Rabu, Juni 6

MARI MENGENAL MANAJEMEN PEMASARAN DALAM DUNIA BISNIS


@J14-Lutviyanti
@J28-Arvia
@Startup-J09
@Proyek-J10

ABSTRAK
Manusia sebagai konsumen membeli barang dan jasa adalah untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan hidup. Hal ini berarti konsumen tidak hanya membeli produk atau barangnya saja, akan tetapi yang dibeli adalah manfaat atau kegunaan dari produk tersebut. Keinginan dan kebutuhan manusia itu sifatnya tidak terbatas , tetapi sumber daya yang dimiliki terbatas. Untuk mendapatkan suatu barang untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut maka seseorang rela mengorbankan benda atau barang yang dimilikinya.

 Kata Kunci : Manusia, Konsumen , dan Produk, Manjemen Pemasaran




PENDAHULUAN
Pemasaran adalah suatu proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen. Pemasaran merupakan suatu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para perusahaan baik itu perusahaan barang atau pun perusahaan jasa dalam rangka mengembangkan usahanya, untuk memperoleh laba, serta untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya tersebut.


PEMBAHASAN
  • Pengertian manajamen pemasaran adalah
    Proses menganalisa, merencanakan, melaksanakan serta pengawasan terhadap suatu program.Mengutip
     (Dharmmesta & Handok (1982)  mendefinisikan manajamen pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Manajemen pemasaran merupakan suatu faktor yang penting dalam berbisnis. Karena secara tidak lagsung memperkenalkan produk/jasa yang akan kita tawarkan pada pasar.
  • Dalam memanajemen pemasaran terdapat konsep, berikut kutipan konsepnya:
    Menurut
    Manurut Stanton (1978) Konsep pemasaran merupakan sebuah flasafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi serta sosial untuk kelangsungan hidup dari perusahaan, Ada 3 unsur pokoknya:
  1. Orientasi pada pelanggan
  2. Penyusunan dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan secara integral
  3. Kepuasan terhadap pelanggan
  • Fungsi PemasaranDikutip Sofjan Assauri (1987:19) fungsi pemasaran diklasifikasikan menjadi tiga yaitu:
1. Fungsi penjualan serta pembelian
2. Fungsi suply fisik, yaitu menyangkut distribusi serta penyimpanan
3. Fungsi penunjang, yaitu pengamanan, standarisasi serta grading, penanggungan terhadap resiko yang ada, informasi pasar, serta keuangan.

Fungsinya untuk mencapai tujuan marketing/pemasaran dalam suatu pasar tertentu.
Ada 8 point penting dalam konsep marketing mixing yaitu:
1. Product Elements adalah semua hal/komponen yang mempengaruhi kinerja layanan (jasa ataupun produk) sehingga menciptakan suatu nilai (kepuasan) tertentu bagi pelanggan.

2. Place, Cyberspace, and time adalah keputusan yang diambil oleh pihak perusahaan (manajemen) mengenai tempat, waktu, serta bagaimana membuat suatu layanan terbaik bagi konsumen.

3. Promotion and education adalah aktivitas promosi/memperkenalkan produk/jasa perusahaan kepada konsumen melalui aktivitas komunikasi 2 arah (perusahaan dengan konsumen) secara insentif guna membangun persepsi pelanggan yang dikehendaki oleh perusahaan. Dan goal/tujuan utamanya adalah mereka mau menggunakan layanan kita.

4. Price and other user outlayss adalah pengeluaran dalam bentuk uang ataupun yang lain (waktu, dll) yang dilakukan oleh pelanggan saat membeli ataupun menggunakan jasa dari perusahaan tawarkan. Dari sinilah persepsi positif harus dibangun agar menciptakan pelanggan yang loyal.

5. Process adalah suatu rangkaian tindakan/pengoperasian yang dibutuhkan untuk menyajikan/memberikan pelayanan terbaik (jasa ataupun produk) bagi pelanggan.

6. Productivity and quality, produktivitas ialah efesiensi sejauh mana masukan-masukan terhadap layanan perusahaan ditransformasikan terhadap hasil layanan yang lebih baik sehingga dapat menambah nilai yang positif (persepsi) si pelanggan.Sedangkan kualitas ialah nilai atau derajat suatu layanan yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan maka nilai kualitasnya semakin tinggi.

7. People adalah orang (pelanggan dan karyawan) yang terlibat dalam kegiatan produksi/pemakaian produk (service production).

8. Physical Evidence ialah perangkat-perngkat/variabel yang dibutuhkan untuk menyajikan secara nyata /real terhadap kualitas layanan ataupun produk yang disajikan.


KESIMPULAN

Konsep pemasaran merupakan orientasi perusahaan yang menekankan bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan dan keinginan pasar dan selanjutnya memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut sehingga dicapai tingkat kepuasan pelanggan yang melebihi dari kepuasan yang diberikan oleh para saingan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada suatu perusahaan


DAFTAR PUSTAKA







Tidak ada komentar:

Posting Komentar