Kamis, Juni 21

Manajemen Pemasaran dalam Bisnis

Abstrak 
Dalam sebuah kegiatan usaha diperlukan beberapa strategi serta manajerial yang baik dengan melakukan manajemen pemasaran. Dengan melakukan manajemen pemasaran, diharapkan perusahaan akan terus berkembang, bertahan lama serta mencetak keuntungan.
Ketika Anda memutuskan untuk terjun ke dalam dunia usaha, maka tentu Anda sangat mengharapkan agar usaha yang Andar intis dapat bertahan dan berkembang dengan prospek yang positif. Salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan suatu perusahaan adalah kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya hingga mampu mencetak laba.
Pada tahap ini, manajemen pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting agar perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang cukup menguntungkan serta pada tingkat kuantitas yang diharapkan sehingga mampu mengatasi tantangan dari para pesaingnya dalam hal pemasaran.
Setiap orang dapat melakukan proses produksi dengan sangat mudah, akan tetapi belum tentu mereka dapat menjual produksinya serta mendapatkan konsumen. Karena itu, manajemen pemasaran sangat perlu untuk dilakukan, khususnya pada perusahaan yang bergerak di bidang produksi. Apalagi di era digital saat ini, pemasaran digital tentu sangat dibutuhkan agar perusahaan tetap dapat bertahan dan berkembang.
Dibutuhkan strategi khusus agar masyarakat mau membeli barang atau memakai jasa suatu perusahaan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat (konsumen), mulai dari memasarkan produk, memikirkan konsep produk yang akan dijual, menetapkan harga, hingga melakukan promosi produksi kepada masyarakat dengan cara yang menarik.


Kata Kunci
: Pemasaran, Strategi, Manajemen


Rumusan Masalah :
  1. Pengertian dari Manajemen Pemasaran?
  2. Bagaimana Strategi dalam Manajemen Pemasaran?
  3. Apa saja Konsep dalam melakukan Manajemen Pemasaran?
  4. Seberapa Pentingkah melakukan Manajemen dalam Bisnis?


Pendahuluan
Terdapat beberapa aspek penting perihal manajemen pemasaran yang perlu untuk perhatikan untuk keberhasilan pemasaran, salah satunya adalah strategi pemasaran. Strategi pemasaran menurut W. Y. Stanton adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
Oleh sebab itu, strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.” Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.

Menurut Dharmmesta & Handoko, 1982 mendefinisikan manajamen pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Dalam proses manajemn pemasaran dimulai sejak sebelum memproduksi serta tidak berakhir saat penjualan.
Pendapat dari Kotler, 1980, manajemen pemasaran merupakan menganalisa, merencanakan, melaksanakan serta pengawasan terhadap program yang mana tujuannya untuk menimbulkan pertukaran dangan pasar yang akan dituju dengan maksaud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pembahasan

Manurut Stanton (1978) Konsep pemasaran merupakan sebuah flasafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi serta sosial ubtuk kelangsungan hidup dari perusahaan.
Dalam konsep pemasaran in mempunyai tiga unsur besar yang terkandung didalamnya, yaitu :
  1. Orientasi pada pelanggan
  2. Penyusunan dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan secara integral
  3. Kepuasan terhadap pelanggan
Sedangkan untuk fungsi pemasaran sendiri adalah aktivitas yang dilakukan pada setipa bisnis yang terlibat kedalam menggerakkan produk dari produsen sampai pada konsumen. (William J.Shultz)

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran adalah merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba.


Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut para Ahli

  • Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
  • Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).

Konsep Manajemen Pemasaran


Falsafah konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli/konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Secara definitif dapat dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).

Elemen Penting dalam Konsep Pemasaran:
  • Market oriented berorientasi pada keinginan Konsumen
  • Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu
  • Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen
Konsep Manajemen pada hakikatnya mencakup upaya dan strategi yang ditempuh manajemen dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.

Beberapa istilah yang sangat penting dalam konteks pemasaran 

  1. Produk (barang, jasa, ide); Segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide. Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus menerus, menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat terjangkau karenanya manajemen harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.
  2. Nilai; Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan / diinginkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut.
  3. Biaya; Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi
  4. Kepuasan; Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan), Kepuasan (customer satisfaction): tingkatan dimana kinerja yang dirasakan (perceived performance) poduk akan sesuai dengan harapan seorang pembeli atau tidak
  5. Pasar; Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.






Daftar Pustaka :
  1. Rinaldi, Ferry. Pengertian, Konsep dan Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran dalam https://www.kembar.pro/2015/05/manajemen-pemasaran-konsep-orientasi.html
  2. bilhag, Desember 25,2015. Pentingnya Manajemen dan stategi Pemasaran dalam http://www.pelatihan-sdm.net/pentingnya-manajemen-dan-strategi-pemasaran/
  3. Rocket Manajemen, January 15,2018. Pengertian Manajemen Pemasaran, Unsur dan Fungsinya dalam http://rocketmanajemen.com/manajemen-pemasaran-2/
  4. ubaydah, Ahmad Nur. Januari 16,2018. Mengapa Perusahaan Perlu Melakukan Manajemen Pemasaran dalam https://www.logique.co.id/blog/2018/01/16/perusahaan-perlu-melakukan-manajemen-pemasaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar