Selasa, Mei 1

BAGAIMANA MENEMUKAN IDE BISNIS YANG LUAR BIASA



A.         PENDAHULUAN

1.            Latar belakang
Penciptaan suatu ide bisnis merupakan salah satu faktor penting dalam memulai sebuah bisnis. Dengan telah adanya berbagai macam bisnis, para wirausaha muda harus mampu bersaing dengan bisnis barunya. Hal ini tidaklah mudah bagi para lulusan universitas sebagai calon wirausaha muda karena mereka harus mengembangkan kreativitas yang dimiliki.
Ide dalam konteks kewirausahaan di sini adalah gagasan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (Putri 2012). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penciptaan
Ide bisnis merupakan penciptaan gagasan yang menciptakan suatu bisnis yang baru dan berbeda. Ide dapat menambah nilai suatu barang dan jasa melalui inovasi. Keberhasilan dapat dicapai apabila wirausaha menggunakan produk, proses, dan jasa-jasa inovasi sebagai alat untuk menggali perubahan.
Ketangguhan kewirausahaan sebagai penggerak perekonomian terletak pada kreasi baru untuk menciptakan nilai secara terus-menerus. Wirausaha dapat menciptakan nilai dengan cara mengubah semua tantangan menjadi peluang melalui ide-ide dan akhirnya menjadi pengendali usaha. Semua tantangan bisa menjadi peluang apabila terdapat inovasi.

2.     Abstrak

Saat kita ingin memulai sebuah bisnis kita harus memiliki ide yang sekreatif mungkin agar kita bisa mendapatkan sebuah usaha yang bisa menarik perhatian banyak orang. Jika kita ingin memiliki bisnis yang mudah dikenal oleh banyak orang, bisnis tersebut haruslah menarik agar mudah di ingat banyak orang. Kalau kita bisa mengeluarkan kreatifitas yang baik maka kita akan memiliki ide usaha yang luar biasa dan dapat memiliki perhatian dari banyak masyarakat. Intinya jika kita ingin memiliki sebuah usaha yang baik kita harus memiliki ide yang luar bisa dan kreatif untuk bisa memujudkan sebuah usaha yang luar biasa.
Abstract

When we want to start a business we have to have as creative an idea as possible so we can get a business that can attract the attention of many people. If we want to have a business that is easy to recognize by many people, the business must be interesting to keep in mind many people. If we can bring out good creativity then we will have a great business idea and can have the attention of many people. The point is if we want to have a good business we must have an idea that can be creative and creative to be able to realize an extraordinary effort.
3.Kajian teori
a.      Pengertian Ide usaha
Segala konsep, pikiran dan pengetahuan, sebuah mental, pandangan, keyakinan atau rencana dari kegiatan-kegiatan usaha

b.      Pengertian Berpikir kreatif
Keinginan untuk menemukan dan mencari penyelesaian yang berbeda dari suatu masalah untuk mencapai tujuan yang sama

c.     Pengertian Inovasi
Menurut Rosenfeld dalam 12 Sutarno (2012:132), inovasi adalah transformasi pengetahuan kepada produk, proses dan jasa baru, tindakan menggunakan sesuatu yang baru.

d.      Pengertian bisnis
Menurut Kasmir dan Jakfar (2012,p7), bisnis adalah usaha yang dijalankan yang tujuan utamanya adalah keuntungan.

Cara Menemukan Ide Kreatif
Konsep Ekonomi Kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang penopang utamanya adalah informasi dan kreativititas dimana ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor produksi utama dalam kegiatan ekonomi.
Kreativitas dalam bisnis adalah bagimana cara menerapkan kreativitas dalam pekerjaan yang sedang kita lakukan agar dapat memunculkan produk, prosedur dan struktur baru sekaligus meningkatkan cara kerja kita kearah yang lebih baik. Apa yang dibutuhkan oleh bisnis adalah penerapan proses kreatif pada masalah, isu, kesempatan dan peluang yang ada pada saat ini. Sementara produk kreatif, Rangkaian Kolom Kluster I, 2012 adalah kemampuan untuk melahirkan sesuatu benda atau hal yang sebelumnya sama sekali belum ada untuk dipergunakan.
Seorang wirausahawan adalah seseorang yang memiliki jiwa dan kemampuan tertentu dalam berkreasi dan berinovasi. Ia adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) atau kemampuan kreatif dan inovatif. Kemampuan kreatif dan inovatif tersebut secara riil tercermin dalam kemampuan dan kemauan untuk memulai berbisnis (start-up), kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative), kemauan dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunities), kemampuan dan keberanian untuk menanggung risiko (risk bearing) dan kemampuan untuk mengembangkan ide dan meramu sumber daya yang tersedia. Kemauan dan kemampuan tersebut diperlukan terutama untuk:
 1. Melakukan proses/teknik baru (the new technique)
 2. Menghasilkan produk atau jasa baru (the new product or new service)
3. Menghasilkan nilai tambah baru (the new value added)
 4. Merintis usaha baru ( the new business) yang mengacu pada pasar
5. Mengembangkan organisasi baru (the new organization).

Strategi Mencari Peluang Bisnis
Peluang bisnis dapat diartikan sebagai kesempatan pasti yang bisa didapatkan seseorang atau lebih dengan mengandalkan potensi diri yang ada serta memanfaatkan berbagai kesempatan (Putri 2012). Strategi pencarian peluang dapat diartikan sebagai perilaku pengusaha yang bertujuan untuk menciptakan sebuah konsep bisnis yang strategis. Salah satu strategi dalam mencari peluang bisnis adalah knowledge acquisition. Yang dimaksud dengan knowledge acquisition adalah pengumpulan informasi tentang pelanggan, teknologi, produk, keuangan dan penelitian, dan menggabungkan serta mengintreprestasi informasi tersebut menjadi sebuah pengetahun bisnis (Puhakka 2007).
Seorang wirausaha mengidentifikasi peluang bisnis untuk menciptakan dan memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan dalam sebuah prospektif usaha. Investigasi yang diteliti dan kepekaan terhadap kebutuhan pasar, serta kemampuan untuk melihat penyebaran sumber daya dapat membantu seorang wirausaha untuk mulai mengembangkan peluang bisnis. Perkembangan pencarian peluang bisnis yang berhasil, diikuti oleh penciptaan bisnis yang berhasil (Ardichvili et.al. 2003). Seorang wirausaha harus mengamati peluang yang berkaitan dengan mengantisipasi pesaing
Prinsip dan Sumber Menggali Ide
A. Prinsip Melahirkan Ide:
·           Selalu Membuka Pikiran,  Berpikir bahwa ide adalah yang terbaik, karena kondisi tersebut akan membimbing menghasilkan ide-ide yang baik. Perenungan, introspeksi dan umpan balik membantu memperoleh ide-ide terbaik.
·           Selalu Membuka Mata, Melihat keberhasilan dari tindakan-tindakan yang telah dilakukan orang atau perusahaan lain adalah cara terbaik dan lebih efisien.
B. Sumber Menggali lde
·         Mencari kebutuhan konsumen
·         Mengamati mata rantai saluran distribusi perusahaan
·         Kebijakan Pemerintah
·         Penelitian dan Pengembangan
·         Hobby
·         Kecendrungan prilaku konsumen
·         Kegunaan lain dari barang yang sudah ada (menambah Utility)
·         Peristiwa di suatu wilayah
·         Moment kegiatan atau hari-hari besar

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar