Selasa, Mei 1

Solusi Pengangguran


ABSTRAK

Artikel menjelaskan tentang pengangguran. pengangguran adalah salah satu masalah sosial yang harus diatasi dengan tepat, karena terdapat sangat banyak dampak dari pengangguran salah satunya akan berdampak pada kehidupan perekonomian dan juga kehidupan masalah sosial masyarakat.
Oleh karena itu harus ada solusi untuk menekan jumlah pengangguran terutama di negara kita yaitu Negara Indonesia, dan secara umum cara mengatasi pengangguran adalah dengan meningkatkan investasi, meningkatkan SDM, pembenahan perangkat hukum dalam bidang ketenagakerjaan. Maka dari itu kita sebagai calon usah usaha muda kita harus berani mengambil resiko untuk setiap pekerjaan yang kita akan ambil dan sesudah itu kita harus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang berpendisikan nya kurang.


PENDAHULUAN
 Pengangguran merupakan istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran biasanya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian,karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang,sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.

Tingkat pengangguran dapat dihitung dengan cara membandingkan jumlah pengangguran dengan jumlah angkatan kerja yang dinyatakan dalam persen. Ketiadaan pendapatan menyebabkan penganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya yang menyebabkan menurunnya tingkat kemakmuran dan kesejahteraan. Pengangguran yang berkepanjangan juga dapat menimbulkan efek psikologis yang buruk terhadap penganggur dan keluarganya. Tingkat pengangguran yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kekacauan politik keamanan dan sosial sehingga mengganggu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi
Artikel ini berupaya untuk memberikan motivasi untuk masyarakat agar tidak menyerah untuk mendapatkan pekerjaan. Karena setiap manusia mempunya pemikiran untuk menjadi sukses.


Rumusan Masalah
-Apa itu Interpreneur?
-Hal apa saja yang diperlukan untuk menjadi interpreneur?
-Penerapan managemen dalam bisnis
-Mana yang lebih baik?
-Cara memulai bisnis dengan modal terbatas

PEMBAHASAN
A.      Apa itu Interpreneur?
Menurut Aditytianto (CEO PT. Sato Teknik Indonesia) “Ketika melakukan sesuatu yang berasal dari diri kalian, jiwa dan raga untuk mencapai suatu tujuan yang kita inginkan. Melakukan sengan sepenuh hati”.  Maksud isi pesan tersebut yaitu Interpreneur adalah pekerjaan yang dilakukan sepenuh hati yang berasal dari keinginan sendiri untuk membuat bisnis dengan membuat hidup lebih baik.

B.      Hal apa saja yang diperlukan untuk menjadi Interpreneur?
a.       Proses
Menyerap pengalaman orang lain: mempelajari bisnis dari mereka yang sudah sukses dalam dunia bisnis. Karena untuk menjadi pembisnis dibutuhkan banyak pengalaman, maka itu kita perlu belajar dari pengalam orang yang sudah sukses dalam menjalani bisnis.
Contoh: Ariza ingin perusahaan makanannya menjadi perusahaan besar, dan dia termotivasi sama perusahaan yang sudah sukses seperti perusahaan makanan Indomie, maka dia datang menemui Direktur atau CEO dari perusahaan Indomie dan bertanya serta minta diajarkan cara agar perusahaannya maju seperti perusahaan Indomie (dia mencoba meniru pengalaman CEO perusahaan Indomie dalam menjalani bisnisnya).
Menemukan peluang: Pembisnis harus mempunyai strategi dalam bisnis, salah satunya yaitu bagaimana cara mencari peluang dalam berbisnis, maksudnya yaitu harus mengerti timing yang pas saat menjalani bisnis. Karena jika kita salah sedikit dalam mengambil peluang, maka bisnis itu bisa gagal, dan tidak sesuai dengan perencaan yang sudah direncakana sebelumnya.
Contoh: mendekati bulan ramadhan, tentunya didalam bulan tersebut terdapat banyak peluang bisnis terutama bisnis makanan dan minuman, karena dibulan tersebut banyak orang yang haus dan lapar serta tentunya ingin menimati banyaknya variasi makanan dan minuman.
b.      Inkubator (proses mentoring)
Inkubator yaitu suatu proses dimana kita diajarkan bisnis oleh orang yang sudah mahir dalam dunia bisnis atau pakar bisnis agar bisnis yang dijalankan menjadi baik. Dan dalam mentoring tersebut diajarkan 3 hal yaitu:
Modal kerja: dimana seseorang yang baru mulai bisnis diajarkan untuk mencari modal untuk memulai bisnisnya.
Network: dimana seseorang membutuhkan orang lain atau organisasi untuk kerja sama dalam usahanya. Karena ada beberapa usaha yang tidak bisa berdiri sendiri atau membutuhkan kerja sama agar perusahaannya berjalan.
Pengalaman: Seseorang yang baru merintis dunia bisnis tentunya memerlukan pengalaman pengusaha lain yang sudah lebih maju darinya, agar dia salah langkah dalam menjalani bisnisnya.
c.       Proses
Proses yang ketiga ini berbeda dengan proses yang pertama, maksud proses yang ketiga menjelaskan bahwasanya bisnis itu bisa ada dengan sendirinya dan tanpa perencanaan, maksudnya yaitu seseorang yang sedang bekerja menjadi keryawan bosan menjadi karyawan tersebut dan mencoba mendapatkan penghasilan lebih besar lagi, maka dia mencoba membuat perusahaan sendiri dan menjadi Interpreneur. Dan modalnya yaitu dari hasil kerjanya selama jadi karyawan.
C.      Penerapan Manajemen Perencanaan Dalam Menjalankan Bisnis
Proses penerapan manajemen perencaan dalam menjalankan bisnis dimulai dari:
a.       Cita-cita: Proses perencaan bisnis yang sudah kebayang nantinya seperti apa.
Contoh: Mirza mempunyai kegiatan bisnis keliling sebagai bakso dan dia inign usaha baksonya sebesar usaha Mc Delivery.
b.      Mimpi: Proses perencanaan tujuan yang sudah kebayang mau jadi apa, tapi prosesnya gak kebayang.
Contoh: Fariz punya mimpi menjadi pengusaha sukses, tapi untuk proses menjadi pengusaha sukses tidak dikerjakan, bahkan belum mulai melakukan kegiatan usaha tersebut.
D.      Mana yang lebik baik? Produk yang bagus atau produk yang diinginkan pasar?
Jawaban dari pertanyaan diatas adalah dua-duanya baik. Karena dua-duanya adalah cara agar bisnis menjadi baik. Produk yang bagus tentunya akan diinginkan banyak konsumen, dan produk  yang diinginkan pasar juga penting karena bisnis juga memerlukan produk yang diinginkan oleh konsumen.
Contoh: Bulan ramadhan. Produk yang diinginkan banyak khalayak  makanan dan mi numan, dan diperlukan juga inovasi untuk produk baru, seperti membuat makanan baru. Contonya: nasi kuning berkuah, dan lain-lain.
E.       Cara memulai bisnis dengan modal terbatas.
a.       Grow small (organic)
b.      Angel Investor: mengundang banyak investor untuk membantu membuka usaha baru, dan modalnya dari investor tersebut serta perlu timbal balik (memikirkan keuntungan buat investor dan diri sendiri)

KESIMPULAN
Untuk memulai usaha yang ingin kita jalani, caranya yaitu dengan menemukan minat bakat kita, dan tak lupa juga kita selalu berusaha untuk menemukan modal yang ingin kita gunakan dalam berwirausaha. Modal dapat kita cari dengan menggunakan cara proposal serta investor. Dan dengan adanya kegiatan wirausaha dapat meminimalisir angka pengangguran yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar