Selasa, Juni 26

kepemimpinan dengan etika dan komunikasi



ABSTRAK

Dalam berbisnis, komunikasi yang baik adalah suatu kebutuhan dalam berinteraksi dengan para relasi. Dimana dengan berlatih komunikasi dimulai melalui jiwa kepemimpinan yang terlebih dahulu dibangun.
Kepemimpinan dan komunikasi adalah dua hal yang sangat berkaitan erat, ditambah dengan dibutuhkannya dua hal tersebut dalam dunia bisnis. Melalui komunikasi, dapat terjalin hubungan yang baik antar relasi dalam berbisnis. Lalu bagaimana caranya membangun karakter kepemimpinan dan berkomunikasi dalam berwirausaha? Mari lihat pada penjelasan dibawah ini.

PENDAHULUAN
Dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya bisnis, model kepemimpinan dan bagaimana seseorang berkomunikasi adalah salah satu unsur yang sangat penting. kepemimpinan menuntut seseorang dalam mengembangkan potensi dan memperbaiki cara seseorang dalam bersikap.

RUMUSAN MASALAH
1.   Bagaimana etika dalam berkomunikasi?
2.   Bagaimana kepemimpinan dapat meningkatkan kualitas komunikasi?

PEMBAHASAN
Komunikasi melibatkan dua atau lebih manusia, sebab ketika berkomunikasi terjadi proses pengiriman dan penerimaan pesan dari komunikator kepada komunikan. Komunikator dapat menyampaikan pesan kepada komunikan melalui berbagai media, bergantung tujuan serta target yang ditentukan. Setelah pesan tersampaikan, feedback dari komunikan yang menerima pesan diperlukan. Sebab melalui feedback yang diberikan komunikan, komunikator dapat mengetahui apakan komunikasi berjalan dengan efekti atau tidak, atau apakah pesan berhasil tersampaikan dengan baik atau tidak. Dalam buku ‘Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar’ karangan Dedy Mulyana, Bernard Berelson dan Gary A. Steiner menyatakan bahwa komunikasi merupakan sebuah tindakan atau proses transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan semacamnya.
Komunikasi dengan kepemimpinan sangat erat hubungannya. Seorang pemimpin harus memiliki wawasan yang luas, jujur, bertanggung jawab , berani dalam mengambil keputusan, dan ia juga harus mempunyai keahlian berkomunikasi yang sangat baik. Karena komunikasi dapat menentukan berhasil atau tidaknya seorang pemimpin dalam menjalankan tugasnya. Setiap pemimpin pasti memiliki bawahannya dimana bawahannya tersebut akan mengeluarkan gagasan/ide yang akan dipaparkan. Sehingga seorang pemimpin tersebut dapat mengambil keputusan berdasarkan gagasan/ide tersebut.
KESIMPULAN
Komunikasi dalam sebuah kepemimpinan merupakan suatu unsur yang sangat penting dalam  mencapai  keberhasilan tujuan yang akan diraih oleh suatu organisasi. Oleh karena itu seorang pemimpin hendaklah piawai dalam berkomunikasi baik itu verbal maupun non verbal. Komunikasi yang baik akan akan mampu meningkatkan motivasi, sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan hal ini akan mampu meningkatkan kinerja serta control kerja juga akan terlaksana dengan baik.
DAFTAR PUSTAKA
Rivai, dan Veithzal. 2004. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi.( Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar