Rabu, Juni 27

Model komunikasi dalam kepemimpian berwirausaha


Model komunikasi dalam kepemimpian berwirausaha






Abstrak
Dalam sebuah perusahaan besar terdapat sebuah komunikasi antara pemimpin dan para pekerja yang terbentuk sangat baik. Komunikasi merupakan hal penting dalam sebuah perusahaan agar dapat berjalan dengan baik diiringi juga dengan kepemimpinan Yang baik pula tentunya agar dapat terciptanya suatu perusahaan yang sukses.

Kata kunci     : kepemimpinan, Komunikasi

Pendahuluan
Menurut Djoko Purwanto, Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan didalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal guna capai suatu target tertentu. Pemimpin yang dapat mempresentasikan produknya dengan baik akan memberikan kepercayaan kepada konsumen. Konsumen akan merasa puas terhadap proses produksi dan kualitas produknya. Meningkatnya kualitas pemimpin menunjukkan bahwa pemimpin tersebut lebih profesional menyikapi bisnisnya
Pembahasan
 Apa Pentingnya komunikasi dalam  berbisnis ?
Komunikasi dalam berbisnis ini dibedakan menjadi dua macam yaitu komunikasi vertikal dan komunikasi horizontal.  Komunikasi vertikal adalah preses penyampaian suatu informasi dari pihak pimpinan kepada pihak pegawai atau sebaliknya. Seperti misalnya pimpinan memberikan perintah atau petunjuk, dan pemberian laporan kinerja dari pihak  pegawai terhadap pimpinan. Hal itu bertujuan untuk  menjaga hubungan yang baik antara pimpinan dan pegawai dan untuk mengkoordinasi kegiatan-kegiatan pegawai agar fokus untuk merealisasikan tujuan bisnis yang dijalankan. Sedangkan komunikasi horizontal adalah cara komunikasi untuk menjamin hubungan baik antara pimpinan yang setingkat dan diwujudkan dengan mengadakan pertemuan secara berkala. Dari kondisi tersebut maka tidak salah jika komunikasi dalam berbisnis ini penting untuk dimiliki atau diterapkan oleh semua pelaku bisnis baik itu berkedudukan sebagai pemimpin ataupun pegawai. Lalu seperti apa dampak dari pentingnya komunikasi dalam berbisnis? 
1. Menghindari kesalahpahaman
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa komunikasi dengan baik ini dapat menghindari kesalahpahaman atau terjadinya perbedaan persepsi. Sehingga ketika pelaku bisnis mampu berkomunikasi dengan baik hal seperti kesalahpahaman atau pun miskomunikasi menjadi hal yang tidak perlu dipersoalkan dan dapat diselesaikan secara damai. Selain itu, hal tersebut membuat lebih mudah bagi pelaku bisnis untuk meminimalisir terjadinya persoalan atau permasalahan yang tidak perlu dan akan membuat pelaku bisnis lebih fokus pada tugasnya masing-masing.
2. Membantu membangun tim bisnis
Dalam membangun sebuah tim maka diperlukan seorang leader atau pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik kepada setiap individu yang ada pada tim tersebut. Sehingga ketika pemimpin tersebut telah mampu berkomunikasi dengan baik maka dapat membawa dampak positif pada tim yang dibangun agar lebih unggul dan menghasilkan kinerja yang lebih bagus.
3. Meningkatkan proses bisnis
Dengan melakukan komunikasi pada saat menjalankan bisnis maka akan berguna untuk membahas kemajuan bisnis yang dijalankan. Hal ini juga mampu memberikan adanya solusi jika bisnis yang dijalankan menemui masalah atau pun membahas terkait rencana-rencana yang akan dilakukan untuk bisnis kedepannya. Sehingga proses bisnis yang dijalani akan lebih meningkat, dan dapat dikembangkan secara lebih efisien.
4. Meningkatkan kualitas pelayanan
Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa komunikasi dalam berbisnis ini bukan hanya terjadi pada pemimpin dengan pegawai atau sesama pelaku bisnis saja tetapi juga dapat terjadi antara pelaku bisnis dengan konsumen. Hal itu dikarenakan adanya sebuah interaksi seperti misalnya sewaktu melakukan pemasaran atau transaksi penjualan yang membutuhkan adanya pelayanan dari pihak pelaku bisnis terhadap konsumen. Ketika pelaku bisnis dapat dan mampu berkomunikasi atau berinteraksi dengan baik kepada konsumen maka akan membantu bisnis dalam meningkatkan pelayanan yang baik. Tentunya hal itu menjadi hal yang penting bagi bisnis mengingat ini menjadi acuan atau cara untuk menarik konsumen terkait produk yang ditawarkan.
5. Membangun suasana positif dan kondusif
Komunikasi yang baik antara pelaku bisnis dapat membangun suasana positif dan kondusif dalam suatu bisnis. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa komunikasi dapat meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Dimana kesalahpahaman ini dapat memicu suatu konflik internal bisnis yang berujung pada rasa ketidaknyamanan yang terjadi antar pelaku bisnis. Akan tetapi hal ini dapat dihindari dan diselesaikan jika ada suatu komunikasi dalam berbisnis yang baik.
6. Memahami kondisi pasar
Dalam berkomunikasi dengan pelanggan tidak hanya pada saat melakukan proses pemasaran ataupun transaksi penjualan. Dimana komunikasi dengan pelanggan dapat terjadi pada saat melakukan survei. Sehingga ketika komunikasi yang baik diterapkan akan membantu pelaku bisnis dalam hal mengetahui apa yang kurang dalam produk yang ditawarkan menurut konsumen. Selain itu, dapat mengetahui dengan jelas permintaan pasar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.
Hubungan kepemimpinan dengan komunikasi dalam bisnis.
pentingnya hubungan komunikasi dan kepemimpinan dalam organisasi adalah untuk memperbaiki organisasi itu sediri. Serta kemajuan organisasi, dimana suatu organisasi biasa sikatakan sukses apabila hubungan komunikasi antar anggota berjalan harmonis. Begitu pula kepemimpinan sangat diperlukan bila organisasi ingin sukses. Karena kepemimpinan mempengaruhi aktifitas-aktifitas sebuah kelompok kearah pencapaian tujuan bersama.
Selain kecakapan kepemimpinan itu dalam hal berkomunikasi seperti dikemukakan di atas, juga dalam melaksanakan fungsi kepemimpinan itu tidaklah akan terlepas dengan melakukan komunikasi. Oleh karena itu kedudukan (status) dan peranan (role) seorang pemimpin sudah termasuk di dalamnya sebagai komunikator. Dengan kata lain fungsi seorang pemimpin itu termasuk instrinsik sebagai komunikator. Maka kemampuan kepemimpinan harus juga diikuti dengan kemampuan komunikasi, yaitu mempunyai ethos, pathos, dan logos komunikator.

Kesimpulan
Komunikasi dalam berbisnis memang harus diterapkan dengan baik untuk mendukung adanya peningkatkan dalam kerja sama dan meningkatkan kinerja untuk lebih kreatif dan inovatif yang mampu mendorong bisnis lebih unggul dari pesaing-pesaing lainnya.


Daftar pustaka
https://www.sekolahpendidikan.com/2017/12/definisi-pengertian-komunikasi-bisnis.html



34 komentar:

  1. Nama : Natan
    NIM :43117110110

    Menurut pendapat saya tentang artikel diatas sangatlah bagus. Karena selain menjadi pemimpin. Pemimpin tersebut juga harus memiliki model komunikasi yang berbeda-beda namun memiliki tujuan yang sama. Pemimpin memiliki model komunikasi dengan tujuan untuk menarik perhatian pendengar agar tidak jenuh untuk mendengarkan pembicaraan.

    BalasHapus
  2. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.

    Hal itu bertujuan untuk menjaga hubungan yang baik antara pimpinan dan pegawai dan untuk mengkoordinasi kegiatan-kegiatan pegawai agar fokus untuk merealisasikan tujuan bisnis yang dijalankan.
    Tidak salah jika komunikasi dalam berbisnis ini penting untuk dimiliki atau diterapkan oleh semua pelaku bisnis baik itu berkedudukan sebagai pemimpin ataupun pegawai.

    BalasHapus
  3. komunikasi dalam bisnis dapat menghasilkan lebih banyak lagi masukan dari karyawan dan menambah sinergi dari perusahaan.Dengan komunikasi yang efektif juga dapat membangun hubungan yang baik antara pimpinan dan staf dan juga dapat membantu meningkatkan produktivitas serta laba perusahaan.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama : Avip Wijayanto
    Nim : 41617110053
    Artikel ini sangat bagus karena pentingnya komunikasi dalam bisnis sangat menentukan kemajuan usaha dan bisnis. Sebagai Pemimpin yang dapat berkomunikasi dengan baik dan mampu mempresentasikan produknya dengan baik akan memberikan kepercayaan kepada konsumen. Konsumen akan merasa puas terhadap proses produksi dan kualitas produk yang akan dipasarkan.

    BalasHapus
  9. nama : Nabila Mahsa Irawan
    nim : 44218110072

    menurut saya artikel ini sudah baik dan mudah dipahami.
    Dan juga komunikasi dalam berwirausaha sangatlah dibutuhkan untuk kefektifan suatu usaha jika ingin berjalan lancar. dan juga komunikasi dalam berbisnis ini penting untuk dimiliki atau diterapkan oleh semua pelaku bisnis baik itu berkedudukan sebagai pemimpin ataupun pegawai.

    BalasHapus
  10. Nama:Mahfudin
    Nim: 41617110014
    Artikel yang bagus, dimana komunikasi dalam berbisnis memang harus diterapkan dengan baik untuk mendukung adanya peningkatkan dalam kerja sama dan meningkatkan kinerja dalam bisnis

    BalasHapus
  11. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157

    Komunikasi dalam berbisnis memang harus diterapkan dengan baik untuk mendukung adanya peningkatkan dalam kerja sama dan meningkatkan kinerja untuk lebih kreatif dan inovatif yang mampu mendorong bisnis lebih unggul dari pesaing-pesaing lainnya.

    BalasHapus
  12. Nama : Nurring Tyas
    NIM : 41617110119

    komunikasi memang merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap segala aspek yang berkaitan dengan aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa komunikasi maka segala aktifitas apapun tidak akan berlangsung. Tak heran apabila saat ini orang yang pandai berkomunikasi maka ia akan menjadi lebih terdepan di banding orang-orang yang lemah dalam komunikasi. Banyak orang yang pintar komunikasi menjadi pimpinan dimana orang tersebut membawahi orang-orang pintar padahal ianya sendiri bisa jadi tidak lebih pintar dari bawahannya. Namun karena kepiawaiannya dalam komunikasi maka ia mampu mempengaruhi orang lain untuk mengikuti arahan dan petunjuknya sehingga ianya menjadi orang yang di segani dan di hormati.apabila Komunikasi berjalan dengan baik dalam sebuah perusahaan maka akan terciptanya suatu perusahaan yang sukses.


    BalasHapus
  13. Nim 43117110268
    Nama Puspa Rahayu
    Menurut saya artikel ini bagus , memberitahukan kepada pemimpin bahwa komunikasi itu penting untuk kebutuhan sehari-hari terutama dalam dunia bisnis , pemimpin dengan melakukan komunikasi secara efektif bisa menciptakan suatu hubungan baik antara pimpinan dan staff dan bisa menciptakan produktivitas kerja ,sebagai pemimpin harus bisa mempresentasikan produk dengan baik dan berkomunikasi langsung kepada konsumen dengan baik agar konsumen merasa puas dengan produk yang dipasarkan dengan seperti itu pemimpin bisa meningkatkan laba perusahaan

    BalasHapus
  14. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Komunikasi merupakan hal penting dalam sebuah perusahaan agar dapat berjalan dengan baik diiringi juga dengan kepemimpinan yang baik pula tentunya agar dapat terciptanya suatu perusahaan yang sukses.

    BalasHapus
  15. Nama : abdul Hadi hadzami
    Nim : 41318110064

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.

    Hal itu bertujuan untuk menjaga hubungan yang baik antara pimpinan dan pegawai dan untuk mengkoordinasi kegiatan-kegiatan pegawai agar fokus untuk merealisasikan tujuan bisnis yang dijalankan.
    Tidak salah jika komunikasi dalam berbisnis ini penting untuk dimiliki atau diterapkan oleh semua pelaku bisnis baik itu berkedudukan sebagai pemimpin ataupun pegawai.

    BalasHapus
  16. NAMA:YORGI GANDA
    NIM : 41916120058
    komunikasi merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap segala aspek yang berkaitan dengan aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa komunikasi maka segala aktifitas apapun tidak akan berlangsung. Tak heran apabila saat ini orang yang pandai berkomunikasi maka ia akan menjadi lebih terdepan di banding orang-orang yang lemah dalam komunikasi.Hal itu bertujuan untuk menjaga hubungan yang baik antara pimpinan dan pegawai dan untuk mengkoordinasi kegiatan-kegiatan pegawai agar fokus untuk merealisasikan tujuan bisnis yang dijalankan.

    BalasHapus
  17. Nama : Sandro Handika
    NIM : 41617110108

    komunikasi memang merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap segala aspek yang berkaitan dengan aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa komunikasi maka segala aktifitas apapun tidak akan berlangsung. Tak heran apabila saat ini orang yang pandai berkomunikasi maka ia akan menjadi lebih terdepan di banding orang-orang yang lemah dalam komunikasi. Banyak orang yang pintar komunikasi menjadi pimpinan dimana orang tersebut membawahi orang-orang pintar padahal ianya sendiri bisa jadi tidak lebih pintar dari bawahannya. Namun karena kepiawaiannya dalam komunikasi maka ia mampu mempengaruhi orang lain untuk mengikuti arahan dan petunjuknya sehingga ianya menjadi orang yang di segani dan di hormati.apabila Komunikasi berjalan dengan baik dalam sebuah perusahaan maka akan terciptanya suatu perusahaan yang sukses.

    BalasHapus
  18. NAMA ; FREDI WOBOWO
    NIM ; 41617110115

    Setuju sekali dengan artikel ini, memang benar salah suta hal terpenting dalam kepemimpinan dalam berbisnis adalah KOMUNIKASI, ketika seorang pemimpin dapat berkomunikasi dengan baik, baik dengan anak buah, rekan kerja, customer, atuapun relasi bisnis maka hal tersebut dapat berimbas baik dalam mencapai kesuksesan pada bisnis yang d jalankan.

    BalasHapus
  19. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Artikel ini menambahkan wawasan penting untuk para pembaca bahwasanya komunikasi dalam berbisnis dibedakan menjadi dua macam yaitu komunikasi vertikal dan komunikasi horizontal. Di mana kedua acam komunikasi tersebut sangat penting diterapkan dalam kehidupan berbisnis ataupun pekerjaan sehari-hari. Tanpa adanya komunikasi yang baik maka perintah atau tugas pun tidak mungkin akan terlaksana dengan baik bahkan hubungan antar relasi pun merenggang hanya karna kurangnya komunikai yang baik. Dengan adanya komunikasi yang baik maka kita akan mendapatkan dampak yang baik pula seperti untuk menghindari kesalahpahaman, membantu meningkatkan proses bisnis, membangun tim bisnis dan lain sebagainya. Namun kita juga harus tahu bahwa penggunaan komunikasi tersebut harus dibarengi dengan bahasa yang baik tentunya.

    BalasHapus
  20. Nama : Helena Mutiara H
    Nim : 43218110214

    Artikel ini sangat bagus, karena bukan hanya dalam dunia bisnis saja komunikasi sangat penting. Dalam kehidupan sehari-hari pun seperti itu. Karena dengan adanya komunikasi kita juga bisa membangun kinerja yang efektif dan efisien untuk bersama-sama mencapai tujuan seperti keinginan pimpinan ataupun semangat kerja para karyawan. Agar tidak berimbas terjadi permasalahan, kesalahpahaman yang bersifat fatal.

    BalasHapus
  21. NAMA : IRMA JELITA NURAINI
    NIM : 44218120122
    Artikel yang cukup menarik, menjelaskan bahwa komunikasi dalam bisnis menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan sebuah bisnis. Dengan komunikasi yang baik, pebisnis bisa menjual produk yang dimiliki dengan lebih baik dan juga bisa menghindari terjadinya kesalahpahaman antar kedua belah pihak. Dalam kegiatan bisnis, seperti pemasaran pastinya membutuhkan komunikasi yang baik terutama kepada konsumen agar produk yang dimiliki bisa diterima sepenuhnya.

    BalasHapus
  22. Nama : Septy luthfiani
    NIM : 43117110280

    Model komunikasi dalam kepemimpian berwirausaha

    Menurut saya Komunikasi dalam berbisnis menjadi hal yang penting dalam segala hal yang menyangkut segala sesuatu yang ada dalam bisnis untuk menghindari kesalahpahaman, seperti misalnya pemasaran tentunya membutuhkan komunikasi yang baik mengingat hal ini akan menjadi penilaian terhadap kualitas bisnis baik itu oleh konsumen, rekan kerja, ataupun pihak investor.

    BalasHapus
  23. Nama : Saripudin
    Nim : 41617110111

    Artikel bagus,
    Komunikasi adalah satu hal yang paling penting dalam berwirausaha, komunikasi dalam team dan juga terutama dalam hal mempromosikan produk yang akan di jual.
    khusus nya bagi seorang pemimpin komunikasi yang baik akan menghasilkan kinerja yang baik juga bagi suatu organisasi.
    pemimpin yang sukses dimana ketika pemimpin itu sendiri tidak bnyak bicara tetapi semua karyawan mengerti ( komunikasi yang effisien )

    koreksi sedikit karena ada kesalahan dalam penulisan artikel typo mungkin yah.

    BalasHapus
  24. Nama :Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Isi dari artikel tersebut sudah jelas, bahwa komunikasi merupakan hal penting dalam sebuah perusahaan agar dapat berjalan dengan baik diiringi juga dengan kepemimpinan Yang baik pula tentunya agar dapat terciptanya suatu perusahaan yang sukses. Komunikasi sendiri dalam berbisnis dibedakan menjadi dua macam yaitu komunikasi vertikal dan komunikasi horizontal.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    menurut sya artikel ini sangat bagus , karena dari artikel ini kita akan mengerti bahwa komunikasi memang merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap segala aspek yang berkaitan dengan aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa komunikasi maka segala aktifitas apapun tidak akan berlangsung. Tak heran apabila saat ini orang yang pandai berkomunikasi maka ia akan menjadi lebih terdepan di banding orang-orang yang lemah dalam komunikasi. Banyak orang yang pintar komunikasi menjadi pimpinan dimana orang tersebut membawahi orang-orang pintar padahal ianya sendiri bisa jadi tidak lebih pintar dari bawahannya. Namun karena kepiawaiannya dalam komunikasi maka ia mampu mempengaruhi orang lain untuk mengikuti arahan dan petunjuknya sehingga ianya menjadi orang yang di segani dan di hormati.apabila Komunikasi berjalan dengan baik dalam sebuah perusahaan maka akan terciptanya suatu perusahaan yang sukses.

    Terimakasih

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. nama : Ezra Feroza
    NiM: 41617120059
    Kunci Kesuksesan dalam berbisnis adalah komunikasi.Dengan adanya Komunikasi akan ada bagian penting dari mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan. Dalam bisnis diperlukan adanya pemimpin yang pandai dalam berkomunikasi sesuai gaya pemimpin tersebut. Komunikasi ini dapat meningkatkan rasa kepercayaan karena dapat mengenal satu dengan yang lain.

    BalasHapus
  29. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina

    Nim : 43218110083

    Artikel ini sangat cocok untuk para wirausahawan yang sedang membangun bisnisnya. Karena komunikasi adalah kunci dalam membangun bisnis menjadi lebih besar lagi. Dari artikel ini banyak sekali hal yang dapat diambil dan dapat langsung diterapkan dalam dunia usaha untuk menjadikan usaha yang sedang dijalankan lebih baik dan lebih unggul dibanding pesaing lainnya. Dan juga dengan komunikasi yang baik dapat menjadikan seorang pemimpin lebih berwibawa, serta dapat menjadi panutan orang lain karena mampu membawa usaha yang dijalankannya lebih inovatif.

    BalasHapus
  30. Nama: Rosliana Jhon Febri S
    NIM: 43117110141

    artikel yang sangat bagus, karena Komunikasi yang baik antara pelaku bisnis dapat membangun suasana positif dan kondusif dalam suatu bisnis. komunikasi dapat meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Dimana kesalahpahaman ini dapat memicu suatu konflik internal bisnis yang berujung pada rasa ketidaknyamanan yang terjadi antar pelaku bisnis.

    BalasHapus
  31. Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
    Nim : 41617110063

    Menurut saya artikel ini sangat bagus.dimana disetiap organisasi atau perusahaan disitu pasti ada pemimpin, tujuanya tidak lain adalah untuk merngatur atau memanage organisasi tersebut. Misalnya untuk membagi tugas setiap anggota atau setiap individu yang terlibat dalam organisasi tersebut.

    -Sedangkan hubungan komunikasi dengan manajemen ialah tidak lain untuk memperlancar dalam proses pengorganisasian, contoh kita akan meminta orang untuk melakukan tindakan tentunya kita perlu berkomunikasi dengan orang tersebut untuk mencapai apa yang menjadi target organisasi itu sendiri. Kesimpulanya kepemimpinan dan komunikasi dengan manajemen itu saling berkaitan erat satu sama lain. manajemen tidak akan berjalan tanpa kita punya jiwa kepemimpinan dan komunikasi

    BalasHapus
  32. Nama: Devi Widya Winata
    NIM : 43217120173

    Artikel yang bagus, saya setuju bahwa komunikasi dalam berbisnis memang harus diterapkan dengan baik untuk mendukung adanya peningkatkan dalam kerja sama dan meningkatkan kinerja untuk lebih kreatif dan inovatif yang mampu mendorong bisnis lebih unggul dari pesaing-pesaing lainnya.

    BalasHapus
  33. Nama:Anggi Yos Indra
    NIM: 41617110049

    Dari artikel ini kita memperoleh pengetahuan pentingnya sebuah gaya komunikasi seorang pemimpin terhadap kemajuan organisasinya. bukan tidak mungkin seorang pemimpin yang gaya komunikasinya tidak baik akan berimbas pada kondisi tim yang dia pimpin.

    BalasHapus
  34. Nama : Priyo Hadi Prakoso
    Nim : 41314120089

    Artikel yang sangat bagus dan edukatif sekali, dalam konteks ini komunikasi memang sangat mempengaruhi suasana, keberhasilan, dan kekompakan dalam suatu bisnis.

    BalasHapus