Juni 19, 2018

How To Find Good Idea

Abstrak

Memulai suatu usaha tidak hanya membutuhkan modal yang cukup, namun sebuah ide usaha kreatif sangat dibutuhkan agar membawa bisnis Anda mencapai kesuksesan. Karena tak sedikit, para pebisnis yang tidak memiliki ide usaha kreatif dalam menjalankan usahanya sehingga terkesan terburu-buru serta tidak terencana. Akibatnya mereka pun gagal dan menutup usahanya.
Rumusan Masalah :

  1. Bagaimana cara menjadi seorang yang kreatif ?
  2. bagaimana cara mendapatkan Ide yang baik ?
  3. bagaimana cara berbisnis dengan berbasis Komunitas ?


Pendahuluan 

Merebaknya komunitas di kota-kota besar saat ini, bisa dilihat sebagai salah satu faktor yang bisa diperhitungkan dalam kegiatan usaha. Mengapa demikian? Sebab usaha yang dilakukan dalam komunitas atau usaha berbasis komunitas memiliki target pasar yang jelas, meski pun bisa dikatakan sangat terbatas.
Kejelasan target pasar ini pada dasarnya terbentuk dari urgennya pemenuhan kebutuhan anggota dalam hal eksistensi. Satu komunitas pasti akan menonjolkan sesuatu sebagai identitasnya, semisal penggunaan pakaian, aksesoris dan sebagainya.
Pemenuhan dan pengadaan kebutuhan terhadap identitas diri ini, sebenarnya sangat mungkin untuk dikelola sendiri. Dengan kata lain, pemenuhan kebutuhan bisa dimanfaatkan juga sebagai strategi membangun ketahanan ekonomi dalam komunitas.
Satu kenyataan yang menarik bahwa tak ada satu pun komunitas yang bisa beroperasi tanpa ketersediaan dana. Hal ini tentu saja membuat peluang bisnis yang dilakukan dalam komunitas semakin terbuka. Dalam tataran ini, bisnis dalam komunitas bisa dikatakan sangat penting untuk menjaga dan menunjang keberlangsungan operasional komunitasnya. Di sisi lain, bisnis dalam komunitas bisa dianggap sebagai bentuk dari pemberdayaan anggotanya.


Pembahasan

Menciptakan Ide Kreatif 


1 Menciptakan Hal Baru dan Berbeda
Pernahkah Anda memperhatikan sepanjang jalan daerah tertentu yang Anda lihat hanyalah usaha makanan lalapan? Bayangkan Anda seorang pembeli yang ingin makan lalapan dan bingung harus membeli dimana.Tentu Anda memilihnya secara acak. Hal tersebut disebabkan karena tidak ada perbedaan produk yang dijual sehingga konsumen pun akan menyamakan semuanya padahal, bisa jadi ada salah satu warung lalapan yang secara kualitas makanannya lebih baik.
Berbeda jika produk yang dijual di sepanjang jalan tersebut adalah hal yang baru dan berbeda. Misalnya lalapan dengan jenis sambal yang bervariasi atau ide usaha kreatif lainnya. Tentu respon konsumen akan berbeda ketika mengetahui warung lalapan tersebut diantara berbagai warung lalapan yang ada.
Memang tidak mudah untuk membuat hal yang baru dan berbeda, namun tidak sedikit pengusaha yang bisnisnya telah sukses karena ide baru yang belum pernah ada sebelumnya Contoh saja perusahaan Gojek yang menciptakan sebuah ide usaha kreatif dari bidang jasa transportasi yang belum pernah ada sebelumnya.
Begitu juga dengan perusahaan Aqua yang saat itu adalah perusahaan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menjual air minum tanpa rasa.

#2 Menciptakan Kebutuhan Konsumen

Jika Anda mengetahui bagaimana sejarah awal perusahaan Otsuka menemukan ide usaha kreatif minuman Pocari Sweat, maka Anda akan melihat bahwa disana ada usaha dari perusahaan tersebut untuk menumbuhkan sebuah kebutuhan dari konsumen.
Jika awalnya tidak ada orang yang membutuhkan minuman pengganti eletrolit, setelah produk Pocari Sweat diluncurkan, maka minuman tersebut kemudian menjadi kebutuhan jika sedang mengalami kekurangan cairan.
Jika Anda ingin mendapatkan ide bisnis yang kreatif dan inovatif, maka yang harus Anda lakukan adalah mengamati permasalahan yang ada di masyarakat lalu Anda akan menemukan produk yang akan menjadi kebutuhan masyarakat.
#3 Memanfaatkan Setiap Peluang yang Ada
Dari proses mengamati permasalahan apa yang dialami masyarakat, Anda harus bisa menemukan dan memanfaatkan peluang yang ada di dalamnya.
Sekecil apapun itu, peluang yang ada harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dan Anda harus memiliki kejelian untuk mendapatkan peluang dan kesempatan tersebut.
Ide usaha kreatif yang muncul dari pengamatan peluang yang ada, akan menjadikan usaha Anda bisa terus bertahan meskipun Anda memiliki kompetitor.
Contohnya saja adalah perusahaan Unilever. Ternyata perusahaan ini mampu memahami permasalahan yang ada di masyarakat, kemudian memanfaatkan setiap peluang yang ada sehingga mampu memunculkan ide usaha kreatif di berbagai bidang kehidupan manusia. Dapat kita lihat produk dari perusahaan Unilever telah ada dari kita saat bangun tidur, hingga tidur lagi.
Itu tadi adalah tips yang mungkin bisa Anda lakukan agar bisa menghasilkan sebuah ide usaha kreatif bagi bisnis Anda. Namun, yang terpenting bagi sebuah bisnis adalah bagaimana produk yang dihasilkan mampu memberikan pemecahan terhadap masalah dari konsumen.
Jika Anda sudah menemukan ide usaha yang kreatif dan inovatif serta memiliki kemanfaatan bagi konsumen, tentu hal tersebut adalah permulaan yang sangat baik bagi eksistensi bisnis Anda. 

Namun, bagaimana dengan komunitas yang tidak memiliki perangkat pengetahuan untuk memporoduksi kebutuhannya?
Di sinilah sebenarnya peluang usaha yang bisa dimasuki. Alasannya jelas bahwa komunitas yang tak sanggup memenuhi kebutuhannya akan melempar produksi ke tempat lain yang kompeten di bidangnya. Semisal, produksi pakaian yang tentu saja akan dilempar pada pengusaha konveksi.
Dalam kerangka ini, kiranya akan sangat bermanfaat bagi pengusaha konveksi jika memasuki komunitas tertentu. Keanggotaan dalam satu komunitas, secara langsung akan menghasilkan jaringan pemasaran yang jelas bagi usahanya. Ironisnya, jarang sekali pengusaha konveksi yang sengaja memanfaatkan situasi ini sebagai strategi dalam usahanya. Dengan kata lain, pengusaha konveksi masih menerapkan strategi tunggu bola, ketimbang menjemut bola. Padahal, dengan masuk dalam komunitas tertentu peluang pasar akan semakin terbuka. Terlebih dengan kemajuan informasi dan teknologi, memasuki komunitas kiranya tak hanya dalam komunitas real. Tetapi, bisa juga dilakukan lewat komunitas online yang tak kalah aktifnya dari komunitas real.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar