Minggu, Juni 3

Manajemen Dalam Organisasi Bisni


Manajemen Dalam Organisasi Bisnis

@J01-Yuli
@J02-Endra
@J03-Oky
@Startup-J01
@Proyek-J09







ABSTRAK
Artikel ini akan membahas tentang pengertian dari manajemen sumber daya manusia, operasional dan produksi beserta fungsinya di dalam sebuah organisasi bisnis. Manajemen sendiri merupakan sebuah sistem yang telah di konsep untuk dapat menangani berbagai masalah yang terdapat di dalam organisasi sesuai dengan jenis masalah yang ada agar kegiatan organisasi dapat terus berjalan.


Kata Kunci : sumber daya manusia, operasional, produksi

PEMBAHASAN
1.      Manajemen sumber daya manusia
Menurut pangabean sumber daya manusia merupakan proses yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, promosi, dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang di tetapkan.
Berikut fungsi-fungsi sumber daya manusia:
1)      Staffing : berperan dalam perencanaan, penarikan, dan proses seleksi dari tenaga kerja.
2)      Evaluasi : suatu penilaian terhadap hasil kerja sebuah divisi kerja.
3)      Penghargaan atau Penggantian : sebuah bentuk apresiasi terhadap hasil kerja dari anggota organisasi yang berbentuk material maupun non material.
4)      Pelatihan dan Penasehat :
5)      Membangun relasi : dengan membangun relasi yang baik antar anggota organisasi maupun divisi kerja dapat berdampak baik pada kesuksesan manajemen organisasi.
6)      Menciptakan kondisi aman dan sehat : dengan membangun lingkungan organisasi yang sehat maka karyawan dapat bekerja dengan produktif dan dapat meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja.
7)      Mendalami masalah : dengan mendalami sebuah masalah maka divisi SDM dengan mudah dapat mencari solusi solusi untuk dapat memecahkan suatu masalah.
8)      Pengintegrasian : menciptakan suatu sinergi antara anggota organisasi dengan perusahaan agar dapat tercipta suatu kerja sama yang efektif di lingkungan perusahaan.
9)      Pemeliharaan
10)  pemberhentian
2.      Manajemen operasional dan Produksi
Menurut Jay Heizer dan Barry Render, manajemen operasi dan produksi adalah serangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output.
Menurut Roger G.Schroeder, operasi yang ada pada manajemen operasional dan Produksi memiliki beberapa tanggung jawab utama, yaitu:
1)      Proses
2)      Kapasitas
3)      Persediaan
4)      Tenaga kerja
5)      kualitas




Kisah Pebisnis sukses



















                     Erick Thohir adalah pendiri perusahaan Mahaka Group yang bergerak di bidang media dan entertaiment. Perusahaan ini memiliki beberapa unit usaha yang bergerak pada sektor penyiaran, stasiun televisi penerbitan dan bisnis di bidang olahraga dan hiburan. Beberapa unit usahanya yang sudah dikenal masyarakat diantaranya yaitu Gen FM, Jak FM, stasiun televisi Jak tv, Harian Republika dan VIVA Group. Nama Erick Thohir sendiri mulai menjadi sorotan setelah ia mengakusisi mayoritas saham klub sepakbola asal Italia yaitu Internazionale Milano(Inter Milan), selain itu Ia juga memiliki saham sebuah klub sepak bola Amerika yaitu D.C United dan klub bola basket Satria Muda Pertamina, Ia juga pernah memiliki sebuah klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.



KESIMPULAN
Manajemen sumber daya manusia, manajemen operasional dan manajemen produksi merupakan sebuah manajemen yang memiliki peranan penting dalam menopang kegiatan organisasi bisnis, untuk itu diperlukan sinergi yang baik antara ketiga manajemen tersebut agar organisasi bisnis dapat berjalan dengan baik.


DAFTAR PUSTAKA













Tidak ada komentar:

Posting Komentar