Minggu, Juni 24

Pentingnya Manajemen Pemasaran dalam Menjalankan BISNIS


Abstrak
manusia sebagai konsumen membeli barang dan jasa adalah untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan hidup. Hal ini berarti konsumen tidak hanya membeli produk atau barangnya saja, akan tetapi yang dibeli adalah manfaat atau kegunaan dari produk tersebut. Dalam berbisnis  ada banyak hal yang harus diperhatikan antara lain adalah Manajemen Pemasaran, Kali ini kita akan membahas tentang strategi pemasaran dalam melakukan bisnis yang dijalankan agar terus berkembang.
Kata kunci
Pemasaran, manajemen Pemasaran,
Pendahuluan
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.
Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau paduan pada beberapa sasaran pasar.


Pembahasan
Pengertian pemasaran dalam arti luas salah satunya adalah seperti apa yang dikemukakan oleh Philip Kotler sebagai berikut: Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, penawarkan produk yang bernilai satu sama lain.
Menurut Kotler dan Gary Amstrong Manajemen Pemasaran adalah analisisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
Manajemen Pemasaran bertugas mempengaruhi tingkat, waktu, dan sifat permintaan untuk membantu organisasi mencapai sasarannya. Jadi manajemen pemasaran tersebut tidak saja menyangkut pencarian dan peningkatan permintaan tetapi juga menyangkut pengubahan dan pengurangan permintaan. Berhagai situasi permintaan dan bagaimana tugas manajemen pemasaran yang harus dilakukan adalah seperti diuraikan berikut ini:
1.      Permintaan Negatif (Negative Demand)
Permintaan negatif ini terjadi bila sebagian besar pasar tidak menyukai atau bahkan menghindari suatu produk tertentu. Tugas pemasar adalah disabuse demand, yaitu dengan cara menganalisa mengapa pasar tidak menyukai produk dan apakah suatu program pemasaran dapat mengubah kepercayaan dan sikap pasar melalui perancangan kembali produk, harga yang lebih murah, dan promosi yang lebih positif.
2.      Tidak Ada Permintaan (No Demand)
Konsumen yang menjadi sasaran bisa jadi tidak tertarik terhadap suatu produk yang ditawarkan. Tugas pemasar adalah create demand, yaitu menemukan cara untuk menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dan minat pasar.
3.      Permintaan Terpendam (Latent Demand)
Permintaan mi timbul karena banyak konsumen mempunyai hasrat yang kuat akan sesuatu yang tidak terpuaskan oleh produk yang ada. Tugas pemasar adalah develop demand yaitu dengan cara mengukur potensi pasar dan mengembangkan barang dan jasa yang efektif yang akan memenuhi permintaan yang terpendam tersebut.
4.      Permintaan yang Menurun (Faltering Demand)
Sesuai dengan siklus hidup produk (product life cycle), sama halnya dengan makhluk hidup yang suatu saat akan mengalami kemunduran atau bahkan kematian. Tugas organisasi adalah revitalize demand yaitu dengan cara mengembalikan permintaan menurun dengan pemasaran ulang produk dengan cara diantaranya yaitu perubahan mutu, kemasan, merek, harga, atau hal-hal kreatif lamnnya yang menunjukkan perbedaan yang lebih berarti dengan produk pesaing.
5.      Permintaan Tidak Teratur (Iregular Demand)
Permintaan ini kadang-kadang terjadi berfluktuasi sehingga menyebabkan organisasi kelebihan atau kekurangan kapasitas. Tugas pemasar adalah synchronize demand yaitu mengubah pola permintaan melalui cara penentuan harga yang fleksibel, promosi, dan rangsangan lainnya. Sebagai contoh misalnya Perumka memberikan potongan harga tiketnya bagi pemudik yang mudik jauh hari sebelum hari raya. Hotel memberikan potongan harga pada hari Senin-Jum’at.  



Contoh:
Pada 20 Agustus 2012, Apple berhasil melewati Microsoft dan menjadi perusahaan publik terbesar dalam sejarah. Padahal jauh sebelumnya orang mudah lupa dengan nama Apple, bahkan nama Apple tidak pernah ada. kontribusi terbesar terhadap keberhasilan Apple adalah pemasaran yang hebat. Kita semua tahu, Steve Jobs merupakan sosok yang kreatif, dan pemasar yang cerdas.
Kembali pada tahun 1976, ketika Apple baru saja didirikan. Jobs dan dua rekannya memiliki beberapa keputusan besar.  Pertama adalah tentang pemasaran.tidak seperti start-up lain dan bisnis kecil yang melihat pemasaran sebagai sebuah beban, Steve Jobs justru melihatnya sebagi investasi yang penting dan mutlak diperlukan untuk mengembangkan bisnis, bahkan dengan dana terbatas sekalipun.
Setelah beberapa tahun berjalan, Steve Jobs menyewa sebuah agen iklan, Regis McKenna. Agen iklan inilah yang merancang logo Apple dan menangani semua iklan awal Apple, pemasaran dan branding. beberapa tahun kemudian, setelah Regis dijual kepada Chiat/Day, Apple terus membangun hubungan yang erat dengan Chiat untuk menghasilkan beberapa iklan yang paling brilian sepanjang masa. Di sinilah awal Steve Jobs menjadi salah satu pemasar terbesar dalam sejarah.
Steve Jobs terlibat langsung dengan semua proses itu, dan yang memutuskan, tapi dia tidak menciptakannya. Steve Jobs datang dengan nama Apple itu saja. Ikon “1984” dan kampanye “Think Different” diciptakan oleh agen iklan. Nama “iMac” diciptakan oleh agen iklan. Semua iklan dan pemasaran untuk Mac, iMac, iPod, iPhone, termasuk kampanye Mac PC diciptakan oleh agen tersebut. Anehnya, beberapa ide pemasaran terbaik Apple datang dari orang yang Jobs tidak suka…..setidaknya pada awalnya.
Adman Ken Segall yang bekerja langsung bersama Steve Job selama 12 tahun sebagai Direktur Kreatif mendapat tugas untuk nama, inovasi baru. Steve memberitahu tim Ken sebuah nama yang adala dalam pikirannya “MacMan” dan mereka di beri waktu dua minggu untuk memberikan sesuatu yang lebih baik. Minggu berikutnya Ken mengatur pertemuan dengan Jobs untuk memberitahukan beberapa nama termasuk “iMac.”
Menurut Ken, Steve membenci semua nama tersebut dan  mengingatkan mereka untuk memperbaiki pekerjaan mereka dan datang seminggu lagi dengan sesuatu yang lebih baik. Seminggu kemudian, Ken dan tim mempresentasikan beberapa nama baru, termasuk “iMac” lagi dengan argumen kuat mengapa itu adalah nama yang terbaik.
Ini merupakan pelajaran penting dalam pemasaran dan manajemen. Secerdas apapun Steve Jobs, ia juga cukup cerdas untuk mengetahui daerah-daerah di mana orang lain lebih tahu dari dia, seperti pemasaran kreatif.
Dibutuhkan keberanian yang besar bagi pemilik bisnis untuk mempercayakan ide-ide dan visi ke pihak luar, terutama ketika tidak ada jaminan ide-ide tersebut akan bekerja. Steve memiliki keberanian dan kepercayaan kepada orang-orang yang dipekerjakannya.
Keberhasilan pemasaran Apple merupakan kombinasi dari produk besar, keinginan tanpa henti untuk memberitahu dunia tentang mereka, dan kemampuan Stev Jobs dalam menemukan orang yang tepat dan berbakat untuk membantu melakukan itu.


Kesimpulan
Dalam menjalankan bisnis diperlukan manajemen pemasara yang baik, dengan memperhatikan kebutuhan pasar sesuai dengan permintaan agar bisnis dapat terus berjalan dengan lancer, kita harus menguasai manajemen pemasaran.
Daftar pustaka:
Philip Kotler. Marketing Management. London: pearson Eduication Ltd., 2009
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar