Rabu, Juni 6

LEADER : KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI



Abstrak
            Kepemimpinan (leadership) adalah proses dalam mengarahkan dan mempengaruhi para anggota dalam melakukan berbagai aktivitas di suatu organisasi, sedangkan komunikasi adalah proses penyampaian dan pertukaran informasi sekurang-kurangnya antara 2 pihak yang berperan sebagai pengirim (sender) dan penerima (receiver) dengan menggunakkan berbagai media yang ada.  Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para anggotanya dapat berbeda-beda. Hal ini disebabkan latar belakang pemimpin,budaya, organisasi, pengikut dan lingkungan.Bentuk komunikasi yang dilakukan pemimpin antar individu yang memiliki perbedaan budaya akanmenimbulkan perbedaan karakter, sehingga membutuhkan penyesuaian agar kegiatan komunikasi dapat berjalan secara efektif.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Komunikasi, Gaya

Latar Belakang
            Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana teknik komunikasi serta kepemimpinan sehingga diharapakan artikel ini dapat memotivasi pembaca untuk menjadi pengusaha yang memiliki teknik kepemimpinan dan komunikasi yang baik. Dengan dibuatnya artikel ini diharapkan dapat membentuk pengusaha pengusaha yang lebih kompeten dibidang kepemimpinan dan komunikasi

Rumusan Masalah
1.   Apa itu kepemimpinan?
2.   Apa itu komunikasi?
3.   Apa itu komunikasi kepemimpinan?
4.   Apa saja macam-macam gaya komunikasi kepemimpinan?

Pembahasan
·     Apa itu kepemimpinan?
            Ada banyak definisi mengenai pengertian kepemimpinan. Misalnya saja Kartono (2008) yang mengatakan bahwa kepemimpinan adalah sifat, kebiasaan, temperamen, watak dan kepribadian yang membedakan seorang pemimpin dalam berinteraksi dengan orang lain. Tokoh lainnya, Thoha (2010) juga mengatakan tentang definisi dari gaya kepemimpinan, dimana gaya kepemimpinan adalah norma prilaku yang digunakan oleh seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi prilaku orang lain atau bawahan.
            Robbins (2003) juga memberikan pengertian kepemimpinan dalam organisasi, yaitu merupakan kemampuan mempengaruhi suatu kelompok kearah pencapaian tujuan. Jadi, secara umum dapat kita simpulkan bahwa kepemimpinan adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam memimpin bawahannya dalam rangka mensukseskan tujuan organisasi.
·     Apa itu komunikasi?
            Komunikasi adalah bagian penting dari mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan. Sehingga banyak ahli-ahli yang menjabarkan aspek-aspek tentang komunikasi. Antara lain menurut J.A Devito,1997 bahwa dari semua pengetahuan dan ketrampilan yang anda miliki, pengetahuan dan ketrampilan komunikasi termasuk di antara yang paling penting dan berguna. Sedangkan menurut  D.B.Curtis, 1992 kemampuan berkomunikasi menunjukan kemampuan mengirimkan pesan dengan jelas, manusiawi, efisien, dan menerima pesan-pesan secara akurat.
·     Apa itu Komunikasi kepemimpinan?
            Adalah proses komunikasi yang dilakukan pemimpin (sebagaikomunikator) kepada bawahan organisasinya (sebagaikomunikan). Dalam penerapannya, pemimpin dapat menggunakan berbagai macam jenis komunikasi kepemimpinan sesuai dengan gaya masing masing yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Jenis komunikasi kepemimpinan atau gaya komunikasi kepemimpinan wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Gaya komunikasi kepemimpinan ini harus digunakan pemimpin untuk mempengaruhi bawahannya untuk mencapai target organisasi.
            Komunikasi kepemimpinan yang baik akan memastikan tiap anggota organisasi bias mengerjakan tugasnya dengan baik. Dalam komunikasi kepemimpinan, terdapatbanyak aspek yang bias diperhatikan. Banyak pula teori komunikasi kepemimpinan yang patut untuk diketahui bersama.
            Dalam komunikasi kepemimpinan sendiri terdapat banyak jenis atau gaya yang dapat diterapkan. Biasanya gaya komunikasi kepemimpinan dipengaruhi oleh keperibadian personal dari pemimpin dan gaya kepemimpinannya dalam menjalankan organisasi.
            Gaya kepemimpinan ini biasanya didasarkan oleh beberapa pola dasar yakni mementingkan hubungan kerja sama, mementingkan pelaksanaan pekerjaan dan mementingkan hasil dari pekerjaan. Untuk mengetahui berbagai jenis komunikasi kepemimpinan, berikut adalah contoh gaya komunikasi kepemimpinan yang biasa digunakan.

1. Gaya Controlling
2. Gaya Equalitarian
3. Gaya Struktural
4. Gaya Dinamis
5. Gaya Relinqushing

            Gaya kepemimpinan mencakup tentang bagaimana seseorang bertindak dalam kontek sorganisasi tersebut, maka cara termudah untuk membahas berbagai jenis gaya ialah dengan menggambarkan jenis organisasi atau situasi yang dihasilkan oleh atau yang cocok bagi satu gaya tertentu (MiftahThoha, 1995).
            Pada dasarnya di dalam setiap gaya kepemimpinan terdapat 2 unsur utama, yaitu unsure pengarahan (directive behavior) dan unsure bantuan (supporting behavior). Sedangkan berdasarkan kepribadian maka gaya kepemimpinan dibedakan menjadi (Robert Albanese, David D. Van Fleet, 1994) :

1. Gaya Kepemimpinan Kharismatis
2. Gaya Kepemimpinan Otoriter
3. Gaya kepemimpinan Demokratis
4. Gaya Kepemimpinan Moralis

Contoh Kasus


Gaya komunikasi Ir.Soekarno tegolong Low Context di karenakan iya kerap berbicara dengan jelas , tegas, dan tanpa basa – basi  sehingga orang yang mendengarkannya dapat memahami makna setiap kata atau kalimat yang diutarakan soekarno. Ketegasan soekarno saat berpidato disampaikan dengan suara yang keras , ia sangat peercaya diri ketika sedang berpidato. Salah satu ciri soekarno ketika berpidato ialah tubuhnya tidak bisa diam ia selalu menujuk – nunjuk jari telunjuknya ke satu arah atau bertolak pinggang. Soekarno juga sering menggulang – ulang kata atau kalimat yang di anggap penting.


Kesimpulan
            Kepemimpinan (leadership) adalah proses dalam mengarahkan dan mempengaruhi para anggota dalam melakukan berbagai aktivitas di suatu organisasi. Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para bawahannya dapat berbeda-beda seperti; kepemimpinan otoriter, keepemimpinan partisipatif dan kepemimpinan delegatif. Sedangkan komunikasi adalah proses penyampaian dan pertukaran informasi sekurang-kurangnya antara 2 pihak yang berperan sebagai pengirim (sender) dan penerima (receiver) dengan menggunakkan berbagai media yang ada.  Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para anggotanya dapat berbeda-beda. Hal ini disebabkan latar belakang pemimpin, budaya, organisasi, pengikut dan lingkungan.Bentuk komunikasi yang dilakukan pemimpin antar individu yang memiliki perbedaan budaya akan menimbulkan perbedaan karakter, sehingga membutuhkan penyesuaian agar kegiatan komunikasi dapat berjalan secara efektif.Faktor yang memengaruhi pola komunikasi dalam organisasi karena adanya komunikasi vertikal yaitu berdasar struktur jabatan dan komunikasi harisontal yaitu antar anggota dalam organisasi.

Daftar Pustaka
Afia Hidayat, Atep. Komunikasi dan Model Kepemimpinan. Makalah Kewirausahaan 6. Universitas Mercu Buana. 2018
Wahyjosumidjo. (1984). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia
Abdullah, Sandy. Kepemimpinan dan komunikasi. 28 April 2014. http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/edukasi/988-kepemimpinan-dan-komunikasi

30 komentar:

  1. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.

    Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para bawahannya dapat berbeda-beda seperti; kepemimpinan otoriter, keepemimpinan partisipatif dan kepemimpinan delegatif.
    Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para anggotanya dapat berbeda-beda. Hal ini disebabkan latar belakang pemimpin, budaya, organisasi, pengikut dan lingkungan.

    BalasHapus
  2. NAMA : RIKI SAEFULLOH
    NIM : 41617110029

    Dengan meningkatkan komunikasi bisnis maka bias menghemat waktu dan juga membuat bisnis anda berjalan lebih efektif dan efisien. Tentunya ini akan membuat bisnis anda dapat memperoleh laba dan terus berkembang menjadi besar.

    BalasHapus
  3. Nama : Nabila Mahsa Irawan
    Nim : 44218110072

    menurut saya ini artikel yang bagus dan bermanfaat.
    dimana komunikasi kepimpinan berasal dari dua kata terpisah 'komunikasi' dan 'kepemimpinan' yang dimana juga mempunyai arti yang berbeda pula. dan di artikel ini sangat dijelaskan definisi dari kata tersebut dengan sangat detail. dan tak lupa pula dijelaskan gaya-gaya dari suatu macam kepemimpinan sehinggan membuat lebih banyak orang yang membacanya mengetahui akan hal tersebut.

    BalasHapus
  4. Nama:Mahfudin
    Nim: 41617110014
    Artikel ini sangat baik, dimana kita bisa mengetahui ada banyak gaya komunikasi yang dapat kita ketahui dan bisa kita terapkan dalam memimpin suatu organisasi

    BalasHapus
  5. Nama : Yusup Maulana
    NIM : 41416120114

    bagi saya artikel ini sangat bermamfaat karena dengan menjadi seorang leadedr kita harus mempunyai kepemimpinan yang baik dengan komunikasi yang baik terhadap bawahan sehingga bawahan mampu mencerna apa yang kita bicarakan. ketika kita mampu berkomunikasi dengan baik maka mustahil client dan rekan bisnis mampu bertahan lama dengan kita.

    BalasHapus
  6. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para bawahannya dapat berbeda-beda seperti; kepemimpinan otoriter, keepemimpinan partisipatif dan kepemimpinan delegatif.
    Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para anggotanya dapat berbeda-beda. Hal ini disebabkan latar belakang pemimpin, budaya, organisasi, pengikut dan lingkungan.

    BalasHapus
  7. Nama : Nurring Tyas

    NIM : 41617110119


    artikel diatas bagus karena mudah dimengerti, proses komunikasi yang dilakukan pemimpin (sebagai komunikator) kepada bawahan organisasinya (sebagai komunikan). Dalam penerapannya, pemimpin dapat menggunakan berbagai macam jenis komunikasi kepemimpinan sesuai dengan gaya masing masing yang dipengaruhi oleh banyak faktor.

    BalasHapus
  8. Nim 43117110268
    Nama Puspa Rahayu
    Artikel ini bagus bagi saya , dari artikel ini saya bisa tau bahwa gaya kepemimpinan itu ada berbagai macam , dari artikel di atas bahwa seorang pemimpin / leader kita harus bisa berkomunikasi dengan baik antara pemimpin dan staf , dan dalam penerapannya pemimpin bisa menggunakan berbagai macam gaya kepemimpinan yg di jelaskan artikel ini sesuai dengan pribadi pemimpin yang di pengaruhi oleh banyak faktor

    BalasHapus
  9. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Bentuk komunikasi yang dilakukan pemimpin antar individu yang memiliki perbedaan budaya akanmenimbulkan perbedaan karakter, sehingga membutuhkan penyesuaian agar kegiatan komunikasi dapat berjalan secara efektif.

    BalasHapus

  10. artikel diatas bagus karena mudah dimengerti, proses komunikasi yang dilakukan pemimpin (sebagai komunikator) kepada bawahan organisasinya (sebagai komunikan). Dalam penerapannya, pemimpin dapat menggunakan berbagai macam jenis komunikasi kepemimpinan sesuai dengan gaya masing masing yang dipengaruhi oleh banyak faktor.

    BalasHapus
  11. Nama : abdul Hadi hadzami
    Nim : 41318110064

    artikel diatas bagus karena mudah dimengerti, proses komunikasi yang dilakukan pemimpin (sebagai komunikator) kepada bawahan organisasinya (sebagai komunikan). Dalam penerapannya, pemimpin dapat menggunakan berbagai macam jenis komunikasi kepemimpinan sesuai dengan gaya masing masing yang dipengaruhi oleh banyak faktor.

    BalasHapus
  12. Nama : Sandro Handika
    Nim : 41617110108

    menurut saya ini artikel yang bagus dan bermanfaat.
    dimana komunikasi kepimpinan berasal dari dua kata terpisah 'komunikasi' dan 'kepemimpinan' yang dimana juga mempunyai arti yang berbeda pula. dan di artikel ini sangat dijelaskan definisi dari kata tersebut dengan sangat detail. dan tak lupa pula dijelaskan gaya-gaya dari suatu macam kepemimpinan sehinggan membuat lebih banyak orang yang membacanya mengetahui akan hal tersebut.

    BalasHapus
  13. nama : muhamad arya dwi pangga
    nim : 41617110087

    pada dasarnya kepemimpinan iyalah proses mengarahkan perilaku orang lain kearah pencapaian suatu tujuan tertentu.dan hal tersebut sudah termasuk cara berkomunikasi seorang pemimpin ke pada organisasinya.

    BalasHapus
  14. NAMA ; FREDI WIBOWO
    NIM ; 41617110115

    menurut saya dalam dunia bisnis, komunikasi kepeminpinan yang baik adalah yang bisa membangun kerja sama yang baik, yang bertujuan menciptakan hasil kerja yang baik pula demi kemajuan bisnis bersama.

    BalasHapus
  15. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Pada dasarnya setiap orang memiliki watak dan sifat yang berbeda-beda, dengan adanya perbedaan tersebut maka ketika seseorang menjadi pemimpin maka karakter yang ia gunakan untuk memimpin adalah karakter yang telah tertanam pada dirinya. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau mendengar suara anggotanya yang ditunggangi dengan rasa tanggung jawab. Pemimpin yang mampu juga berkomunikasi dengan baik terhadap anggotanya, terkadang apa yang seorang pemimpin lakukan bisa jadi berdapak pada anggotanya sendiri.

    BalasHapus
  16. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214

    Artikel ni cukup bagus dan contoh kasus juga membantu, yang ingin saya tambahkan adalah karena komunikasi yang jelas penyampaian tegas dapat membantu pemahaman pendengar. Kemudian langsung pada topik pembicaraan tidak ada basa-basi ataupun bertele-tele yang kadang bahkan membuat pendengar justru menjadi salah paham. Jadi langsung saja ke inti permasalahan, dan yang dianggap penting mungkin bisa dikatakan sekali dengan intonasi yang berbeda.

    BalasHapus
  17. NAMA : IRMA JELITA NURAINI
    NIM : 44218120122
    Cukup menambah wawasan, sehinga dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan atau leadership dapat tercipta jika seseorang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain / karyawan/ bawahan dalam bekerja sama guna mencapai keinginan atau tujuan dari pemimpin tersebut.

    BalasHapus
  18. Nama : Septy Luthfiani
    NIM : 43117110280

    Artikel diatas cukup lengkap, dimana kepemimpinan bisa diartikan sebagai teknik untuk mempengaruhi orang-orang yang berada di sekitar kita, agar dapat bekerjasama demi mencapai tujuan, target atau keinginan yang akan diharapkan. Untuk mempunyai semangat atau jiwa sebagai seorang pemimpin, haruslah sering terlibat bekerjasama sebagai tim dalam suatu kegiatan atau aktivitas apapun itu, untuk mencapai tujuan perusahaan.

    BalasHapus
  19. Nama : Saripudin
    Nim : 41617110111

    Cukup bagus, artikel ini berisi tentang informasi tentang kepemimpinan, gaya , dan komunikasi.
    akan lebih baik jika di tambahkan dengan cara memulai dan menanamkan rasa kepemimpinan,.

    BalasHapus
  20. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Menurut saya artikel tersebut susunanya sangat rapi. Dari rumusan masalah yang disampaikan membuat saya sebagai pembaca dapat mengerti dengan baik.

    BalasHapus
  21. nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    menurut saya ini artikel yang bagus dan bermanfaat. karna dalam artikel ini kita mampu mengetahui apa itu komunikasi .
    dimana komunikasi kepimpinan berasal dari dua kata terpisah 'komunikasi' dan 'kepemimpinan' yang dimana juga mempunyai arti yang berbeda pula. dan di artikel ini sangat dijelaskan definisi dari kata tersebut dengan sangat detail. dan tak lupa pula dijelaskan gaya-gaya dari suatu macam kepemimpinan sehinggan membuat lebih banyak orang yang membacanya mengetahui akan hal tersebut.

    Terimakasih

    BalasHapus
  22. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Menurut dari artikel yang saya baca, sudah sangat bagus karena dari artikel ini saya dapat mengerti apa itu arti kepemimpinan (leadership) dan komunikasi.

    BalasHapus
  23. Nama : Anenaya Nurul Afifah
    NIM : 43218110265

    Menurut saya artikel ini sangat bagus dan bermanfaat dan mudah di pahami oleh pembaca. Artikel ini membahas tentang suatu komunikasi kepemimpinan.

    BalasHapus
  24. Nama : Ezra Feroza
    NIM : 41617120059

    Tipe atau gaya komunikasi kepemimpinan dipengaruhi oleh keperibadian personal dari pemimpin dan gaya kepemimpinannya dalam menjalankan organisasi. Suatu organisai dikatakan sukses ada ditangan gaya kepemimpinan seseorang. Adanya sistem komunikasi kepemimpinan yang baik juga bisa memperlancar proses komunikasi antar pegawai maupun pegawai dengan atasan dalam suatu organisasi. Dengan mempelajari komunikasi kepemimpinan, atasan bisa menerapkan sistem maupun sarana komunikasi yang bisa mengintegrasikan proses komunikasi di dalam organisasi.

    BalasHapus
  25. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina

    Nim : 43218110083

    Pemimpin adalah salah satu kunci dalam suatu organisasi sehingga gaya kepemimpinan dari seorang pemimpin sangat mempengaruhi organisasi tersebut. Dengan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan karakter para anggotanya dapat menjadikan organisasi berjalan dengan lebih baik. Dari artikel diatas saya banyak mengetahui tentang gaya kepemimpinan dan saya dapat menyesuaikan gaya kepemimpinan saya dengan karakter anggota organisasi jika saya mendapat kesempatan memimpin suatu organisasi nantinya.

    BalasHapus
  26. Nama: Rosliana Jhon Febri S
    NIM: 43117110141

    menurut saya artikel ini menambah wawasan tentang Komunikasi kepemimpinan yang baik akan memastikan tiap anggota organisasi bias mengerjakan tugasnya dengan baik. Jenis komunikasi kepemimpinan atau gaya komunikasi kepemimpinan wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Gaya komunikasi kepemimpinan ini harus digunakan pemimpin untuk mempengaruhi bawahannya untuk mencapai target organisasi.

    BalasHapus
  27. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel yang bermanfaat bagi kita yang akan belajar menjadi wirausaha, saya jadi lebih paham apa itu kepemimpinan (leadership) dan tipe kepemimpinan ada saja yang dapat menunjang dalam mempengaruhi para bawahan. Semoga hal ini dapat saya implementasikan dalam pekerjaan saya.

    BalasHapus
  28. Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
    Nim : 41617110063
    Menurut saya artikel ini sangat bagus. Komunikasi dalam sebuah kepemimpinan merupakan suatu unsur yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan tujuan yang akan diraih oleh suatu organisasi. Oleh karena itu seorang pemimpin hendaklah piawai dalam berkomunikasi baik itu verbal maupun non verbal. Komunikasi yang baik akan akan mampu meningkatkan motivasi, sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan hal ini akan mampu meningkatkan kinerja serta control kerja juga akan terlaksana dengan baik

    BalasHapus
  29. Nama : Priyo Hadi Prakoso
    Nim : 41314120089

    Artikel yang sangat bagus dan menambah wawasan lebih luas lagi.memang benar butuh waktu dalam penyesuaian gaya kepemimpinan dari sender kepada receiver karena berdasarkan dari bidang, budaya, watak yang kebanyakan tidak sama.

    BalasHapus
  30. NAMA : NABILA MAHSA IRAWAN
    NIM : 44218110072

    Dari artikel ini saya bisa menyimpulkan bahwa Bentuk komunikasi yang dilakukan pemimpin antar individu yang memiliki perbedaan budaya akan menimbulkan perbedaan karakter, sehingga membutuhkan penyesuaian agar kegiatan komunikasi dapat berjalan secara efektif. artikel yang dapat dipahami.

    BalasHapus