Kamis, Juni 21

Manajemen Pemasaran Itu Penting

@Proyek-L10, @Startup-L03, @L07-Almira, @L09-Yulia, @L10-Rebekka
Oleh :
1. Almira Septemi Yuna
2. Yulia Puspitasari
3. Rebekka Oktavia Nainggolan






Abstrak
Saat kita memutuskan untuk terjun dalam dunia usaha tentunya kita mengharapkan usaha yang kita dirikan dapat bertahan dan berkembang dengan prospek yang positif. Nah nasib sebuah perusahaan akan berhasil atau tidak,sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan memasarkan produknya sehingga dapat mencetak laba. Dalam tahap inilah Manajemen Pemasaran memegang peranan penting, agar perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kuantitas yang diharapkan serta mampu mengatasi tantangan dari para pesaing dalam pemasaran.


Rumusan Masalah 

1.      Apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran?
2.      Peranan, fungsi dan strategi dalam manajemen pemasaran?
3.      Hal apa saja yang harus dimiliki oleh seorang manajer pemasaran ?


Pendahuluan

Kegiatan pemasaran berbeda dengan penjualan, transaksi  ataupun perdagangan. Menurut William J. Stanton, pemasaran adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dengan pemasaran perusahaan berusaha menghasilkan laba dari penjualan barang dan jasa yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Peran manajer pemasaran dibutuhkan, dengan tugas dari manajer pemasaran adalah memilih dan melaksanakan kegiatan pemasaran adalah memilih dan melaksanakan kegiatan pemasaran yang dapat membantu dalam pencapaian tujuan organisasi.
Sedangkan menurut Philip Kotler, manajemen pemasaran adalah yang bertugas sebagai penganalisa, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan.


Pembahasan

Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses dan manajeral yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen.


Peran Pemasaran
Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prisip kepuasan pelanggan.

Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.
1.    Konsep produksi
Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.
2.    Konsep produk
 Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik.
3.    Konsep penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4.    Konsep pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5.    Konsep pemasaran sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6.    Konsep Pemasaran Global
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.

Konsep Pemasaran Inti
1.    Pasar sasaran dan segmentasi
2.    Tempat pasar, ruang pasar, dan metamarket
3.    Pemasar dan calon pelanggan
4.    Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
5.    Produk, tawaran, dan merek
6.    Nilai dan kepuasan
7.    Pertukaran dan transaksi
8.    Relasional dan jaringan kerja
9.    Saluran pemasaran
10.    Rantai pasokan
11.    Persaingan
12.    Lingkungan pemasaran
13.    Program pemasaran

Strategi Pemasaran
Hellriegel D &Slocum JW mengemukakan 2 jenis strategi pemasaran, yaitu :
1.    Market penetration strategy, yang berupaya untuk meningkatkan pemasaran pada pasar yang sekarang ada melalui produk yang sekarang telah ada pula. Kegiatan yang dilakukan meliputi upaya meningkatkan jumlah pembelian dari produk, mencoba menarik konsumen yang sekarang menggunakan produk dari kompetitor/pesaing atau malahan sekaligus membeli kompetitor tersebut.

2.    Market development strategy yaitu upaya mencari pasar baru dari produk yang sudah ada. Tiga kegiatan utama mencari pasar baru ini adalah menemukan pasar secara geografis (contoh : buka cabang di daerah lain), menemukan target market baru (contoh : video yang tadinya untuk presentasi ilmiah kemudian dipasarkan untuk hiburan dalam rumah tangga) serta menemukan penggunaan baru dari produk yang ada (misalnya mobil niaga diubah menjadi mobil keluarga).
Fungsi Manajemen Pemasaran
Fungsi manajemen pemasaran meliputi riset konsumen, pengembangan produk, komunikasi-promosi, distribusi, penetapan harga dan pemberian service. Semua kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui, melayani, memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen.
Seseorang yang memanajemen pemasaran adalah manajer pemasaran. Tugas manajer pemasaran memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam rangka peningkatan profit perusahaan. Diantara tugas manajer pemasaran yaitu selalu harus dapat menganalisiss kesempatan kedepan, membuat rumusan dan melaksanakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mencapai sasaran yang sudah ditentukan oleh perusahaan.
Tujuan Umum
Target secara umum dari manajer pemasaran sama dengan tujuan dari perusahaan yaitu memperoleh laba sebesar-besarnya. Laba merupakan suatu hasil yang digunakan sebagai alat ukur keberhasilan perusahaan. Meskipun demikian, laba tidak hanya berasal dari kegiatan penjualan. Manajer pemasaran harus dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen atau pelanggan untuk memperoleh hasil laba yang tinggi.
Tujuan Khusus
Secara khusus tujuan manajer pemasaran adalah untuk mencapai tujuan umum atau tujuan keseluruhannya. Maka dari itu unutk memperoleh laba yang setinggi-tingginya perlu dicapai tujuan khusus manajer pemasaran sebagai berikut :
Adanya peningkatan kualitas produk.
Memperlebar pangsa pasar.
Memperoleh laba dalam jangka pendek.
Untuk mewujudkan itu semua, diperlukan beberapa kriteria yang setidaknya harus dimiliki oleh seorang Manager Pemasaran. Hal ini meliputi kompetensi dan skill bagi seorang Manager Pemasaran. Berikut ulasannya:

Pengetahuan
1.      Ilmu Administrasi dan Manajemen
2.      Layanan Pelanggan dan Personal
3.      Bahasa Inggris
4.      Penjualan dan Pemasaran

Keterampilan
1.      Aktif Belajar
2.      Aktif Mendengarkan
3.      Berpikir Kritis
4.      Pemahaman Membaca
5.      Kepekaan Sosial

Kemampuan
1.      Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.
2.      Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).
3.      Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan
4.      Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan
5.      Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan
6.      Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan
7.      Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti.


Daftar Pustaka

Ciung, Rian. 2013. Pentingnya Manajemen Pemasaran dalam Proses Usaha dalam
                     
http://ciungtips.com/2013/09/pentingnya-manajemen-pemasaran-dalam-proses-
                      usaha.html

Rizky, Nabila Danisa. 2012. Pengertian, Peranan, Konsep & Strategi dalam
                    
http://nabilawirija.blogspot.com/2012/12/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html

Supriyanto, Adi. 2012. Kriteria apa saja yang harus dimilikiseorang menejer pemasaran? Dalam
                    
https://www.dictio.id/t/kriteria-apa-saja-yang-harus-dimiliki-seorang-manajer-
                     pemasaran/17718

Yusuf. 2018. Tugas Manajer Pemasaran : Tanggung Jawab dan Wewenang dalam
                    
http://jurnalmanajemen.com/tugas-manajer-pemasaran/

Dosen Kewirausahaan 1. Modul Perkuliahan Manajemen Pemasaran Dalam Organisasi Bisnis dalam
                     Pusat Bahan Ajar dan eLearning
http://www.mercubuana.ac.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar