Jumat, Mei 18

Sistem Manajemen Dalam Organisasi Bisnis




      @L13-Huda , @L14-Khalil, @L15-Fateh, @Proyek-L07, @Startup-L05
Oleh Huda, Gibran, dan Fateh

Abstrak
Ketika kita memulai untuk berbisnis diperlukan suatu aturan-aturan atau sebuah sistem yang akan mengatur jalannya sebuah rancangan bisnis agar dapat berjalan dengan baik. Bisnis itu sendiri adalah sebuah organisasi yang tidak dapat kita hindarkan. Mana mungkin sih kita menjalakan bisnis hanya seorang diri !!! pasti kita memerlukan bantuan atau tenaga  dari orang lain yang dimana itu merupakn sebuah organisasi. Disini akan dibahas mengenai sistem manajemen yang baik dalam organisasi bisnis. Yuk kita mulai pembahasannya.

Kata Kunci
Sistem manajemen, Organisasi Bisnis, Efektif,


PENDAHULUAN
Manajemen menjadi semakin penting seiring dengan perkembangan zaman, begitu juga organisasi tanpa manajemen akan menjadi sulit. Organisasi diselenggarakan karena adanya kepentingan tujuan yang dicapai, setiap organisasi mempunyai keterbatasan akan sumber daya manusia, uang dan fisik untuk mencapai tujuan organisasi. Keberhasilan mencapai tujuan tergantung pada pemilihan tujuan yang akan dicapai dengan cara menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi sesuai dengan apa yang diharapakan. Maka salah satu aspek yang diperhatikan adalah faktor manusia. Tanpa adanya kerjasama sulit bagi organisasi untuk mencapai sukses dan adapun kiranya untuk mencapai tujuan tersebut organisasi atau perusahaan seharusnya turut membantu dan menciptakan prestasi kerja karyawan.

RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud Manajemen ?
2.      Apa konsep dasar manajemen bisnis ?
3.      Apa manfaat manajemen bisnis ?

PEMBAHASAN

DEFINISI MANAJEMEN
Menurut Wikepidia Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.

KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS
1. Mengetahui konsep dasar manajemen dan mengapa manajemen diperlukan dalam sebuah organisasi bisnis.
2. Mengetahui konsep manajemen secara fungsional yang mencakup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, serta pengendalian dan pengawasan.
3. Mengetahui konsep manajemen secara operasional dalam organisasi bisnis yang mencakup manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi atau operasi,manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan.

MANFAAT MANAJEMEN BISNIS
1. Membantu dalam menyusun strategi bisnis
Strategi bisnis ini penting untuk menjalankan bisnis kedepannya. Dimana hal ini berguna untuk mengatasi atau meminimalisir terjadinya permasalahan-permasalahan yang terjadi. Sebagai contoh, menyusun strategi untuk melakukan pemasaran barang atau jasa dengan baik. Dengan hal tersebut maka pelaku bisnis dapat menemukan sebuah solusi dari masalah tersebut dan cara pencegahan agar bisnis yang dijalan tidak mengalami kemunduran atau kerugian karena dampak dari strategi yang kurang tepat.
2. Membantu dalam mengalokasikan sumber daya dan waktu
Manajemen memang sering terkait bagaimana mengatur berbagai hal seperti mengatur sumber daya dan waktu. Untuk itu ketika seorang pelaku bisnis memiliki manajemen bisnis yang baik maka juga akan membawa dampak pada cara alokasi sumber daya dan waktu dengan baik pula. Sehingga kegiatan-kegiatan bisnis yang akan dijalankan ataupun yang telah direncanakan dapat berjalan efektif dan efisien.
3. Membantu menciptakan perilaku bisnis positif
Dalam hal menciptakan perilaku bisnis yang positif karena dampak dari manajemen bisnis yang baik ini memiliki beberapa dampak. Seperti misalnya membantu dalam mengintegrasikan perilaku pelaku bisnis pada suatu organisasi atau kelompok, mendorong pelaku bisnis untuk berfikir pada masa depan, menjadikan pelaku bisnis menjadi kooperatif, meningkatkan kedisiplinan dan formalitas pada manajemen bisnis serta banyak hal positif lainnya.
KESIMPULAN
Dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya pasti mengalami beberapa seperti misalnya terjadi masalah terkait proses pemasaran, produksi atau ataupun proses penjualan. Dimana masalah-masalah yang timbul tersebut biasanya terjadi karena manajemen bisnis yang buruk. Manajemen yang buruk dapat mengakibatkan bisnis yang dijalankan menjadi kacau bahkan mengakibatkan terjadinya kerugian. Sebagai pelaku bisnis memang harus memahami akan pentingnya mengenal manajemen bisnis agar tidak terjadi hal yang buruk pada bisnisnya. Sehingga dengan begitu dapat menemukan sebuah solusi dari permasalahan secara efektif dan efisien dan terhindar dari masalah yang serius seperti mengalami kerugian.

DAFTAR PUSTAKA
  1. Ainul,Fauziyah.2014. Organisasi manajemen bisnis. Dalam http://ainainulfauziyah.blogspot.co.id/2014/11/makalah-organisasi-manajemen-bisnis.html
  2. Fitri,Anggarsari.2017.pentingnya mengenal manajemen bisnis. Dalam https://zahiraccounting.com/id/blog/pentingnya-mengenal-manajemen-bisnis/
  3. Hasibuan, Malayu, Manajemen= Dasar, Pengertian dan Masalah, (PT Bumi Aksara: Jakarta), 2005
  4. Widyatmini. 1996. Diktat Pengantar Bisnis. Gunadarma : Jakarta. DH Basu Swastha DR. 1998. Pengantar Bisnis Modern. Liberty : Yogyakarta. Solihin Ismail. 2006 . Pengantar Bisnis. Prenada Media : Jakarta http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
  5. Sugeng.2012. Manajemen bisnis. Dalam https://sugengfarmarindo.wordpress.com/category/artikel-manajemen-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar