Selasa, Juni 26

kesuksesan berbisnis, kehebatan pemasaran




Abstrak
Perusahaan yang membuat produk berupa jasa dan barang, dibutuhkan proses kegiatan pemasaran.

Kata kunci
Pemasaran, manajemen Pemasaran,

Pendahuluan
Kegiatan Pemasaran adanya manajemen ataupun strategi pemasaran yang harus dipikirkan secara sistematis, agar sampai kepada target pasar


Pembahasan

Manajemen pemasaran adalah proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu organisasi (dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar), perencanaan, dan pelaksanaan aktivitas untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaiannya, menurut American Marketing Association 

Layanan konsumen mengarah pada aktivitas pelayanan pratransaksi, saat transaksi, dan pascatransaksi. Kegiatan sebelum transaksi akan turut mempengaruhi kegiatan transaksi dan setelah transaksi. Tujuan dari aktivitas ini adalah agar konsumen memberi respon yang positif dan menunjukan loyalitas yang tinggi.

Pemasaran Sebagai Upaya Memenangkan Pasar Produk dan Jasa

Pemasaran tidak hanya sebatas menjual produk kepada pembali, namun jauh lebih luas dari itu. Produk yang terjual laris saat ini, belum tentu mendatangkan totalitas manfaat yang sebenarnya dibutuhkan oleh perusahaan. Pada pemasaran kita bukan membicarakan keuntungan jangka pendek, namun manfaat jangka panjang yang terus menerus memberikan benefit bagu bisnis.



Product
Produk merupakan segala sesuatu yang ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan.
Perusahaan yang menawarkan produknya kepada pasar memiliki kegunaan yang diperuntukkan kepada target pasar, menjadikan produk yang bermanfaat, memiliki nilai dan tentunya dapat memuaskan pelanggan

Price
Penetuan harga berhubungan dengan pendapatan dan turut memengaruhi penawaran atau saluran pemasaran. Akan tetapi hal terpenting adalah keputusan dalam penentuan harga harus konsisten dengan strategi marketing secara keseluruhan.

Place
Tempat dalam jasa merupakan gabungan antara lokasi dan keputusan saluran distribusi, dalam hal ini berhubungan dengan bagaimana cara penyampaian jasa kepada konsumen dan dimana lokasi yang strategis.

Promotion
Pada hakekatnya promosi merupakan suatu aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk   pelanggan sasaran untuk membelinya.
  
People
Elemen-elemen dari  people adalah pegawai  perusahaan,  konsumen dan  konsumen  lain dalam lingkungan jasa. Dalam hubungan dengan pemasaran jasa, maka orang yang berfungsi sebagai penyedia jasa sangat mempengaruhi kualitas jasa  yang  diberikan,  keputusan  mengenai  orang  ini  berarti  berhubungan dengan seleksi, pelatihan, motivasi dan manajemen sumber daya manusia

Process
Proses merupakan gabungan semua aktivitas umumnya terdiri atas prosedur,  jadwal  pekerjaan,  mekanisme, aktivitas,  dan  hal-hal  rutin, dimana jasa dihasilkan dan disampikan pada konsumen.

Psycal Evidence
Physical Evidence atau bukti fisik adalah lingkungan tempat jasa disampaikan dan tempat penyedia jasa dengan konsumen berinteraksi. Beserta dengan semua komponen lainnya yang mendukung terwujudnya atau terkomunikasinya jasa. Elemen dari Physical Evidence termasuk seluruh aspek fasilitas fisik dari organisasi jasa yang terdiri dari atribut eksterior dan interior serta hal berwujud lainnya.

Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran#cite_note-1 diakses pada 26 Juni 2018


https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-strategi-pemasaran/13588 diakses pada 26 juni 2018



Tidak ada komentar:

Posting Komentar