Minggu, Juni 3

Managemen Pemasaran dalam Bisnis


@Startup-L06
@Proyek-L10
Oleh
Mega Puspitasari
Humairoh
Nabila Sopyan Aisya Putri

ABSTRAK
Artikel ini dibuat bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang manajemen pemasaran. Pemasaran ini juga punya dampak baik untuk konsumen maupun produsen. Bagi konsumen sendiri, aktivitas pemasaran dapat dipandang untuk menawarkan berbagai alternative pemuas suatu kebutuhan, sehingga nilai dari kepuasan itu sendiri meningkat. Bagi produsen, aktivitas pemasaran dapat meningkatkan pelayanan yang lebih untuk memenuhi kebutuhan konsumen jadi bukan cuman untuk cari untung (Al, 2018)
Keyword :, manajemen, pemasaran, konsumen, produsen
PENDAHULUAN
Globalisasi telah mendorong beberapa perusahaan untuk memasarkan di luar negara asal mereka. Pemasaran internasional merupakan bagian dari strategi pemasaran perusahaan-perusahaan tersebut. Manajer pemasaran sering bertanggung jawab untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan pelanggan. Hal itu berlaku tidak pada semua kasus karena peran seorang manajer pemasaran dapat bervariasi sangat signifikan berdasarkan ukuran bisnis, budaya organisasi, dan konteks industri. Sebagai contoh, dalam sebuah perusahaan produk konsumen besar, manajer pemasaran dapat bertindak sebagai manajer umum dari keseluruhan produk yang menjadi tugasnya. Untuk menciptakan strategi manajemen pemasaran yang efektif dan efisien, perusahaan harus memiliki pemahaman mendetail dan objektif mengenai bisnis mereka sendiri dan pasar tempat mereka beroperasi. Dalam menganalisis permasalahan-permasalahan ini, bidang manajemen pemasaran sering tumpang-tindih bidang perencanaan strategis.(wikipedia)
RUMUSAN MASALAH
1.      Apa itu manajemen pemasaran?
2.      Apa fungsi dari managemen pemasaran?
3.      Bagaimana Strategi pemasaran ?
4.      Apa Perbedaan pemasaran dan penjualan?
PEMBAHASAN
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain (Philip Kotler, 1995). Sedangkan menurutWiliam J. Stanton (1978) pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan konsumen.

Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran sebagai suatu sistem dari kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, sehingga konsumen mendapatkan kebutuhan dan keinginan serta kepuasan (Mahardika, 2010)

Menurut (Rinaldi,2015) dalam postingannya, Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).

Berikut ini adalah 6 tujuan manajemen pemasaran (Kusdianto) :
·         Membangun permintaan
Sebuah produk bisa dibeli di pasaran hanya bila terjadi permintaan. Penawaran baru bisa berwujud sebagai penjualan hanya bila terjadi permintaan. Untuk itu diperlukan upaya untuk mendorong pasar memiliki ketertarikan pada produk. Rasa tertarik dan penasaran akan memicu pasar menjajal produk dan inilah yang akan mendatangkan penjualan.
·         Membangun kepuasan konsumen
Mendapatka permintaan tak akan cukup bagi perusahaan untuk mencapai target-targetnya. Manajemen harus pula mencari tau bagaimana caranya produk yang sudah terjual akan mampu memuaskan konsumen. Ini artinya manajemen juga harus mampu memahami kebutuhan, keinginan dan bagaimana cara produk mampu memuaskannya. Juga memahami bagaiana estimasi pasar terhadap produk dan bagaimana cara memenuhi estimasi tersebut.
·         Mendapatkan market share
Pasar selalu dianalogikan dengan bentuk sebuah kue. Dan setiap bagian potongan dari kue adalah satu bentuk dari gambaran market share. Dan salah satu tujuan manajemen pemasaran adalah bagaimana mendapatkan progress positif dari market share produk. Tentu saja harapannya dari tahun ke tahun produk mendapatkan perluasan ukuran dari market share atau peningkatan penjualan dari total pasar potensial yang tersedia. Meski kadang manajemen hanya mentargetkan dapat mempertahankan market share yang sudah mereka peroleh dari periode berikutnya. Ini artinya, penjualan tidak boleh hanya berlangsung sekali dari pembentukan permintaan pertama, tetapi juga terjadi permintaan berulang dan penjualan berulang.
·         Mendapatkan profit
Tak dapat dimunafikan bahwa target akhir dari sebuah perusahaan adalah keuntungan nominal. Setiap usaha menjadikan standar kesuksesan dari besaran keuntungan nominal yang berhasil mereka peroleh di periode berjalan. Dan inilah yang juga menjadi salah satu tujuan manajemen pemasaran. Bagaimana perusahaan bisa menjual dengan nilai margin optimal dan menghasilkan tingkat penjualan maksimal.
·         Mendapatkan pencitraan sesuai harapan
Citra adalah bagian penting dari tujuan manajemen pemasaran. Sebagaimana telah kami sampaikan dalam beberapa bahasan mengenai pemasaran. Citra produk dan citra perusahaan perlu menjadi perhatian khusus pemasaran. Karena citra akan memberi efek positif bagi perusahaan baik dari sisi pandangan masyarakat umum sebagai konsumen, dari sisi kalangan pengusaha sebagai mitra, penyedia dana sebagai pihak investor dan kreditur sampai ke tenaga kerja.
Untuk bisa memuaskan konsumen, perusahaan harus memiliki modal cukup rekanan dan mitra yang mendukung sampai tenaga kerja dengan kemampuan terbaik. Dan yang terbaik hanya akan bekerja pada yang terbaik, karenanya penting mendapat citra terbaik tak hanya sekedar untuk mencapai target penjualan tetapi juga untuk membangun perusahaan secara utuh.
·         Menjaga kelangsungan usaha
Mempertahankan kelestarian usaha adalah satu bentuk tanggung jawab perusahaan dalam hal ini manajemen dan sudah tentu termasuk pula manajemen pemasaran. Karena pemasaran adalah ujung tanduk dari pencapaian target penjualan, kepuasan dan pencapaia target profit, maka pemasaran sangat berperan dalam urusan pendapatan dan pemasukan. Sedang tanpa pemasukan sebuah usaha tak akan mampu menggerakan roda usaha.



Perencanaan Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) adalah proses menentukan target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang terkait dimana:
1.                  Target Market; adalah sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan.
2.                  Bauran Pemasaran (Marketing Mix); adalah variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut. Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem saluran distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi yang sangat strategis dipasar

Menurut (Sartika,2012) dalam postingannya tentang Perbedaan Pemasaran dan Penjualan, William. J. Staton memberikan pendapat perbedaan antara pemasaran dan penjualan adalah sebagai berikut :
Penjualan
1. Tekanannya pada produk.
2.Perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian bagaimana menjualnya.
3.Perencanaan berorientasi ke jangka pendek, berdasarkan produk dan pasar.
4. Tekanannya pada kebutuhan penjual
5. Manajemen berorientasi pada laba volume penjualan
Pemasaran
1. Tekanannya pada keinginan dan kebutuhan konsumen
2. Perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru
3. Perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian menbuat atau mencari jalan keluarnya bagaimana membuat dan menyerahkan produk tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen.
4. Berakhir pada kepuasan konsumen
Dari kedua perbedaan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa penjualan berawal dari produk dan berakhir pada ketentuan atau laba, sedangkan pemasaran berawal dari keinginan konsumen berakhir pada kepuasan konsumen. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada skema berikut:
Secara visual dapat digambar kan:
a. Konsep penjualan
Produk->Penjualan dan Promosi->Laba Melalui Jumlah penjualan
b. Konsep pemasaran
Kebutuhan -> pemasaran terpadu ->laba melalui jumlah Kepuasan pembeli
Pemasaran adalah proses sosial dimana individu dan kelompok mendapat apa yang mereka butuhkan dan inginkan menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan individu atau kelompok lainnya. Konsep pemasaran mengandung arti semua kegiatan manusia yang berlangsung dalam hubungan dengan pasar.
Penjualan adalah suatu kegiatan yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba.
Penjualan adalah sebuah usaha atau langkah konkrit yang dilakukan untuk memindahkan suatu produk, baik itu berupa barang ataupun jasa, dari produsen kepada konsumen sebagai sasarannya. Tujuan utama penjualan yaitu mendatangkan keuntungan atau laba dari produk ataupun barang yang dihasilkan produsennya dengan pengelolaan yang baik. Dalam pelaksanaannya, penjualan sendiri tak akan dapat dilakukan tanpa adanya pelaku yng bekerja didalamnya seperti agen, pedagang dan tenaga pemasaran.

KESIMPULAN
pemasaran sebagai suatu sistem dari kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, sehingga konsumen mendapatkan kebutuhan dan keinginan serta kepuasan. Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan
.
DAFTAR PUSTAKA
Mahardhika. D. 2010. Pemasaran vs Penjualan dalam http://sihitepanderaja.blogspot.com/2010/10/pemasaran-vs-penjualan.html (diakses 30 Mei 2018)
Rinaldi. F. Managemen Pemasaran dalam https://www.kembar.pro/2015/05/manajemen-pemasaran-konsep-orientasi.html (diakses 30 Mei 2018)
Sartika.D. 2012. Perbedaan pemasaran dan penjualan dalam https://dewisartika94.wordpress.com/2012/11/19/perbedaan-pemasaran-dan-penjualan/ (diakses 30 Mei 2018)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar