen dan pengeritan bisnis di atas dapat simpulkan bahwa manajemen bisnis adalah suatu kegiatan mengatur penjualan produk-produk berupa barang atau jasa yang dapat memberikan keuntungan sebesar-besarnya pada pelaku usaha/bisnis-nya.

            Pentingnya manajemen bisnis dalam usaha karena pelaku usaha membutuhkan pengaturan yang efekstif dan efisien untuk menjalankan usahanya. Untuk mengolah yang ada dalam usahany harus menggunakan prinsip manajemen. jika tidak memakai prinsip menajemen maka perjalanan usaha dalam sistem pengelolaannya tersebut tidak bisa berjalan atau beroperasi dengan baik.

            Dapat disimpulkan bahwa manajemen bisnis berguna untuk membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat menghindari adanya resiko mendapatkan kerugian dalam bisnis tersebut.



Daftar Pustaka

PT Mid Solusi Nusantara. “Mengenal Lebih Jauh tentang Manajemen dalam Bisnis: Definisi, Fungsi, dan Unsur”. March 1, 2018 . https://sleekr.co/blog/mengenal-manajemen-definisi-fungsi-dan-unsur/

Hafidzj. “Pengertian Manajemen Bisnis dan Strategi Terbaik untuk Bisnis Anda”. January 27, 2017. https://uangteman.com/blog/bisnis/strategi-manajemen-bisnis/

Weiss, Alan. “The Purpose of A Business”. January 30, 2013. http://www.contrarianconsulting.com/the-purpose-of-a-business/

Hidayat, Nurul. “Manajemen adalah Jantungnya Bisnis”. May 11, 2017. http://masnurulhidayat.blogspot.co.id/p/makalah-manajemen-adalah-jantungnya.html
  
“Dasar Manjemen dan Fungsi Manajemen Dalam Organisasi Bisnis”. Makalah Kewirausahaan 9. Universitas Mercu Buana. 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar