Jumat, Juni 22

Cara Agar Menjadi Wirausahawan SUKSES!



 Abstrak
Dalam pembahasan kali ini kami membahas tentang hasil dari Kuliah Umum Kewirausahaan yang disampaikan oleh Kirman Sindhunata seorang CEO & Founder Bimbel  One Learning Center. dalam perjalanan bisnis Kirman sungguh tidak mudah, sangat banyak hal yang membuat kesuksesannya tertunda, namun kirman tidak menyerah hingga akhirnya bisa sukses hingga kini, dengan menggunakan point penting yang menjadi kunci sukses.
Kata kunci
Kirman Sindhunata, Menjadi Wirausaha, Wirausahawan Sukses.
Pendahuluan

Pembahasan
Untuk menjadi pebisnis sukses pasti ada Point dasar untuk menjadi Wirausahawan yaitu:
1.      Mindset
Dalam hidup ini jika ingin sukses hal yang pertama yang harus diperhatikan adalah Tujuan hidup yang jelas, lalu pahami diri sendiri passion apa yang dapat kita lakukan untuk dapat dikembangkan, dan pastinya tujuan untuk mencapai financial yang baik. Jika mindset sudah terbentuk dengan baik, maka tidak sulit untuk membuat suatu ide bisnis.
2.      Ikigai
Jalankan konsep ikigay yaitu hal yang kita suka dapat menghasilkan uang, kepuasan serta dapat membantu banyak orang untuk hidup lebih baik, sangat menyenngkan memang suatu yang menjadi kesukaan kita dapat menjadi manfaat.
3.      Expect the worst
Dalam memulai suatu bisnis kita harus siap dengan kemungkinan yang paling buruk sekalipun, agar dapat siap menerima kenyataan dan mengurangi rasa down ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataan.
4.      Do the best
Dalam memulai suatu bisnis kita harus melakukan yang terbaik untuk dapat sesuatu yang baik dengan bekerja keras dengan semaksimal mungkin.
Setelah sudah mengetahui point dasar untuk menjadi wirausahawan kita juga harus mempelajari 3 Sekawan yang pasti harus sudah diperhitungkan dengan matang yaitu (Biaya, Resiko , Tujuan). Kehidupan seperti menukar resiko dan biaya dengan peluang untuk mendapatkan sesuatu yang lebih, tentu saja resiko dan biaya yang kita tukarkan masih dalam batas yang bisa diterima sehingga dalam tujuan bisnis yang ingin kita jalani harus memperhitungkan biaya yang telah dikeluarkan dan resiko apa yang akan diterima.
Dalam menjadi wirausahawan sukses kita harus mempunyai 4 kaki bisnis diantaranya Sales, Operasional, finance dan HRD untuk dapat memperkuat bisnis agar tetap menghasilkan keuntungan agar tujuan dan isi dapat tercapai yang perlu diperhatikan adalah waktu , resiko , cara berfikir rasional yang sederhana serta berkonsentrasi pada sumber daya manusia sesuai passion.
Kirman sindhunata juga menjelaskan 6 tahapan/perkembangan konsep berfikir diantaranya:
a.       Employee time for money
Orang yang menukar waktunya dengan uang yang ditentukan perusahaan, di tahp ini kita dapat belajar dan membuat kesalahan dan berani dalam melakukan sesuatu.
b.      Self empoyee own rate
Dalam tahap ini kita dapat menukar waktu dengan uang namun ditentukan sendiri biasaya yang sudah memiliki banyak pengalaman.
c.       Manager most stressful
Tahap ini mungkin sangat sulit karena seorang manager harus dapat membentuk anggotanya agar tidak mengulangi kesalahan harus mempunyai solusi dsetiap masalah, dalam tahap ini seorang manager harus lulus untuk dapat melanjutkan tahap berikutnya
d.      Bussiness Owner
Tahap ini behasil mengembangkan diri perusahaan dan karyawan yang bisa bekerjasama dan berfungsi dengan baik
e.       Investor Exp, money
Tahapan ini seseorang yang telah mempunyai uang dan waktu bisa mengaksess sumberdaya yang lebih banyak untuk mengembangkan bisnisnya
f.       Entrepreneur other people
Tahapan terakhir ini seorang wirausahawan bisa masuk kedalam bisnis baru dan memperbanyak relasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar