Minggu, Juni 17

How To Find a Wonderful Business Idea

How To Find a Wonderful Business Idea



PENDAHULUAN

Kondisi perekonomian yang memprihatinkan dan konglomerasi yang selama ini diandalkan sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional, ternyata rapuh dan tidak berdaya dalam menanggulangi krisis ekonomi yang berkepanjangan.Kondisi dan situasi tersebut memunculkan banyak orang untuk membuka usaha sendiri tanpa harus tergantung pada perusahaan atau mencari pekerjaan yang belum pasti, salah satunya adalah bekerja sebagai wirausaha. Kewirausahaan adalah kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (Kasmir, 2006:17). Wirausaha adalah inovator yang mampu memanfaatkan ide yang dapat dijual atau dipasarkan, memberikan nilai tambah dengan memanfaatkan upaya, waktu, biaya, atau kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Jiwa kewirausahawanan adalah salah satu penunjang para pengusaha untuk meraih kesuksesan. Kegagalan atau keberhasilan wirausaha sangat dipengaruhi oleh sifat dan kepribadian seseorang (Suryana,2006:27).

Point dasar menjadi Wirausahawan sukses

Mindset

1. Pahami diri kita
Tujuan hidup harus jelas, pahami diri kita terlebih dahulu apa passion kita, dan mempunyai tujuan financial
2. Ikigal
Ikigal adalah semacam hal-hal yang kita suka seperti, menghasilkan uang, dapat membantu orang lain, dan mendapatkan kepuasaan atau kekuasaan
3. Expect the worst
Selalu bersiap dengan kemungkinan yang paling buruk, seperti ada kerugian ataupun kegagalan
4. Do the best
Selalu bekerja keras dan melakukan yang terbaik

Dalam dunia bisnis terdapat 3 sekawan yang saling berkaitan yaitu Biaya, Resiko, Peluang.
  1. Hidup adalah menukar resiko dan biaya dengan peluang untuk mendapatkan sesuatu yang lebih
  2. Tidak pasti berhasil
  3. Resiko dan biaya dalam batas yang bisa diterima


Terdapat 4 kaki bisnis yang harus ada:
  1. Sale
  2. Operasional
  3. Financial
  4. HRD
Dalam kaki bisnis tersebut semuanya sama-sama saling menguntunkan dan sama-sama menghasilkan uang tetapi yang harus lebih di konsentrasikan atau diperhatikan adalah sales karena sales memliki peran yang sangat penting karena sales yang menjual produk/jasa dan membawa uang masuk.
Bagian initi atau bagian yang penting dalam bisnis adalah untung atau keuntungan, agar tujuan tercapai yang diperlu diperhatikan adalah waktu, resiko, cara bertukar pikir rasional yang sederhana.

6 tahapan / perkembangan / konsep berpikir

1. Employee = time for money
Orang yang menukar waktu dengan uang yang uangnya seberapa besar ditentukan orang lain. (belajar dan membuat kesalahan maksudnya adalah berani)
2. Self employee: own rate
Uangnya ditentukan sendiri
3. Manager: most stress full
Saat kita bekerja sendiri kita sudah mengetahui tentang usaha kita dan saat menyuruh orang lain belum tentu orang lain tersebut akan mengetahui atau mengerti jadi disitulah tingkat stressnya
4. Business owner: functional team
Berhasil mengembangankan diri perusahaan dan karyawan yang bisa bekerja sama, yag bisa berfungsi dengan baik
5. Investor: exp, money, more biz
Punya uang dan waktu bisa mengakses sumber daya yang lebih besar
6. Entrepreneur: other people money
Bisa masuk bisnis baru dan mempunyai relasi
Keuntungan yang di dapat harus digunakan dengan membangun sistem yang baik dan memiliki kemampuan tidak semua hal kita urus sendiri lagi.

KESIMPULAN


Kewirausahaan adalah semangat, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi, produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Sikap dasar seorang wirausaha adalah, memiliki tekad bulat untuk berwirausaha, memilih risiko yang sedang, karena ingin berhasil, terlalu tinggi mungkin gagal, terlalu rendah kurang menantang. Positif terhadap diri sendiri,  maupun positif terhadap orang lain, namun demikian masih ada kemungkinan gagal, tetapi tidak gentar, karena ia mau belajar dari pengalaman termasuk juga dari kegagalannya.

DAFTAR PUSTAKA

- Irjianto, 2011. Kewirausahawanan Dan Karakteristik Individu Wirausaha. Jurnal Manajemen Bisnis. Universitas Muhammadiyah Malang. Vol 1.
Sumber : https://www.neliti.com/id/publications/137998/kewirausahawanan-dan-karakteristik-individu-wirausaha-rambak-di-desa-bangsal-moj
- Suryanigtyas. 2004. Membentuk Karakter Wirausahawan Yang Kreatif Dan Tangguh. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol. 4. Fakultas Ekonomi. Universitas Slamet Riyadi. Surakarta.
Sumber : http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/164

Tidak ada komentar:

Posting Komentar